Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Posted on

Tips cara mengatur suhu kulkas Polytron yang benar – Kulkas atau lemari es merupakan barang elektronika rumah tangga yang saat ini hampir ada di setiap rumah. Kebutuhan orang pada perabotan yang berguna untuk menyimpan bahan makanan dan penyedia air minum yang dingin membuat kulkas makin dibutuhkan semua orang.

Karena itu tidak heran banyak produsen barang elektronika yang berlomba membuat produk lemari es untuk memenuhi kebutuhan warga pada perangkat pendingin ini.

Salah satu produsen elektronika yang turut membuat produk kulkas dan beberapa jenis lemari pendingin adalah Polytron. Produsen kulkas Polytron menghadirkan dua jenis kulkas dengan kapasitas dan kemampuan pendinginan yang berbeda : kulkas polytron 1 pintu dan kulkas polytron 2 pintu.

Cara mengatur suhu kulkas Polytron

Meskipun Polytron terbilang cukup lama mengeluarkan produk kulkas dan merupakan merk kulkas populer di Indonesia, namun nyatanya tidak sedikit pengguna baru kulkas polytron yang kesulitan bagaimana cara mengatur suhu pada kulkas ini.

Tidak seperti jenis kulkas inverter yang menggunakan tombol digital untuk mengatur suhu kulkas yang diinginkan, kulkas polytron jenis standar masih menggunakan knop untuk merubah suhu yang kita mau. Jadi cara pengaturan suhu pada kulkas polytron sebenarnya tidak terlalu sulit.

Pos Terkait:  Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Cara mengatur suhu kulkas Polytron 1 Pintu

Pada kulkas polytron 1 pintu hanya terdapat satu pengatur suhu yang digunakan untuk menyetel suhu kulkas. Karena hanya ada satu pengatur suhu yang digunakan, maka kita hanya bisa mengatur suhu freezer saja. Sementara suhu ruangan di bawah freezer tidak memiliki pengatur suhu khusus.

Namun tenang saja, meskipun hanya mempunyai satu pengatur suhu, ruangan bagian bawah kulkas 1 pintu polytron tidak akan memiliki suhu dingin yang sama dengan ruang freezer. Karena kulkas ini telah di desain agar bisa menyekat suhu freezer sehingga tidak banyak bocor ke bagian bawah.

Knop pengatur suhu kulkas polytron 1 pintu biasanya terletak di bagian dalam ditengah ruangan bawah freezer. Anda dapat menemukan dengan mudah knop pengatur suhu kulkas polytron ini.

Car mengatur suhu kulkas polytron 1 pintu

Untuk mengubah suhu kulkas, kita hanya perlu memutar knop ke arah kanan jika menginginkan suhu kulkas yang lebih dingin. Di sekeliling knop terdapat skala suhu dari skala 1 hingga skala 5, yang menunjukkan tingkat suhu dingin yang bisa dihasilkan oleh kulkas ini.

Semakin memutar ke kanan maka suhu kulkas akan semakin dingin. Suhu standar pabrik berada pada skala angka 3.

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak bisa dingin

Cara mengatur suhu kulkas Polytron 2 pintu

Kulkas Polytron 2 pintu mempunyai dua pengatur suhu yang berbeda. Yang satu berada di bagian freezer yang digunakan untuk mengatur suhu freezer. Sementara pengatur suhu lainnya terdapat di bagian bawah freezer yang berguna untuk mengatur suhu kulkas pintu bawah.

Pada bagian freezer terdapat knop geser yang dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri untuk mengubah suhu freezer yang diinginkan. Terdapat skala 1 sampai 5 pada knop pengatur freezer yang menunjukkan tingkat suhu dingin yang dikeluarkan oleh kulkas.

Pos Terkait:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Setelah standar pabrik suhu freezer kulkas polytron adalah pada skala angka 3. Kita dapat mengubah tingkat suhu dingin freezer sesuai dengan keinginan kita dengan menggerakkan knop pengatur suhu kulkas.

Cara mengatur suhu kulkas polytron 2 pintu

Sementara itu, untuk mengatur suhu bagian pintu bawah kulkas sama seperti pada kulkas 1 pintu yang telah dijelaskan diatas. Knop pengatur suhu yang digunakan model putar dengan skala 1 sampai 5 di sekeliling knop yang menunjukkan level suhu dingin kulkas.

Pengaturan suhu kulkas yang benar

Saat melakukan pengaturan suhu kulkas, sebaiknya kita menyetel suhu kulkas maupun freezer sesuai dengan suhu normal standar yang disarankan.

Suhu kulkas bagian bawah

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA), suhu normal bagian bawah kulkas yang disarankan adalah -4 °C. Dengan mengatur suhu kulkas sebesar ini, maka bahan makanan seperti sayuran dan buah akan terjaga kesegarannya.

Mengatur suhu kulkas yang terlalu tinggi tidak sesuai dengan standar suhu kulkas yang disarankan. Selain dapat dengan mempercepat kerusakan bahan makanan, juga dikhawatirkan dapat menumbuhkan jamur dan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Suhu kulkas untuk membuat es batu

Untuk ruangan freezer atau pembuat es, suhu yang disarankan oleh FDA adalah -18 °C. Suhu dingin ini cukup untuk membekukan air menjadi es batu. Selain itu juga dapat membekukan daging sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat rusak atau busuk.

Pengaturan suhu freezer yang terlampau dingin pada kulkas 1 pintu dapat menyebabkan munculnya bunga es di dalam freezer. Selain itu itu, mengatur suhu kulkas pada posisi maksimal merupakan pemborosan terhadap daya listrik.

Bunga es pada kulkas

Tidak seperti pada jenis kulkas inverter yang telah dilengkapi dengan petunjuk besaran suhu kulkas, pada model kulkas standar baik yang 1 pintu maupun 2 pintu tidak dilengkapi dengan indikator suhu kulkas. Karena itu kita tidak tahu apakah suhu kulkas yang kita atur sudah normal atau belum.

Pos Terkait:  Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

Solusinya adalah kita harus membeli termometer suhu agar dapat mengetahui suhu kulkas yang tepat. Saat ini anda dapat dengan mudah membeli termometer biasa maupun digital lewat toko online dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Ketahui, penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku

Tips agar suhu kulkas tetap dingin

Ada beberapa tips buat anda agar suhu kulkas dapat selalu dingin dan lebih menghemat daya listrik :

  • Jangan sering membuka dan menutup pintu kulkas. Jika anda ingin mengambil sesuatu di dalam kulkas sebaiknya sekalian saja agar tidak buka tutup kulkas terus.
  • Jangan terlalu banyak mengisi kulkas. Isi kulkas sesuai dengan kapasitasnya, karena makin banyak isi di dalam kulkas maka daya listrik yang dibutuhkan kulkas semakin tinggi.
  • Jangan masukkan makanan panas. Makanan panas yang langsung dimasukkan ke dalam kulkas dapat menyebabkan kulkas bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan kulkas.
  • Pintu kulkas harus tertutup rapat. Menutup pintu kulkas yang kurang rapat dapat menyebabkan udara luar yang panas bisa masuk ke dalam kulkas. Hal ini tentu saja membebani kerja kompresor kulkas, karena kulkas menjadi cepat kehilangan suhu dingin.

Demikian tips cara mengatur suhu kulkas Polytron yang benar. Semoga artikel ini bisa memberikan solusi untuk anda.

FAQ Seputar suhu kulkas Polytron

Berapa suhu normal pada kulkas Polytron?

Untuk hasil yang maksimal, atur suhu ruangan refrigerator sekitar 1℃ hingga 3℃. Sementara untuk suhu freezer adalah -18℃.

Bagaimana cara memutar suhu kulkas?

Pengaturan suhu kulkas Polytron menggunakan knop yang dapat diputar ke kanan dan ke kiri. Putar ke kanan untuk menurunkan suhu kulkas dan putar ke kiri untuk menaikkan suhu kulkas Polytron.

Apa arti min dan max di kulkas?

Arti tulisan Min dan Max pada pengatur suhu kulkas Polytron adalah menunjukkan posisi pengaturan knop thermostat. Min artinya minimum dan Max artinya maksimum.

Apa nama pengatur suhu kulkas?

Nama alat pengatur suhu kulkas adalah thermostat. Alat ini berfungsi untuk menjaga agar suhu kulkas stabil sesuai dengan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *