Kulkas portable

Apa Itu Kulkas Portable ?

Posted on
Kulkas portable

Dengan adanya kulkas portable, kegiatan berkemah Anda di alam bebas menjadi lebih nayman dan menyenangkan. Berikut ini adalah rangkuman pengertian apa itu kulkas portable dan bagaimna cara kerjanya.

Di masa liburan sekolah atau haru besar, kebutuhan akan kulkas portable umumnya semakin meningkat saja. Hal ini tentu karena dipengaruhi oleh minat berkemah kelurga untuk menghabiskan masa liburannya.

Kegiatan berkemah di alam pengunungan maupun pantai seakan menjadi trend baru yang dipilih oleh keluarga masa kini untuk menikmati masa liburan bersama keluarga.

Untuk melengkapi kegembiraan dalam berkemah, jangan lupakan untuk membawa kulkas portable ke dalam daftar barang bawaan Anda.

Apa itu kulkas portable ? Ini yang harus Anda ketahui

Kulkas portable adalah lemari es atau lemari penyimpanan dingin mandiri yang menggunakan sumber tenaga dari luar untuk mengendalikna suhu di dalam ruangan kulkas tersebut. Jenis kulkas seperti ini berbeda dengan kulkas konvensional yang ada pada rumah kita.

Terdapat dua teknologi utama yang mengendalikan suhu di dalam kulkas portable, yaitu : Pendinginan kompresi dan Pendinginan thermoelektrik. Sebenarnya ada satu jenis teknologi pendingin yang ada pada kulkas portable, namun teknologi ini tidak terlalu populer digunakan. Jadi saya tidak memasukkannya di artikel ini.

Umumya kita menggunakan wadah thermos es yang berisi es batu untuk menyimpan bahan makanan selama bepergian. Namun jika Anda membutuhkan suhu dingin yang stabil untuk menyimpan bahan makanan selama kegiatan berlibur, kulkas portable menjadi pilihan yang masuk akal.

Pos Terkait:  Kekurangan Kulkas Aqua AQR D240 Yang Harus Anda Tahu

Apa saja yang bisa dilakukan oleh kulkas portable ?

  • Memiliki bentuk yang ringkas dan kompak namun tetap berfungsi dengan baik mendinginkan bahan makanan.
  • Tidak perlu membawa es batu sebagai media pendingin
  • Bisa menyimmpan makanan agar tidak cepat rusak dan basi
  • Selalu siap menyediakan minuman dingin yang segar
  • Dapat digunakan sebagai penyimpan peralatan kosmetik

Kelebihan dan kekurangan kulkas portable

Sebelum berlanjut ke pembahsan tentang teknologi yang digunakan pada jenis kulkas portable, kita llihat dulu apa saja kelebihan dan kekurangan pada kulkas portable.

Kelebihan kulkas portable

  • Ringkas dan fleksible . Dengan bentuk yang lebih kecil, kulkas portabel mudah untuk di bawa kemana mana di dalam bagasi mobil kita.
  • Suhu bisa dikendalikan . Pada jenis kulkas portable yang menggunakan es batu sebagai media pendinginnya, Anda akan kerepotan dalam mengatur suhu kulkas yang stabil. Namun dengan kulkas portable, suhu di dalam ruangan kulkas dapat diatur supaya stabil sesuia dengan keinginan.
  • Tidak ada es yang mencair . Karena tidak menggunakan es batu sebagai media penghasil suhu dingin, kul kas jenis portable ini tidak akan menghasilkan limbah berupa cairan air es.

Kekurangan kulkas portable

  • Membutuhkan sumber daya . Kebutuhan sumber tenaga besar untuk menjalankan sistem pendingin pada kulkas portable menjadi masalah tersendiri untuk jenis kulkas ini. Karena harga batere yang digunakan terbilang tidak murah ketika harus diganti.
Kelebihan kulkas portable

Kulas portabel thermo elektrik

Jenis kulkas portable ini menggunakan pompa panas solid state untuk memindahkan suhu panas yang ada di dalam ruangan kulkas. Hal ini berbeda dengan kulkas konvensional yang memakai freon sebagai media untuk memindahkan panas.

Pos Terkait:  4 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Karena itu perangkat ini disebut sebagai thermo elektrik alih alih kulkas. Sebab tidak menggunakan freon seperti pada kulkas biasa. Namun karena fungsinya sebagai pendingin, perangkat ini sering disebut sebagai kulkas atau emari es mini.

Kelebihan kulkas thermo elektrik

  • Bobot ringan . Karena tidak melibatkan kompresor di dalam sistem pendinginnya, kulkas ini memiliki berat yang lebih ringan. Berat pastinya tentu bervariasi tergantung kapasitas volume yang mampu ditampung oleh kulkas tersebut.
  • Kapasitas leboh banyak . Tanpa adanya kompresor atau media pendingin lainnya menyebabkan ruangan di dalam kulkas untuk menyimpan bahan makanan menjadi lebih luas.
  • Ramah lingkungan . Tanpa menggunakan zat refrigerant sehingga lebih aman terhadap pencermaran lingkungan.
  • Bisa sebagai pemanas . Selain dapat digunakan untuk mendinginkan makanan, kulkas portable pun dapat berfungsi sebagai pemanas makanan dengan cara membalik sistem kerjanya.
  • Tidak bersuara . Sistem thermo elektrik yang digunakan pada sistem pendingin kulkas ini tidak mengeluarkan suara seperti pada sistem kompresor. Sehingga kenyamanan Anda bersama keluarga tidak terganggu.
  • Banyak pilihan ukuran . Di pasaran, produk ini tersedia dengan berbagai ukuran dan kapasitas penyimpanan yang beragam.

Kekurangan kulkas thermo elektrik

  • Suhu dipengaruhi lingkungan . Sistem pendingin thermo elektrik akan dipengaruhi oleh suhu yang ada di sekitar perangkat ini. Artinya, suhu yang dihasilkan oleh sistem pendinginnya tidak terlalu berbeda jauh dengan suhu luar.

Kulkas portable kompresi

Jenis kulkas portabel yang satu ini mirip dengan jenis kulkas biasa yang ada di rumah rumah. Dimana, pada kulkas ini menggunakan pompa kompresor dan zat refrigerant sebagai media penghasil suhu dinginnya.

Karena itu jenis kulkas mini ini memiliki harga yang relatif maha.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Kelebihan kulkas portable kompresi

  • Suhu bisa dikendalikan . Suhu yang dihasilkan di dalam ruangan kulkas dapat diatur dan dikendalikan sesuai dengan keinginan.
  • Tidak terpengaruh suhu luar. Karena menggunakan sistem pendingin yang mandiri, suhu yang dihasilkan oleh kulkas ini tidak akan bisa dipengaruhi oleh suh luar yang panas.
  • Modus freezer . Layaknya kulkas biasa, kulkas mini portable jenis ini dapat digunakan untuk membuat es batu.

Kekurangan kulkas portable kompresi

  • HArga mahal . Penggunaan sistem pendingin konvensional pada perangkat ini membuat harga jual yang lebih mahal.
  • Berisik . Karena menggunakan kompresor sebagai pompa zat refrigerant, maka dapat menimbulkan suara berisik ketika beroperasi.
  • Berat . Dengan tambahan teknologi kompresor tentu saja akan menambah bobot dari kulkas ini.
  • Ruang penyimpanan lebih sempit . Ini menjadi konsekuensi untuk menempatkan sistem komporesor ke dalam kulkas.
  • Tidak ramah lingkungan . Zat pendingin yang terkandung di dalam sistem pendingin berpotensi untuk merusak lingkungan

Tips membeli kulkas portable

Pada akhirnya setiap teknologi yang diadopsi oleh jenis kulkas portable akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan tergantung pada Anda sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli kulkas portable :

  1. Cek kapasitas penyimpanan . Kulkas portable memiliki beragam bentuk dan ukuran. Pertimbangakn untuk membeli kulkas dengan kapasitas yang seusai dengan kebutuhan Anda.
  2. Berat kulkas . Kulkas yang terlampau berat tentu saja akan menyulitkan Anda ketika mengangkatnya di ruangan yang sempit. Karena itu pertimbangkan untuk membeli kulkas sesuai dengan lokasi yang biasa Anda kunjungi.
  3. Sumber daya listrik . Kulkas portabel menggunakan sumber daya batere DC ketika beroperasi. Namun sebaiknya Anda membeli kukkas yang memiliki konektor sumber tegangan AC agar memudahkan ketika digunakan di dalam ruangan.
  4. Kualtas . Kualitas barang tentu saja jangan sampai Anda lupakan. PIlihlah barang dari brand yang sudah dikenal mempunyai kualitas yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *