Tv samsung tidak dapat siaran digital

Mengatasi TV Samsung Tidak Dapat Siaran Digital

Posted on

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan tv Samsung tidak dapat siaran digital. Selain karena faktor dari sistem yang ada pada tv tersebut, faktor luar pun, seperti antena sangat berpengaruh dalam penerimaan siaran tv digital di tv Samsung.

Dari semua faktor penyebab tv Samsung tidak dapat menerima siaran tv digital tersebut, sebenarnya ada beberapa yang bisa kita atasi sendiri tanpa memerlukan bantuan teknisi. Misalnya saja kendala pada antena maupun kesalahan dalam memprogram tv Samsung untuk menangkap siaran digital.

Di artikel ini, admin akan memberikan penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi kendala tv Samsung tidak dapat menerima siaran tv digital. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Penyebab dan cara mengatasi tv Samsung tidak dapat siaran digital

Tv samsung tidak dapat siaran digital

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa faktor penyebab yang bisa mengakibatkan masalah tv Samsung tidak dapat siaran digital. Apa saja penyebabnya, berikut ini penjelasannya :

1. Belum mendukung sistem DVB T2

Syarat utama agar tv dapat menerima frekuensi siaran tv digital adalah harus sudah menggunakan sistem DVB T2 di dalam modul pengolah sinyalnya. Sistem inilah yang akan menerima sinyal digital dan mengolahnya sehingga bisa ditampilkan pada layar tv.

Pos Terkait:  Ukuran Panjang Lebar TV 65 inch

Produk tv Samsung yang sudah mendukung sistem DVB T2 ini umumnya adalah yang keluaran baru dan dari jenis layar led. Jadi jika tv Samsung di rumah Anda masih menggunakan layar tabung, maka bisa dipastikan tv Samsung Anda tidak bisa menerima siaran digital.

Beberapa jenis tv lcd / led Samsung pun ada yang belum mendukung sistem DVB T2. Karena itu, jika Anda hendak membeli tv led Samsung, baiknya mengecek dulu spesifikasinya, untuk mengetahui apakah sudah dilengkapi dengan sistem DVB T2 atau belum.

Solusinya :

Untuk mengatasinya, Anda perlu membeli perangkat penerima siaran digital yang dikenal sebagai set top box atau STB. Dengan alat tersebut tv Samsung Anda yang tidak dapat siaran digital bisa menampilkan siaran digital dengan baik.

Anda bisa membeli perangkat ini di toko elektronika yang ada di sekitar kota anda. Untuk pemasangannya sangat mudah. Anda hanya perlu memasang antena pada set top box lalu menghubungnkan output AV pada set top box ke input AV tv Anda.

2. Tv Samsung belum disetting dengan benar

Jika tv Samsung Anda sudah mendukung siaran digital atau biasa disebut sebagai tv digital, akan tetapi tidak dapat menangkap siaran digital, mungkin Anda belum mensetting program tv dengan benar.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode Remote TV Polytron Update

Agar dapat menangkap siaran tv digital, tv harus disetting lebih dulu, karena tv Samsung tidak dapat menangkap siaran digital secara otomatis tanpa dilakukan penyetingan pada programnya.

Solusinya :

Lakukan setting tv samsung anda dengan benar agar bisa menerima siaran tv digital yang sudah ada di daerah Anda. Anda bisa membaca artikel tentang cara setting tv Samsung ke digital yang sudah admin bahas sebelumnya .

Jika Anda menggunakan set box untuk menerima siaran digital, maka penyetingan program dilakukan pada set top box tersebut, bukan pada tv Anda.

setting tv samsung tidak dapat siaran digital

3. Pemasangan antena kurang tepat

Faktor lain penyebab tv samsung tidak dapat siaran digital adalah pemasangan antena yang kurang tepat. Antena merupakan faktor pendukung utama supaya sinyal dari pemancar tv bisa diterima dengan baik oleh televisi.

Pemasangan antena yang asal asalan bisa saja menyebabkan daya tangkap tv terhadap gelombang menjadi kurang maksimal atau bahkan tidak dapat menangkap sinyal sama sekali.

Solusinya :

Coba Anda periksa kondisi antena dan kabelnya apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Perhatikan pula sambungan konektor kabel antena dengan tv agar terpasang dengan benar dan kuat. Hindari hubungan singkat pada kabel antena.

Untuk hasil terbaik, gunakan antena tv digital yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal serta tempatkan antena di luar ruangan. Agar bisa menerima sinyal tv digital dengan maksimal, sebaiknya antena tv ditempatkan pada posisi tiang yang tinggi.

Pos Terkait:  Cara Setting TV Samsung Ke Digital

Baca Juga : Cara pasang antena digital agar jernih

4. Daerah anda belum terjangkau siaran digital

Pemerintah sebenarnya sudah mewajibkan semua stasiun tv untuk beralih ke siaran tv digital. Namun, sepertinya belum semua daerah yang sudah bisa dijangkau oleh siaran tv digital. Misalnya di daerah pelosok yang jauh dari kota.

Karena itu bisa jadi penyebab tv Samsung tidak dapat siaran digital karena memang di daerah Anda belum tercover frekuensi tv digital.

Solusinya :

Anda dapat mengecek lokasi Anda apakah sudah tercover siaran tv digital atau belum menggunakan aplikasi Sinyal Tv Digital yang bisa Anda unduh di Play Store. Di aplikasi tersebut akan diinformasikan area jangkauan pemancar tv digital terdekat yang ada di lokasi Anda.

Jika lokasi Anda masih tercover oleh frekuensi siaran digital, coba gunakan antena tinggi yang dilengkapi booster untuk menangkap gelombang tv digital.

5. Ada kerusakan pada tv Anda

apabila tv samsung digital Anda masih tidak dapat menangkap siaran digital, mungkin disebabkan ada kerusakan pada tv anda, terutama di bagian tuner penerima sinyal digital.

Solusinya :

Untuk mengatasi kendala ini, Anda sebaiknya membawa tv Anda ke jasa service elektronika atau ke dealer Samsung untuk mendapatkan perbaikan.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi kendala tv Samsung tidak dapat siaran digital. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *