fungsi thermostat kulkas

Fungsi Thermostat Kulkas Dan Cara Kerjanya

Posted on

Salah satu komponen di dalam sistem pendingin kulkas yang berperan dalam menjaga suhu kulkas agar stabil adalah thermostat. Fungsi thermostat kulkas yang paling utama adalah untuk mengatur suhu kulkas agar stabil sesuai dengan yang kita inginkan.

Thermostat kulkas 2 pintu terhubung langsung dengan timer kulkas yang bertugas untuk mengendalikan kerja kompresor. Timer dapat dikatakan sebagai komponen otomatis yang dapat mengatur kapan kompresor beroperasi dan kapan kompresor standby atau off.

Di artikel ini kita akan membahas tentang fungsi dan cara kerja thermostat kulkas, baik kulkas 1 pintu maupun 2 pintu.

Letak thermostat kulkas 2 pintu

Secara umum letak thermostat kulkas berada di area ruangan kulkas bawah. Bentuk thermostat dari luar yang terlihat hanya sebuah knop yang dapat diputar. Di sekeliling knop terdapat skala angka yang menunjukkan tingkat suhu dingin yang diinginkan.

Posisi thermostat kulkas

Cara kerja thermostat kulkas

Umumnya, thermostat kulkas telah terhubung langsung dengan timer kulkas yang berfungsi untuk mengatur suhu kulkas. Dengan kata lain, thermostat merupakan salah satu bagian pada komponen timer kulkas. Untuk jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Pos Terkait:  Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

Unsur utama dari thermostat adalah gas yang mudah dipengaruhi oleh suhu sekitar. Gas ini terdapat di dalam pipa logam yang ujungnya dilekatkan pada evaporator atau ruangan freezer kulkas.

Ujung sensor pipa yang melekat pada evaporator tersebut memiliki sensor yang dapat mendeteksi perubahan suhu evaporator. Ketika suhu evaporator atau freezer box kulkas turun, maka gas yang ada didalam sensor atau pipa akan berkurang tekanannya.

Penurunan tekanan gas ini menyebabkan relai atau switch yang ada di dalam timer kulkas akan membuka. Sehingga memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor.

Kelenturan relai untuk membuka diatur oleh mekanisme knop. Sehingga Sehingga kita bisa mengatur besar suhu kulkas yang diinginkan.

Pada knop biasanya terdapat skala suhu mulai dari 0 hingga 5. Dimana semakin tinggi nilainya maka suhu kulkas akan semakin rendah. Karena semakin tinggi nilai knop maka relai di dalm timer makin keras sehingga tidak mudah membuka oleh penurunan tekanan gas.

Fungsi thermostat kulkas

Perbedaan thermostat kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Secara umum cara kerja dan fungsi thermostat kulkas 1 pintu dan 2 pintu sama saja. Perbedaannya adalah pada sistem relai pada timer kulkas. Dimana pada kulkas 2 pintu, selain mengatur kerja kompresor, timer juga mengendalikan kerja defrost.

Saat mencapai suhu dingin tertentu, relai timer kulkas 2 pintu akan memutuskan aliran listrik ke kompresor dan memindahkannya ke defrost. Sehingga defrost akan mulai bekerja memanaskan freezer agar tidak terbentuk bunga es.

Pos Terkait:  5 Ciri Thermostat Kulkas Rusak Dan Cara Memeriksanya
Diagram kulkas

Cara setting thermostat kulkas

Untuk mendapatkan suhu kulkas yang diinginkan bisa dilakukan dengan cara mensetting thermostat kulkas. Jika kita memutar knop thermostat ke kanan, maka suhu kulkas akan semakin dingin. demikian sebaliknya, jika kita memutar ke kiri maka suhu dingin kulkas akan berkurang.

Settingan standar thermostat untuk kulkas 2 pintu biasanya pada level 3 atau medium. Namun demikian, jika dirasa kurang dingin, Anda bisa memutar knop thermostat sedikit ke kanan agar suhu kulkas bisa lebih rendah lagi.

Ciri thermostat rusak

Sama seperti komponen elektronika lainnya, thermostat pun dapat mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan pada thermostat terjadi pada mekanisme relai dan gas yang telah habis akibat kebocoran pada pipa penghubung thermostat dengan timer kulkas.

Ciri ciri thermostat kulkas yang mengalami kerusakan adalah sebagai berikut :

1. Suhu kulkas tidak dingin

Jika relai yang ada di di dalam timer rusak, maka dapat menyebabkan kulkas tidak dingin. Hal ini disebabkan karena kompresor tidak mendapatkan arus listrik dari timer agar dapat beroperasi.

Baca juga : Ini lho penyebab kulkas tidak dingin

2. Thermostat berkarat

Akibat kelembaban yang tinggi, sensor pada thermostat dapat mengalami korosif atau karat sehingga dapat merusak kerja thermostat. Untuk menjaga agar thermostat tidak mengalami karat, maka anda harus selalu membersihkan sensor thermostat dari air.

3. Suhu kulkas terlalu dingin

Suhu kulkas yang terlalu dingin meskipun sudah diatur minimal juga bisa menjadi tanda kalau thermostat kulkas mengalami kerusakan. Akibat yang ditimbulkan adalah munculnya bunga es yang banyak di area freezer box.

4. Defrost tidak bekerja

Pada kulkas 2 pintu, kerusakan thermostat juga bisa ditandai dengan gejala tidak berfungsinya defrost atau heater. Kedua bagian menerima aliran arus listrik yang diatur oleh timer kulkas. Jika thermostat mengalami masalah, maka kerja dari kedua komponen tersebut pun akan terganggu.

Pos Terkait:  Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Artilek lain : Perlu tahu penyebab kulkas berair

Cara mengganti thermostat

Jika dicurigai thermostat telah mengalami kerusakan seperti yang terlihat dari ciri ciri diatas, pergantian thermostat harus segera dilakukan agar kulkas dapat kembali berfungsi normal.

Berikut ini tips cara mengganti thermostat :

  • Buka baut atau mur penutup thermostat menggunakan obeng yang sesuai.
  • Lepaskan socket kabel yang terhubung ke timer atau thermostat.
  • Lepas thermostat yang sudah rusak.
  • Pasang thermostat baru yang sesuai kemudian sambungkan socket kabel ke timer.
  • Pasang kembali thermostat le posisinya.
  • Pasang baut atau mur dan kencangkan.

Harga thermostat kulkas yang ada di pasaran berbeda beda tergantung jenisnya. Harga thermostat 2 pintu lebih mahal dibandingkan dengan harga thermostat 1 pintu karena mempunyai sistem relai yang berbeda.

Harga thermostat di toko online berkisar antara 30 ribu sampai 100 ribu tergantung merk dan jenisnya. Untuk thermostat ori yang berkualitas baik memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Demikian pembahasan tentang cara kerja dan fungsi thermostat kulkas serta cara memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *