Cara menambah saluran tv digital samsung

5 Langkah Cara Menambah Saluran TV Digital Samsung

Posted on
Cara menambah saluran tv digital samsung

Cara menambah saluran tv digital Samsung sebenarnya mudah untuk dilakukan. Hanya saja mungkin karena belum tahu caranya, sehingga Anda bingung bagaimana cara settingnya.

Setelah mulai dijalakannya program pemerintah tentang peralihan tv analog ke tv digital, hingga saat ini sudah banyak stasiun tv nasional maupun lokal yang beralih ke siaran digital. Kabarnya, di tahun 2023 mendatang, pemerintah mentargetkan program ASO atau Analog Switch Off akan terlaksana 100%.

Karena itu, di beberapa daerah jumlah saluran tv digital kian bertambah, bahkan melebihi jumlah siaran tv analog sebelumnya. Agar bisa mengakses siaran tv digital, Anda mesti mensetting tv anda agar bisa menambah channel atau saluran tv digital.

Panduan cara menambah saluran tv digital Samsung

Bagi Anda pemilik tv Samsung, silahkan simak penjelasan berikut ini agar bisa menambah jumlah saluran tv digital di tv Samsung Anda.

Pos Terkait:  Daftar Harga TV Digital Samsung Terbaru

1. Pastikan tv Samsung Anda sudah digital

Agar bisa digunakan untuk menangkap siaran tv digital, tv yang Anda gunakan harus sudah mendukung frekuensi tv digital. Ini berarti tv Anda mesti sudah dilengkapi denga sistem DVB T2 yang merupakan modul untuk menerima dan mengolah frekuensi siaran tv digital.

Anda bisa cek spesifikasi tv samsung di rumah anda apakah sudah digital atau belum dengan cara melihat pada menu pencarian gelombang. Jika terdapat fitur menu pencarian sinyal DTV atai digital, maka tv Anda sudah termasuk tv digital dan sudah bisa menerima siaran digital.

Anda bisa cek informasi daftar tv Samsung yang sudah digital yang sudah admin bagikan sebelumnya.

2. Pasang antena tv digital dengan benar

Sebelum lanjut ke panduan setting cara menambah saluran tv digital Samsung, satu hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah memasang antena tv digital dengan benar. Pastikan Anda menggunakan antena tv yang berkualitas bagus agar bisa menerima sinyal digital dengan baik.

Selain itu, lebih baik Anda meletakkan antena tv di luar ruangan alih alih di dalam ruangan yang memiliki banyak penghalang sinyal. Jika memungkinkan, gunakan tiang yang tinggi untuk mendapatkan hasil penangkapan gelombang tv digital yang banyak.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode Remote TV Panasonic Lengkap

3. Masuk ke menu setting

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menambah channel tv digital di tv Samsung adalah masuk ke menu utama settingan atau pengaturan. Caranya adalah dengan menekan tombol Menu yang ada di remote tv Samsiung Anda.

Selanjutnya, gunakan tombol navigasi bawah untuk memilih menu Jaringan atau Saluran. Menu ini biasanya berlogo antena parabola.

4. Pilih mode pencarian otomatis digital

Berikutnya adalah gunakan tombol navigasi kanan untuk memilih mode pencarian sinyal tv. Disini terdapat dua mode pencarian sinyal : manual dan otomatis. Anda sebaiknya memilih pencarian otomatis saja untuk memudahkan proses pencarian.

Pada mode pencarian otomatis pun terdapat beberapa pilihan jenis pencarian : pencaria Digital, Analog dan Digital & Analog. Anda pilih jenis pencarian Digital agar bisa menangkap siaran tv digital.

Memilih mode pencarian sinyal

5. Proses pencarian sinyal

Setelah Anda memilih jenis pencarian sinyal, proses memindai frekuensi tv digital pun akan dilakukan oleh program. Tunggu hingga proses pindai selesai 100%. Jika sudah selesai, Saluran tv digital yang berhasil diterima akan disimpan secara otomatis oleh program.

Selanjutnya Anda bisa menikmati setiap saluran atau channel tv digital yang telah didapatkan oleh tv samsung Anda.

Pos Terkait:  Daftar Tipe TV LG Yang Sudah Digital

Penyebab tv Samsung tidak dapat siaran digital

Ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menyebabkan tv Samsung di rumah anda tidak dapat menerima siaran digital :

  • Tv Anda belum dilengkapi dengan sistem DVB T2
  • Pemasangan antena tv kurang benar
  • Arah antena tv tidak tepat
  • Kualitas antena tv tidak bagus
  • Kabel antena korslet atau hubungan singkat
  • Daerah Anda belum terjangkau siaran digital
  • Antena kuran tinggi
  • Terdapat kerusakan pada sistem tuner tv Anda
  • Kesalahan dalam melakukan setting tv Samsung

Tips agar dapat siaran tv digital banyak

Coba lakukan tips di bawah ini untuk mendapatkan hasil penerimaan siaran digital lebih banyak :

  • Gunakan jenis antena tv digital
  • Gunakan booster penguat sinyal
  • Tempatkan antena di luar ruangan
  • Posisikan antena pada tiang yang tinggi
  • Pasang kabel antena dengan benar agar tidak hubungan singkat
  • Arahkan antena pada posisi arah pemancar tv
  • Pastikan sambungan konektor antena terpasang dengan benar dan kuat

Demikian penjelasan tentang cara menambah saluran tv digital Samsung dengan mudah. Ikuti tiap langkah dalam penjelasan diatas agar Anda berhasil menambah channel atau saluran tv digital di tv Samsung Anda. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *