Kelebihan antena toyosaki

Review Antena Toyosaki Tipe AIO 220, 200 dan 235

Posted on
Review kelebihan antena toyosaki

Salah satu produk antena tv yang sedang trend saat ini adalah antena toyosaki yang telah dilengkapi dengan booster sinyal. Mungkin belum banyak yang tahu apa saja fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh jenis antena multi ruangan ini.

Karena itu, di artikel ini saya akan mengulas pembahasan tentang tipe antena yang banyak diminati oleh pengguna tv siaran terrestial terutama yang ada di daerah perkotaan ini.

Antena merupakan salah satu bagian dari komponen pendukung televisi yang berfungsi sebagai penerima sinyal atau gelombang RF yang dipancarkan oleh stasiun tv. Sebagai komponen pertama yang bersentuhan langsung dengan sinyal televisi, tentunya kita tidak boleh sembarangan dalam memilih antena.

Apalagi buat Anda yang berada jauh dari lokasi pemancar siaran tv, dimana kondisi kekuatan sinyal sudah sangat lemah. Penggunaan antena yang mampu menguatkan sinyal mutlak menjadi syarat penting agar gambar tv yang ditampilkan jernih dan tidak mudah hilang.

Review antena toyosaki

Toyosaki merupakan brand atau merk produk antena tv yang menciptakan produk antena built-in booster. Tipe antena seperti ini masih jarang ada dan belum banyak digunakan di Indonesia. Karena produk ini termasuk perangkat inovasi terbaru yang menggabungkan antena dengan booster menjadi satu box.

Dilihat dari bentuk fisiknya, antena ini bisa dikatakan tidak umum. Karena berbentuk kotak dengan dimensi sekitar 15 cm x 5 cm. Sementara antena yang biasa kita pakai adalah jenis antena yagi dengan beberapa variasi dan bentuk elemen penerima sinyal yang bermacam macam.

Pos Terkait:  Mengenal Jenis Layar dan Ukuran TV Samsung

Meskipun hanya berbentuk kotak hitam, namun bukan berarti antena ini tidak memiliki elemen penerima sinyal. Elemen antena penerima sinyal terletak di dalam box kotak tersebut menyatu dengan blok rangkaian booster sinyal.

Menurut klaim produsen antena toyosaki, produk ini dapat digunakan sebagai antena indoor dan outdoor. Karena itu pada sisi belakang box terdapat bracket yang digunakan untuk melekatkan antena pada tiang.

Sementara jika akan digunakan sebagai antena indoor, produk antena ini pun sudah dilengkapi dengan tambahan komponen pendukung berupa kaki antena. Sehingga kita dapat meletakkan antena ini diatas meja dengan kokoh.

Dari sisi penguatan atau gain sinyal, tentu saja tidak bisa diragukan lagi karena sudah dilengkapi dengan penguat sinyal yang ada di dalam box antena. Keberadaan booster built-in ini menjadi nilai lebih karena kita tidak perlu lagi membeli booster luar untuk memperkuat sinyal tv.

Kelebihan dan kekurangan antena toyosaki

Bagi Anda yang hendak memutuskan untuk mengganti antena lama Anda dengan antena toyosaki, sebaiknya simak dulu penjelasan kelebihan dan kekurangan jenis antena ini.

1. Dapat menerima siaran tv UHF dan digital

Seperti yang kita ketahui, tahun depan pemerintah akan mengganti secara bertahap model siaran tv yang ada di Indonesia secara keseluruhan. Dimana, sebelumnya siaran tv menggunakan sistem gelombang analog, ke depannya siaran tv akan digantikan dengan sistem siaran digital.

Pergantian sistem siaran ini tentu mengharuskan pengguna tv untuk beralih menggunakan perangkat yang mendukung siaran digital, termasuk antena tv. Karena jika tidak, maka pengguna tv akan kesulitan untuk mengakses siaran televisi dengan kualitas bagus.

Pos Terkait:  Cara Setting Smart TV Samsung : Disertai Gambar !

Kabar baiknya, antena toyosaki telah dirancang agar dapat mendukung siaran tv jenis analog UHF dan digital. Jadi jika Anda menggunakan produk antena ini, maka Anda tidak perlu lagi membeli antena digital ketika semua siaran tv telah beralih ke mode siaran digital.

2. Dilengkapi booster sinyal

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, antena tv toyosaki telah dilengkapi dengan booster penguat sinyal di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan sinyal tv agar lebih baik.

3. Body antena logam

Body antena toyosaki

Karena sekaligus dipersiapkan juga untuk pemasangan di luar ruangan, antena ini didesain dengan body yang terbuat dari logam. Sehingga relatif aman dari gangguan cuaca dan lainnya yang ada di luar.

Selain itu itu, body antena juga disesuaikan agar tidak mudah dimasuki oleh air hujan. Ini untuk mencegah agar jangan sampai terjadi kerusakan rangkaian booster antena akibat air yang masuk.

4. Gain tinggi

Dengan adanya booster penguat sinyal yang ada di dalam antena tentu saja akan meningkatkan daya penguatan sinyal tv yang lemah. Karena itu jenis antena ini cocok digunakan untuk daerah yang jauh dari jangkauan pemancar tv.

Pada beberapa model, bahkan telah dilengkapi dengan fitur pengatur gain yang berfungsi untuk mengatur penguatan booster terhadap sinyal yang diterima. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah penerimaan sinyal yang terlalu berlebihan atau kurang.

5. Desain praktis dan modern

Bagi masayarakat modern, perangkat elektronika dituntut bukan hanya dapat beroperasi seusai dengan fungsinya saja, namun juga harus memiliki desain yang elegan dan modern. Sehingga menjadi pendukung untuk membentuk suasana ruangan yang lebih mewah.

Antena tv toyosaki telah didesain mempunyai bentuk yang menarik dengan warna hitam yang dapat menyatu dengan berbagai nuansa interior rumah. Kita dapat meletakkan antena ini di dekat perangkat tv tanpa merusak keindahan interior ruangan.

Pos Terkait:  Daftar Kode Remote TV Unisat

6. Instalasi mudah

Cara memasang antena toyosaki cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa pun. Bahkan oleh ibu rumah tangga yang tidak mengerti elektronika pun bisa memasang antena ini. Hal ini karena produk antena tv ini telah menggunakan sistem konektor untuk menghubungkan tiap bagiannya.

Kita tinggal memasang konektor ke dalam terminal yang sudah disediakan pada sisi bagian bawah antena.

7. Tersedia banyak tipe

Ada banyak tipe dan spesifikasi antena toyosaki yang dijual di pasaran dengan harga yang berbeda. Tipe dan model antena yang berbeda ini tentu saja akan memiliki fitur yang tidak sama.

Beberapa contoh tipe antena toyosaki yang terbaik adalah : tipe AIO 220, AIO 200 dan AIO 235.

Anda dapat menyesuaikan tipe dan model antena yang tepat untuk Anda pilih sesuai dengan budget dan kondisi sinyal tv di daerah Anda.

Kekurangan antena tv toyosaki

1. Sulit mencari spare part jika rusak

Salah satu kendala yang dihadapi oleh pengguna antena tv toyosaki adalah sulitnya mendapatkan spare part antena jika mengalami kerusakan. Umumnya kita harus membeli baru antena lagi apabila mengalami masalah atau kerusakan pada antena.

2. Kurang cocok untuk daerah perbukitan

Meskipun antena ini telah dilengkapi dengan booster sebagi penguat sinyal tv, namun beberapa pengguna mengeluh soal kemampuan antena untuk daerah perbukitan yang lemah sinyalnya. Nampaknya jenis antena ini hanya cocok untuk digunakan pada daerah perkotaan saja atau yang dekat dengan pemancar tv.

3. Daya tangkap kurang maksimal

Tidak seperti model antena yagi yang memiliki beberapa eleemn antena sebagai penerima gelombang RF televisi, antena toyosaki hanya mengandalkan elemen kecil yang ada di dalam box antena. Hal ini tentu saja berakibat pada daya tangkap antena yang kurang peka.

Namun demikian, pihak produsen mengatasinya dengan menambahkan booster sebagai penguat sinyal tv. Sehingga sinyal tv yang diterima akan lebih maksimal.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *