Kulkas 2 Pintu Berapa Watt ? Cek Datanya !

Posted on
Kulkas 2 pintu berapa watt

Kulkas 2 pintu berapa watt sih ? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita hendak memutuskan untuk membeli kulkas 2 pintu. Dalam bayangan kita tentu kulkas 2 pintu memiliki daya yang lebih besar. Sehingga akan menghabiskan daya listrik rumah kita.

Faktanya, kulkas 2 pintu ternyata tidak memiliki daya atau watt listrik yang sangat besar sehingga membuat tagihan listrik anda melonjak. Bahkan ada beberapa jenis kulkas 2 pintu yang tidak membutuhkan daya listrik terlalu besar.

Jadi anda sebenarnya tidak perlu khawatir untuk membeli kulkas 2 pintu, karena teknologi sistem pendingin kulkas saat ini telah berkembang. Sehingga kebutuhan daya listrik kulkas semakin hemat dan lebih efisien.

Penjelasan watt kulkas

Watt adalah satuan yang menyatakan besarnya konsumsi energi listrik suatu peralatan listrik. Makin besar angka watt suatu perangkat, maka makin besar pula kebutuhan daya listriknya.

Pos Terkait:  Mengatasi Pintu Kulkas Tidak Rapat

Rata rata kebuthan daya listrik kulkas adalah sekitar 60 Watt sampai 220 Watt. Namun demikian, ada juga kulkas yang membutuhkan daya lebih besar lagi, biasanya kulkas jumbo atau side by side.

Meskipun watt kulkas terbilanng kecil, namun seperti kita ketahui, kulkas dinyalakan selama 24 jam non stop. Karena itu pemakaian daya listrik oleh kulkas pun bisa dikatakan tidaklah sedikit.

Apakah kulkas 2 pintu boros listrik ?

Jika anda bertanya apakah kulkas 2 pintu boros listrik ? maka jawabannya adalah tergantung dari perilaku anda dalam memakai kulkas.

Besarnya energi listrik yang dihabiskan oleh kulkas sangat tergantung dari kinerja mesin pendingin kulkas ketika beroperasi. Semakin sering pendingin kulkas bekerja, maka makin besar pula pemakaian daya listrik oleh kulkas.

Kita dapat mensiasati penggunaan kulkas 2 pintu agar bisa lebih hemat listrik. Anda bisa melihat tips hemat listrik saat menggunakan kulkas di bagian akhir artikel ini.

Ini data kulkas 2 pintu berapa watt

Daya listrik atau watt kulkas 2 pintu sangat bervariasi, tergantung dari kapasitas dan dimensi kulkas. Makin besar dimensi ruangan pendingin di dalam kulkas, akan membutuhkan watt yang lebih besar pula.

Berikut ini adalah daftar watt kulkas 2 pintu yang biasa digunakan di Indonesia :

Pos Terkait:  Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku
Tipe KulkasDaya / WattKapasitas
Polytron Belleza Big Volume160 Watt350 L
Polytron Belleza Jumbo115 Watt220 L
Polytron Belleza New115 Watt240 / 220 /210 L
Polytron Metal Door140 Watt210 L
Sharp Inventer SJ-246XI-MK100 Watt187 L
Sharp SJ-246XG-MS100 Watt205 L
Sharp SJ-195MD130 Watt172 L
Sharp SJ-237KIREI III130 Watt237 L
Samsung RT-19M300 Inventer100 Watt203 L
Samsung RT-38K503JS8130 Watt384 L
Samsung RT-62K7011BS150 Watt620 L
Aqua AQR-D25142 Watt203 L
Aqua AQR-D27060 Watt160 L
Aqua AQR-D24060 Watt169 L
Aqua AQR-D275R50 Watt220 L

Terlihat dari contoh daftar watt kulkas diatas, ternyata besar daya listrik yang dibutuhkan oleh kulkas tidak terlalu tinggi. Bahkan jauh lebih rendah dari kebutuhan daya listrik setrika atau mesin penanak nasi.

Baca Juga : Perlukan stabilizer untuk kulkas ?

Tips agar kulkas 2 pintu hemat listrik

Seperti yang terlihat pada tabel diatas, rata rata kebutuhan daya listrik kulkas 2 pintu adalah sekitar 60 watt sampai 150 watt saja.

Meskipun daya listrik kulkas 2 pintu terbilang kecil, namun karena kulkas beroperasi selama 24 jam penuh, maka cukup membuat tagihan anda listrik melonjak.

Pos Terkait:  Gambar Skema Kulkas 1 Pintu

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar konsumsi daya listrik oleh kulkas bisa lebih hemat :

1. Isi kulkas jangan terlalu banyak

Mengisi kulkas dengan berbagai macam makanan dan minuman yang melebihi kapasitas maksimum kulkas, akan membuat kompresor kulkas bekerja dalam waktu yang lebih lama. Kondisi ini tentu saja akan berdampak pada kebutuhan daya listrik yang makin besar.

Sebaiknya anda hanya memasukkan makanan dan minuman secukupnya saja untuk mengurangi beban kerja kulkas. Sehingga pemakaian daya listrik dapat lebih hemat.

Mengisi kulkas 2 pintu

2. Jangan memasukkan makanan panas

Jika anda memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas, maka akan berakibat suhu di dalam kulkas meningkat secara drastis. Peningkatan suhu kulkas ini direspon oleh mesin pendingin kulkas agar bekerja lebih maksimal.

Akibatnya tentu saja penggunaan energi listrik rumah anda makin besar.

Jika anda ingin menyimpan makanan atau minuman yang masih panas, baiknya diamkan dulu hingga lebih dingin. Agar hawa panas dari makanan tersebut tidak mempengaruhi suhu kulkas.

Baca Juga : Penjelasan cara kerja kulkas 2 pintu

3. Tidak sering buka tutup kulkas

Terlalu sering membuka dan menutup kulkas akan berakibat suhu di dalam kulkas menjadi tidak stabil. Suhu kulkas akan meningkat dengan cepat saat anda membuka pintu kulkas. Sehingga kompresor kulkas akan terus terusan bekerja menstabilkan suhu kulkas.

Baiknya anda lebih bijak dalam menggunakan kulkas dengan tidak sering membuka dan menutup pintu kulkas.

4. Pilih kulkas dengan teknologi inverter

Teknologi inverter yang ditanamkan pada sistem pendingin kulkas dipercaya mampu menghemat pemakaian daya listrik oleh kulkas. Dengan teknologi ini, kompresor kulkas akan beroperasi lebih efektif dan efisien dalam mendinginkan suhu kulkas.

Hampir semua produsen kulkas telah meluncurkan produk kulkas dengan teknologi inverter. Anda dapat memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian penjelasan tentang kebutuhan daya listrik kulkas 2 pintu. Sekarang anda tidak usah takut tagihan listrik anda naik tajam karena menggunakan kulkas 2 pintu. Apalagi sekarang sudah banyak kulkas dengan teknologi hemat listrik.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *