4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Posted on
kulkas tidak dingin kompresor panas

Ketahui penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas – Pernahkah anda mendapati kulkas anda tidak dingin meskipun kompresor terasa panas ketika diraba? Jangan salah, meskipun kompresor merupakan komponen utama pada kulkas, namun kerja sistem pendingin kulkas juga didukung oleh beberapa komponen lainnya.

Perlu anda ketahui, meskipun saat diraba kompresor terasa panas, bukan berarti kulkas sudah bisa berjalan dengan normal. Karena kerusakan komponen lain pada kulkas pun dapat berakibat kulkas tidak dingin meskipun kompresor dapat bekerja dengan normal.

Baca Juga : Skema kulkas 1 pintu

Lalu apa penyebab kulkas tidak dingin meskipun kompresor panas ? Simak penjelasannya berikut ini :

Kenali penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas

Baiklah, kita akan periksa satu persatu komponen apa saja yang dicurigai menjadi biang kerok kulkas tidak dingin namun kompresor masih berfungsi normal.

1. Gas freon habis

Gas freon atau refrigerant adalah zat yang biasa digunakan pada kulkas atau lemari pendingin. Gas freon bersifat mudah sekali menyerap panas dan mempunyai titik didih yang rendah. Jadi cocok digunakan pada sistem pendingin kulkas maupun AC.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Nyetrum Dan Cara Memperbaikinya

Saat kulkas kehabisan freon, maka tidak ada zat yang dapat menyerap panas di dalam evaporator. Akibatnya suhu kulkas tidak akan menjadi dingin meskipun kompresor terus menerus bekerja dan menjadi panas.

2. Gas freon bocor

Kebocoran gas freon pada kulkas dapat terjadi di sepanjang pipa kapiler pendingin kulkas, baik pada kondenser maupun evaporator. Kebocoran freon ini terjadi biasanya karena tertusuk oleh logam tajam yang saat berusaha membersihkan kulkas.

Akibat dari adanya kebocoran pada pipa kapiler, maka pendinginan kulkas tidak akan berjalan dengan maksimal. Jika freon sampai habis akibat kebocoran maka dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin sama sekali.

3. Pipa kapiler mampet

Pipa kapiler yang mampet dapat menyebabkan aliran gas freon di dalam pipa menjadi terhambat, sehingga sirkulasi freon tidak terjadi. Akibatnya suhu di dalam freezer kulkas tidak dingin meskipun kompresor masih bisa hidup dengan normal.

Mampetnya pipa kapiler ini bisa disebabkan karena kotoran atau kerak yang terbentuk di dalam pipa yang makin lama makin menumpuk sehingga menghalangi aliran gas freon.

Untuk mengatasi ini, pipa harus dibersihkan dengan cairan khusus yang dapat melarutkan kotoran yang menyumbat pipa.

Pos Terkait:  Ketahui, Pengaturan Suhu Kulkas Yang Benar

4. Kompresor mengalami masalah

Ada kalanya kerusakan kulkas tidak dingin meskipun kompresor hidup disebabkan karena ada masalah pada kompresor itu sendiri. Biasanya disebabkan karena kerusakan pada bagian mekanisme pompa di dalam kompresor.

Kompresor kulkas pada dasarnya adalah sebuah pompa listrik yang berfungsi untuk menghisap dan mengalirkan gas freon di dalam pipa kapiler pendingin. Di dalam kompresor, selain terdapat kumparan yang memutar rotor juga terdiri dari mekanis pompa, seperti klep dan piston.

Apabila komponen mekanis pompa kompresor bermasalah, maka fungsi kompresor untuk menghisap dan mengalir gas freon menjadi tidak bekerja meskipun rotor kumparan masih bisa berputar.

Semua komponen kompresor kulkas terletak di dalam tabung yang dibuat permanen, sehingga tidak dapat dibuka dengan mudah. Untuk membuka dan melihat bagian bagian kompresor kita harus membelah tabung kompresor menggunakan gerinda.

Baca Juga : Kenali penyebab kulkas tidak dingin meskipun kompresor hidup

Akibat kompresor terlalu panas

Kompresor kulkas panas

Jika anda terlalu lama membiarkan kompresor kulkas hidup meskipun suhu kulkas tidak dingin, maka akan terjadi peningkatan suhu kompresor. Umumnya peningkatan suhu kompresor kulkas yang panas ini tidak merusak kompresor karena adanya komponen overload protector.

Overload protektor akan melindungi kompresor dari kerusakan akibat over heating atau panas berlebih dengan cara memutus aliran listrik ke kompresor ketika suhu kompresor mencapai derajat panas tertentu.

Pos Terkait:  Kulkas Sharp Berapa Watt ? Cek Datanya !

Demikian pembahasan tentang penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas yang perlu anda tahu. Jika kulkas anda mengalami gejala kerusakan seperti ini, langkah terbaik adalah memanggil teknisi kulkas agar segera diperbaiki. Karena untuk memperbaiki kulkas membutuhkan keahlian dan peralatan tertentu.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *