kulkas tidak bisa buat es batu

7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es batu

Posted on

Ini beberapa penyebab kulkas tidak bisa buat es batu. Kulkas yang diproduksi saat ini umumnya telah dilengkapi dengan ruangan freezer yang dapat difungsikan sebagai pembuat es batu. Ruangan freezer ini terdapat pada kulkas satu pintu maupun dua pintu.

Dengan adanya ruangan Freezer yang memiliki suhu cukup dingin, kita tidak perlu lagi membeli perangkat freezer secara mandiri. Hanya saja, berbeda dengan freezer yang memiliki ruangan luas untuk menyimpan daging maupun minuman, ruangan freezer yang ada di dalam kulkas tidak terlalu besar. Sehingga tidak dapat memuat banyak barang.

kulkas tidak bisa buat es batu

Ruangan freezer yang ada di dalam kulkas dan umumnya terletak di bagian paling atas, kebanyakan digunakan sebagai sarana untuk membuat es batu. Meskipun tidak jarang juga dipakai untuk menyimpan beberapa potong daging.

Seiring pemakaian yang cukup lama, adakalanya ruangan freezer bermasalah. Sehingga kulkas tidak bisa buat es batu.

Penyebab kulkas tidak bisa buat es batu

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulkas tidak mampu mencapai suhu rendah. Sehingga kulkas tidak bisa buat es batu. Berikut ini adalah komponen yang perlu diperiksa.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

1. Kipas evaporator tidak berputar

Fungsi utama kipas evaporator adalah untuk mengalirkan udara dingin yang ada pada kumparan pipa evaporator supaya dapat bersirkulasi ke semua bagian di dalam ruangan freezer. Apabila kipas evaporator tidak bekerja, maka udara dingin tidak dapat terbagi dengan baik, sehingga ruangan freezer tidak bisa mencapai suhu beku.

Umumnya semua kulkas memiliki sistem dimana kipas evaporator-nya akan berhenti berputar ketiak pintu kulkas dibuka. Untuk menangani ini kita dapat mengaktifkan switch pintu secara manual ketika pintu kulkas dibuka.

Jika setelah diaktifkan kipas evaporator tetap tidak mau berputar, kemungkinan motor kipas mengalami kerusakan atau motor tidak mendapatkan pasokan arus listrik. Cobalah ganti motor kipas evaporator jika dicurigai telah rusak.

2. Timer kulkas rusak

Timer kulkas berfungsi untuk mengatur kinerja kompressor dan defrost. Kerusakan pada timer kulkas dapat menyebabkan kompressor tidak bekerja. Sehingga tidak terjadi sirkulasi zat pendingin di dalam sistem pendingin kulkas.

Coba cek kondisi timer kulkas, terutama switch yang terhubung ke kompressor. Bila timer telah rusak bisa diganti dengan yang baru.

3. Thermostat mati

Thermostat bekerja seperti saklar yang dikendalikan oleh suhu. Thermostat bertugas untuk mengendalikan kerja kompressor agar dapat berputar dan berhenti ketika telah mencapai suhu tertentu.

Pos Terkait:  8 Penyebab Freezer Tidak Beku [Kulkas Tidak Beku]

Kerusakan pada thermostat dapat berdampak langsung pada kerja motor kompressor. Karena motor kompressor tidak bekerja, maka sistem pendinginan kulkas pun akan terganggu atau mati sama sekali.

Thermostat kulkas

4. Kipas kondensor bermasalah

Kipas kondensor berfungsi untuk menarik udara yang ada di dalam pipa kondensor agar bersirkulasi. Apabila kipas kondensor ini bermasalah atau mati, maka udara di dalam pipa pendingin tidak dapat bersirkulasi dengan baik. akibatnya ruangan freezer tidak dingin.

Periksa kondisi kipas dan juga bantalan kipas kondensor untuk memastikan kondisinya. Jika telah rusak harus diganti dengan yang baru.

5. Kompressor lemah

Setelah pemakaian yang cukup lama, ada kalanya kompressor tidak dapat berputar dengan baik. Putaran motor kompressor yang lemah dapat menyebabkan sistem pendinginan kurang maksimal. Sehingga tidak mencapai suhu ruangan yang dingin agar bisa membuat es.

Cek kondisi kompressor untuk memastikan apakah masih layak atau sudah lemah putarannya. Anda bisa menggunakan ampere meter untuk melihat konsumsi arus apakah masih standar atau tidak.

6. Kulkas tidak bisa tertutup rapat

Tidak jarang ditemukan kasus kulkas tidak bisa buat es batu karena disebabkan oleh bocornya udara di dalam ruangan kulkas. Normalnya, kulkas harus dapat menyekat ruangan pendingin agar tidak ada udara luar yang dapat masuk ke dalam kulkas.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Jika kulkas tidak dapat tertutup rapat, maka udara dingin yang ada di dalam kulkas dapat bocor dan mengalir keluar. sehingga suhu di dalam kulkas tidak dapat mencapai suhu dingin yang dibutuhkan.

7. Gas freon sudah habis

Gas freon atau zat pendingin yang digunakan pada lemari es atau kulkas berfungsi untuk menyerap suhu panas di dalam ruangan pendingin. Zat pendingin ini terus bersirkulasi dipompa oleh kompressor.

Ketika volume gas freon atau zat pendingin ini telah habis atau tidak mencukupi, maka penyerapan suhu panas tidak dapat berjalan dengan maksimal. Akibatnya kulkas tidak bisa mencapai suhu dingin.

Tambah atau isi ulang gas sesuai dengan standar kebutuhan kulkas agar kulkas dapat bekerja secara normal.

Itulah beberapa faktor penyebab kulkas tidak bisa buat es batu. Selain faktor diatas bisa saja ada penyebab lain yang membuat freezer di dalam kulkas tidak dingin. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *