Ukuran TV 42 inch Berapa cm ?

Posted on

Ukuran tv 42 inch berapa cm ? Untuk mengetahui jawabannya secara lengkap silahkan baca artikel ini sampai tuntas. Karena saya akan menjelasakan apa itu ukuran tv, supaya Anda dapat memahami lebih jelas ukuran tv yang sebenarnya dalam cm.

Ukuran tv, baik itu tv jenis layar tabung ataupun jenis layar lcd / led akan dipengaruhi oleh aspek rasio ukuran layar tv yang digunakan. Buat Anda yang belum tahu apa itu aspek rasio, berikut ini adalah penjelasannya.

Aspek rasio adalah perbandingan lebar dan tinggi layar tv. Istilah aspek rasio ini bukan cuma digunakan untuk jenis layar tv saja, akan tetapi digunakan juga pada semua jenis perangkat monitor, seperti gadget, laptop atau pun layar komputer.

Meskipun ukuran tv sama, namun akan berbeda ukuran lebar dan tingginya apabila aspek rasio yang digunakan berbeda.

Apa itu ukuran tv ?

Untuk menyebutkan ukuran sebuah tv dinyatakan dalam satuan inch. satuan ini digunakan secara internasional untuk menyebutkan sisi panjang diagonal layar tv.

Dengan kata lain, maksud dari ukuran tv 42 inch adalah panjang sisi diaogonal layar tv 42 inch tersebut. Sisi diagonal layar tv merupakan panjang antara dua sudut layar tv yang saling berhadapan.

Pos Terkait:  Daftar Harga TV Digital Samsung Terbaru

Saat ini ada banyak televisi yang dibuat dengan berbagai ukuran layar yang berbeda. Ukuran layar tv yang paling kecil adalah sekitar 10 inch, namun mungkin saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Baca : Cara mengukur inch tv

Sementara ukuran layar tv yang besar adalah 105 inch. Bahkan ada yang lebih besar lagi seperti yang dipakai untuk layar iklan atau video screen.

Cara mengukur ukuran tv dalam cm dan inch

Ukuran tv 42 inch berapa cm ?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran lebar dan tinggi layar tv akan dipengaruhi oleh jenis aspek rasio yang dipakai oleh layar tv tersebut. Aspek rasio yang digunakan pada jenis tv led yang diproduksi saat ini adalah 16 : 9.

Jenis aspek rasio ini memungkinkan tv untuk menampilkan gambar dengan kualitas HD hingga 4K. Karena itu lebii banyak diadopsi oleh jenis tv layar led.

Selain 16 : 9, jenis ukuran aspek rasio layar tv lainnya adalah 4 : 3. Ukuran aspek rasio layar tv ini sudah jarang digunakan. Ukuran ini dulu dipakai untuk jenis layar tv tabung yang masih memiliki resolusi layar SD atau Standar Definition.

Jadi, ukuran tv 42 inch berapa cm ?

Berikut ini adalah dimensi ukuran tv dengan layar 42 inch dalam satuan cm :

  • Panjang diaonal : 106.7 cm
  • Lebar : 93.0 cm
  • Tinggi : 52.3 cm
Pos Terkait:  Ukuran Tv Paling Besar di Dunia

Sementara itu perbandingan ukuran tv 42 inch dalam cm untuk jenis aspek rasio layar tv 16 : 9 dan 4 : 3 adalah sebagai berikut :

ASPEK RASIOPANJANG DIAGONAL (CM)LEBAR (CM)TINGGI (CM)
16 : 9106.793.052.3
4 : 3106.785.364
Ukuran tv 42 inch berapa cm

Dari infromasi gambar diatas, kita tahu bahwa meskipun memiliki ukuran yang sama, namun jika berbeda jenis aspek rasio yang dipakai maka berbeda pula ukuran lebar dan tinggi ukuran layarnya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *