Mengatasi Tv Polytron Protek Dengan Mudah

Posted on

Kerusakan tv polytron protek biasanya terjadi karena ada masalah pada sirkuit vertikal mesin tv. Meskipun tidak jarang juga sistem protek tv polytron bekerja akibat ada kendala pada sirkuit lainnya, misalnya jika ada lonjakan tegangan pada tabung.

Namun yang sering memicu protek tv polytron aktif adalah karena tidak adanya tegangan dari blok vertikal akibat ada kerusakan pada ic atau komponen lainnya di sekitar blok vertikal.

Kerusakan tv polytron akibat sistem protek aktif ditunjukkan dengan gejala tv polytron gagal start. Saat tombol power pada remote ditekan, tv tidak mau hidup. Kalaupun bisa menyala biasanya hanya sebentar kemudian akan kembali pada kondisi standby.

Sistem protek pada tv polytron berguna untuk melindungi tv polytron dari kerusakan yang lebih parah jika ada sirkuit yang tidak berfungsi dengan normal. Sehingga kerusakan dapat dilokalisir dan tidak merembet ke sirkuit lainnya.

Tv polytron protek

Cara kerja sistem protek tv polytron

Agar dapat mengatasi kerusakan tv polytron akibat protek yang aktif, sekilas kita akan membahas lebih dulu cara kerja sistem protek tv polytron.

Pin protek pada tv polytron berbeda beda tergantung jenis ic program apa yang digunakan. Untuk tv polytron yang menggunakan ic UOC, input sistem protek berada pada pin 42.

Pos Terkait:  [LENGKAP] Daftar TV Polytron Yang Sudah Digital 2023

Sementara Pada jenis tv polytron yang menggunakan ic jungle, pin protek ada pada kaki nomor 60. Sedangkan untuk jenis ic program smd 80 pin, pin protek berada pada pin 67.

Dalam keadaan normal, pada pin protek polytron terdapat tegangan sekitar 5 V. Ketika tegangan ini hilang atau drop, maka akan memicu sistem protek untuk bekerja mematikan program. Akibatnya tv tidak mau menyala atau tidak bisa start.

Tegangan 5 V untuk pin protek polytron di dapat dari sirkuit pump up vertikal melalui elko dan dioda.

Cara kerja sistem protek tv polytron
Contoh sirkuit vertikal

Tegangan pulsa yang dikeluarkan oleh rangkaian pump up vertikal sebagian akan diambil oleh elko 1uF ( C409 ) untuk diteruskan ke dioda penyearah ( D402 ). Oleh dioda penyearah tegangan pulsa yang berupa arus ac akan disearahkan sehingga menghasilkan arus dc untuk selanjutnya diberikan ke pin protek.

Penyebab tv polytron protek

Penyebab paling umum yang mengakibatkan tv polytron protek adalah karena ic vertikal mati atau elko kopel kering. Meskipun kadang bisa juga disebabkan oleh komponen lain di sekitar rangkaian vertikal.

Yang pasti, jika sirkuit vertikal tidak bekerja normal maka dapat menyebabkan sistem protek aktif.

1. Ic vertikal mati

Tv polytron terutama yang jenis slim menggunakan ic vertika LA78141 sebagai komponen penguatnya. IC vertikal pada tv polytron slim ini seringkali mengalami kerusakan terbakar akibat panas yang dihasilkan cukup tinggi.

Pos Terkait:  Ukuran TV 43 inch Berapa cm ? Cek Jawabannya

Karena itu jika anda menemukan kerusakan tv polytron protek karena ic vertikal jebol, sebaiknya gunakan pengganti ic vertikal yang berkualitas bagus agar tidak mudah terbakar.

Saat ini banyak ditemukan ic vertikal LA78141 yang berkualitas jelek sehingga tidak tahan lama. Baru beberapa hari pemakaian, tv kembali mati dengan kerusakan yang sama.

2. Elko kering

Selain akibat ic vertikal yang mati, gejala protek pada tv polytron slim maupun minimax 123 dapat juga dikarenakan elko kopel yang sudah kering, sehingga nilai kapasitansinya berkurang.

Nilai kapasitansi elko kopel standar adalah sekitar 1uf/50V. Anda bisa menggantinya menggunakan elko dengan nilai kapasitansi yang sama atau lebih besar, misalnya 2,2uf atau 4,7uf.

Cara melumpuhkan protek tv polytron

Saat menemukan kasus kerusakan tv polytron tidak mau start yang dicurigai akibat sistem protek yang aktif, kita dapat melumpuhkan lebih dulu sistem proteknya. Hal ini dilakukan untuk memastikan kerusakan akibat sirkuit protek bekerja.

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk melumpuhkan sistem protek pada tv polytron.

1. Pakai tombol menu

  • Nyalakan tv dalam keadaan standby
  • Tekan tombol menu pada remote asli polytron bawaan tv
  • Tekan agak lama sampai tv mau start
  • Ketika tv mau start, perhatikan layar tv
  • Jika terlihat garis mendatar di tengah layar, berarti positif penyebabnya adalah bagian vertikal rusak
  • Matikan kembali tv dan mulai lakukan perbaikan
Pos Terkait:  10 Antena Tv Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

3. Pakai resistor 100 Ohm

  • Buka cover mesin tv untuk mengeluarkan mesinnya
  • siapkan resistor 100 ohm
  • Cari pin protek pada ic program
  • Sambungkan resistor tadi ke pin protek dan beri tegangan 5 V
  • Nyalakan tv dan lihat tampilan layar monitor
  • Jika muncul garis mendatar, maka kerusakan tv terjadi pada rangkaian vertikalnya

Cara memperbaiki tv polytron protek

Apabila telah diketahui penyebab tv polytron protek karena ada kerusakan pada bagian vertikalnya, langkah selanjutnya kita tinggal mencari komponen penyebab kerusakan.

Komponen yang sering memicu protek tv polytron biasanya adalah elko kopel 1uF di sekitar dioda pump up. Elko inilah yang mengambil tegangan dari sirkuit vertikal untuk diberikan ke pin protek.

Coba ganti elko kopel ini dengan yang baru agar tv dapat kembali normal.

Jika diketahui ic vertikal mengalami kerusakan terbakar atau mati, segera lakukan pergantian dengan yang baru. Gunakan ic vertikal pengganti yang memiliki kualitas bagus agar tidak cepat mati.

Bila setelah dilakukan pergantian kedua komponen tersebut masih saja tv tidak mau menyala, berarti ada penyebab kerusakan lainnya. Bisa jadi ada resistor atau elko lain yang sudah berubah nilainya, sehingga sirkuit vertikal tidak bekerja normal.

Lakukan penelusuran tegangan pada pin ic vertikal untuk mencari komponen lain yang tidak normal.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *