Cara agar tv jernih dengan antena dalam

10 Cara Agar Tv Jernih Dengan Antena Dalam

Posted on

Banyak orang yang melakukan berbagai cara agar tv jernih dengan antena dalam. Di artikel ini, admin akan merangkum cara cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan daya tangkap antena yang lebih baik, meskipun menggunakan antena dalam atau indoor.

Ada banyak alasan mengapa orang lebih suka menggunakan antena dalam daripada antena luar, walaupun sebenarnya ini akan sangat mempengaruhi penerimaan sinyal tv. Alasan yang paling sering dilontarkan adalah mereka takut antenanya terkena sambaran petir yang dapat merusak televisi mereka.

Selain itu, penggunaan antena indoor juga dirasakan lebih praktis karena tidak perlu susah susah untuk memasang antena pada tiang dan meletakkanya di luar.

Namun, kekurangan yang paling sering terjadi pada penggunaan antena dalam adalah kesulitan untuk menangkap gelombang tv, baik tv analog maupun tv digital. Ini dikarenakan gelombang tv terhalang oleh tembok dan perabotan yang ada di dalam ruangan.

Tips cara agar tv jernih dengan antena dalam

Cara agar tv jernih dengan antena dalam

Bagi yang lokasinya berada di dekat pemancar tv, penggunaan antena dalam bisa dikatakan cukup efektif dan tanpa kendala sinyal, karena kekuatan sinyal dari pemancar tv masih sangat besar. Akan tetapi buat yang jauh dari pemancar tv, seperti di daerah pedesaan, tentunya akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal yang maksimal.

Berikut ini adalah tips dan cara agar tv jernih dengan antena dalam atau antena indoor.

1. Memilih antena berkualitas

Terdapat banyak sekali merk dan jenis antena dalam yang di jual di pasaran saat ini. Mulai dari jenis yang antena teleskopik yang paling sederhana, hingga antena indoor yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal di dalamnya.

Untuk mendapatkan daya tangkap sinyal yang maksimal, sebaiknya Anda memilih antena indoor yang berkualitas baik. Untuk jenis biasa tanpa booster, Anda dapat memilih jenis antena YAGI yang di desain dengan benar dan memiliki banyak elemen.

Pos Terkait:  Cara Setting TV Digital Polytron Led 32 inch

Dengan desain antena yang tepat, penguatan sinyal yang dilakukan oleh antena dapat maksimal. Sehingga sinyal kecil dari pemancar dapat diterima dengan baik.

Solusi lainnya adalah, Anda dapat memilih jenis antena digital indoor yang sudah dilengkapi dengan booster. Bentuk antena seperti ini biasanya berupa kotak dan dilengkapi dengan adaptor sebagai sumber daya boosternya.

2. Cek kondisi antena

Jika Anda sudah terlanjur memiliki antena dalam biasa yang tidak dilengkapi degan booster, Anda coba mengecek kondisi antena. Perhatikan bentuk dan elemen antena yang biasanya terbuat dari logam alumunium.

Bersihkan elemen antena dari kotoran atau karat yang menempel. Gunakan amplas halus jika perlu untuk membersihkan elemen alumunium antena.

Perbaiki pula bentuk antena dengan benar. Karena bentuk antena telah didesain oleh pabrik pembuatnya agar antena mempunyai daya penerimaan yang baik.

3. Cek sambungan konektor

Tips selanjutnya cara agar tv jernih dengan antena dalam adalah mengecek semua bagian antena.

Jangan lupa Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan sambungan kabel ke konektor antena atau jek antena. Jika mendapati terminal sambungan telah berkarat, maka sebaiknya dibersihkan menggunakan amplas.

Periksa sambungan kabel antena di dalan jek antena, apakah masih kuat atau sudah longgar. Pastikan tidak ada hubungan singkat pada kabel antena antara kabel tunggal dan kabel serabutnya.

4. Cara arah yang tepat

Jenis antena dalam atau indoor yang bagus
Antena indoor

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan penangkapan sinyal tv yang bagus adalah mengarahkan antena dengan benar. Ini berlaku untuk antena indoor maupun outdoor atau antena luar ruangan.

Antena yang dipakai oleh kebanyakan pengguna televisi analog dan tv digital biasanya termasuk ke dalam jenis antena pengarah. Dimana, penerimaan sinyal yang baik hanya berasal dari satu arah saja.

Karena itu, agar mendapatkan kekuatan sinyal yang maksimal, Anda harus mengarahkan antena ke arah tertentu, biasanya ke posisi letak pemancar tv. Dengan begitu, antena dapat menangkap gelombang RF yang dipancarkan oleh pemancar tv dengan cukup baik.

Untuk tiap daerah dan lokasi berbeda beda arah antenanya. Jadi Anda harus bisa mencari posisi arah yang tepat untuk antena dalam yang Anda gunakan.

Pos Terkait:  5 Langkah Cara Menambah Saluran TV Digital Samsung

5. Letakkan antena lebih tinggi

Untuk siaran tv terrestrial, semakin tinggi letak antena penerima maka biasanya akan mendapatkan daya tangkap yang makin baik. Karena itu, sebaiknya Anda memposisikan antena tv indoor pada tempat yang lebih tinggi.

Beberapa orang memasang antena dalam di atas plafon rumah atau di bawah genteng. Umumnya ini akan dapat memaksimalkan daya tangkap antena terhadap sinyal tv yang lemah.

6. Lapisi antena dengan alumunium foil

Jika antena dalam yang Anda gunakan jenis teleskopik atau buka dari jenis antena yang mempunyai banyak elemen, cara agar tv jernih dengan antena dalam bisa dilakukan dengan melapisi antena menggunakan lembaran alumunium foil.

Denggan melapisi antena tv dalam menggunakan lemmbaran alumunium foil dapat meningkatkan data terima sinyal menjadi lebih besar. Selain itu, cara ini pun dipercaya dapat mengatasi antena dari gangguan intervensi gelombangn yang tidak diinginkan.

Jika antena dalam yang Anda gunakan dari jenis antena YAGI, Anda bisa menambahkan beberapa elemen tambahan, seperti reflektor untuk memperkuat penerimaan antena. Anda bisa memanfaatkan barang barang dari logam yang berbentuk piringan untuk digunakan sebagai reflektor tambahan.

melapisi antena indooor

7. Letakkan dekat jendela

Menggunakan antena dalam untuk menerima siaran tv sebenarnya tidak disarankan, kecuali lokasi rumah Anda dekat dengan pemancar tv. Hal ini karena gelombang tv yang dipnacarkan oleh pemancar akan mengalami banyak halangan untuk sampai dan diterima oleh antena tv Anda.

Dinding tembok dan peralatan lain yang ada di ruangan Anda cukup merugikan bagi penerimaan sinyal tv. Apalagi jika posisi antena jauh dari jendela, hambatan transmisi gelombvang tentunya akan semakin besar.

Karena itu, sebaiknya Anda meletakkan antena tv indoor dekat dengan jendela agar sinyal dapat dengan mudah sampai ke antena tv Anda. Bahkan kalau memungkinkan, ada baiknya Anda meletakkan antena di luar jendela namun tidak terlalu tinggi. Cukup berada di luar ruangan saja, antena akan dapat beroperasi lebih maksimal.

8. Jauhkan dari barang logam

Sifat dari gelombang siaran tv adalah sangat mudah dipantulkan oleh benda benda yang terbuat dari logam. Karena itu, tidak heran jika Anda tv Anda kesulitan untuk mendapatkan siaran tv yang disebabkan oleh sinyal yang terhalang benda benda logam.

Pos Terkait:  Cara Mencari Channel TV Digital Yang Mudah

Jadi, sebaiknya Anda menjauhkan antena dalam tv Anda dari benda benda yang terbuat dari logam. Cari posisi yang pas untuk mendapatkan area sinyal yang bagus.

9. Pakai booster

Jika semua tips diatas sudah Anda lakukan namun gambar tv tetap tidak jernih atau buram karena sinyal tv yang lemah, coba Anda lakukan cara agar tv jernih dengan antena dalam menggunakan booster.

Booster merupakan alat tambahan yang berfungsi sebagai penguat sinyal RF televisi, baik tv digital maupun tv analog. Dengan alat ini sinyal tv yang lemah akan diperkuat hingga beberapa kali sehingga tv Anda gambarnya jernih.

Cara lainnya adalah Anda bisa membeli antena indoor / outdor yang sudah dilengkapi dengan booster di dalamnya. Saat ini sudah banyak antena jenis ini yang dijual dengan harga sekitar Rp.120 ribu hingga Rp.200 ribu.

Review kekurangan antena toyosaki aio 220
Antena indoor + booster

Dengan antena yang sudah built-in booster, daya penerimaan tv menjadi lebih baik, sehingga saluran atau channel tv yang diterima semakin banyak.

10. Pasang di luar

Nah, bisanya dengan cara dan tips diatas yang sudah admin jelaskan, tv Anda akan lebih biak dalam menerima sinyal. Namun, jika semua cara sudah dilakukan dengan benar dan hasilnya tetap saja, maka terpaksa Anda harus menggunakan antena luar atau outdoor.

Ini biasanya disebabkan karena lokasi Anda jauh sekali dari pemancar tv, sehingga sinyal yang sampai ke lokasi Anda sudah sangat lemah. Jika Anda menggunakan antena luar ruangan, umumnya daya tangkap antena akan lebih baik, apalagi jika ditambah booster.

Penyebab gambar tv tidak jernih dengan antena dalam

Sebagai bahan referensi pengetahuan Anda, berikut ini adalah beberapa penyebab gambar tv tidak jenih ketika menggunakan antena dalam :

  • Lokasi Anda jauh dari pemancar tv
  • Kualitas antena kurang baik
  • Banyak perabotan rumah tangga di sekitar antena
  • Lokasi anda di area gedung dan bangunan tinggi
  • Arah antena kurang tepat
  • Instalasi antena tidak benar
  • Antena tidak memakai booster

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tv kurang jernih ketika memakai antena dalam atau indoor. Silahkan anda mencaba cara agar tv jernih dengan antena dalam, karena bebeberapa orang telah berhasil dengan tips diatas. Selamat mencoba.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *