Panduan cara pasang booster tv

Cara Pasang Booster TV (Mudah Dan Cepat)

Posted on

Panduan cara pasang booster tv yang benar – Bagi Anda yang berada jauh dari jangkauan pemancar siaran tv, biasanya akan sulilt untuk mendapatkan sinyal tv secara maksimal. Akibatnya gambar siaran tv yang ditampilkan sangat buruk, bahkan terkadang sering hilang akibat daya tangkap sinyal yang lemah.

Menggunakan booster merupakan salah satu cara agar dapat menangkap siaran tv dengan baik selain dengan cara memasang antena tv yang benar. Memasang booster sebenarnya tidak terlalu sulit sehingga semua orang dapat melakukannya.

Meskipun mudah, kita tidak boleh sembarangan dalam memasang booster tv karena dapat menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Karen itu Anda harus memperhatikan cara pasang booster tv dengan benar agar dapat meningkatkan sinyal tv secara makismal. Lalu bagaimana caranya ? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Fungsi booster tv

Booster tv adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk menguatkan sinyal UHF hingga beberapa kali lipat. Nilai gain atau penguatan sinyal yang dapat dilakukan oleh booster tv berbeda beda untuk setiap merk dan jenisnya. Anda dapat melihat informasi nilai penguatan booster pada datasheet booster yang disertakan pada saat pembelian.

Booster tv dapat digunakan pada semua jenis televisi, baik itu tv tabung maupun tv led. Bahkan booster bisa juga dipakai untuk menguatkan sinyal siaran radio fm dan sinyal lainnya yang berada pada range sinyal operasional booster.

Pos Terkait:  Cara Mencari Sinyal TV Digital

Ketika anda membeli booster tv, Anda akan mendapatkan 2 perangkat yang berbeda fungsi :

  1. Perangkat booster atas yang berfungsi untuk menguatkan sinyal.
  2. Perangkat booster bawah yang merupakan catu daya atau power supply untuk booster.

Jadi pada dasarnya yang disebut sebagai perangkat booster adalah unit yang nantinya akan dipasang di atas dekat dengan antena tv. Sementara pada unit yang di bawah, hanyalah berupa rangkaian power supply biasa yang berfungsi untuk memberikan daya kepada booster.

Panduan cara memasang booster tv
Contoh Booster tv

Kelebihan memakai booster

Berbicara mengenai booster, sebutan ini sebenarnya merupakan nama lain dari perangkat penguat sinyal. Penggunaan booster bukan hanya untuk menguatkan sinyal tv saja, akan tetapi banyak juga perangkat komunikasi lain yang menggunakan booster. Misalnya perangkat radio komunikasi, pemancar radio, pemancar RF telekomunikasi dan masih banyak lagi.

Hanya saja tentu memiliki desain dan fitur yang berbeda dengan booster tv. Sementara booster tv dikhususkan untuk menangani penguatan gelombang tv saja yang berada di jalur frekuensi UHF dan VHF.

Berikut ini adalah keuntungan tv yang memakai booster sebagai penguat sinyal antenanya :

  • Gambar tv menjadi lebih jernih.
  • Gambar siaran tv tidak mudah hilang ketika cuaca buruk.
  • Dapat menangkap siaran tv yang memiliki sinyal kecil.
  • Tidak perlu mengatur arah antena untuk mendapatkan sinyal tv.
  • Bisa digunakan untuk antena indoor.

Tutorial cara pasang booster

Cara pasang booster tv sebenarnya tidak terlalu sulit karena tidak memiliki banyak unit yang harus dipasang. Yang perlu dilakukan hanya memasang kabel booster sesuai dengan urutan dan posisinya.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode Remote TV Panasonic Lengkap

Seharusnya Anda dapat memasang sendiri booster tv dengan mengikuti panduan yang akan dijelaskan berikut ini :

Cara pasang booster tv atas

  • Siapkan peralatan obeng, tang dan kunci yang diperlukan.
  • Potong kabel antena sepanjang 1 meter kemudian kupas.
  • Pasang booster pada tiang dekat antena sesuai panjang kabel tadi.
  • terapkan salah satu ujung kabel tadi pada terminal antena.
  • Perhatikan pemasangan kabel pada terminal antena jangan sampai terbalik.
  • Pasang ujung kabel lainnya ke terminal booster UHF atau ANT.
  • Salah satu ujung sisa kabel yang telah dipotong tadi kupas dan pasang ke booster pada terminal TV.
  • Panjang kabel yang terhubung ke terminal TV booster bisa menyesuaikan tinggi antena dan letak antena dengan televisi.

Cara pasang booster tv bawah

  • Pasang ujung kabel antena yang terhubung ke booster ke booster bawah pada terminal Booster.
  • Siapkan kabel antena yang salah satu ujungnya sudah terpasang jek antena.
  • Pasang ujung kabel antena yang ttidak terpasang jek antena ke terminal TV pada booster bawah atau perangkat power supply booster.
  • Selesai. Sekarangn Anda dapat mencolokkan jek antena ke terminal lubang antena tv Anda.

Untuk lebih jelas cara memasang booster tv yang benar dapat dilihat pada gambar instalasi booster di bawah ini :

Tutorial cara pasang booster tv

Tips memilih booster tv

Saat ini terdapat bermacam macam merk booster yang dijual di toko elektronika. Beberapa diantaranya adalah booster tv Toyosaki, Sanex, Tanaka, Skybox, dan booster PF.

Pos Terkait:  Ukuran Panjang Lebar TV 65 inch

Semua jenis dan merk booster diatas tentunya mempunyai kualitas yang tidak sama. Ada beberapa hal yang perlu Andfa perhatikan saat membeli booster tv :

1. Nilai gain yang tinggi

Nilai gain booster adalah kemampuan booster dalam menguatkan sinyal RF televisi yang diterima oleh antena tv. Semakin tinggi nilai gain booster akan membuat booster main peka terhadap sinyal tv yang lemah. Jadi pastikan Anda membeli booster dengan nilai gain yang tinggi.

2. Nilai noise rendah

Jika untuk gain kita membutuhkan booster dengan nilai yang tinggi, maka untuk noise kita perlu mempertimbangkan untuk mencari booster yang memilki nilai noise rendah. Karena nilai noise yang rendah berarti akan sedikit gangguan sinyal yang dapat diatasi oleh booster.

3. Pertimbangkan kualitas bahan

Kita tahu, booster tv umumnya dipasang di luar ruangan atau tepatnya dekat dengan antena tv. Hal ini dimaksudkan agar noise dan sinyal yang terbawa pada kabel antena tidak ikut dikuatkan. Karena akan mengganggu gelombang tv yang asli.

Meskipun ada yang melakukan cara pasang booster tv dengan meletakkan booster tv di bawah dekat televisi, namun saya menyarankan sebaiknya Anda meletakkan booster sedekat mungkin dengan antena tv.

Karena letak booster yang dipasang di luar ruangan, maka sudah pasti akan selalu terkena pengaruh cuaca dari luara, seperti panas dan dingin. Kondisi ini tentu membutuhkan kualitas material box booster yang baik. Sehingga bisa bertahan lama dan dapat melindungi blok rangkaian booster di dalamnya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *