Antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan

10 Antena Tv Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

Posted on

Memilih antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan dan jauh dari pemancar tv tidak bisa asal sembarang antena saja. Diperlukan antena yang memiliki gain atau daya penguatan sinyal yang tinggi agar dapat meningkatkan sinyal tv yang lemah.

Kesulitan mendapatkan sinyal tv, baik tv digital maupun analog seringkali dialami oleh mereka yang berlokasi di daerah pegungungan. Hal ini biasanya disebakan karena kontur dataran pegunungan yang berbukit bukit dan ditumbuhi oleh pepohonan yang tinggi dan besar.

Akibatnya adalah sinyal tv dari pemancar akan terhalang oleh bukit atau pepohonan yang ada di daerah sekitar pegunungan. Karena itu, ketika memasang antena tv tidak semudah seperti di daerah dataran rendah.

Selain faktor alam yang berbukit bukit, letak lokasi pemancar yang jauh dari daerah Anda pun bisa menjadi penyebab tv Anda kesulitan untuk menerima siaran tv.

Cara memilih antena tv yang bagus untuk daerah pengunungan

Antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan

Karena memiliki karakteristik dataran dan alam yang tidak sama dengan daerah di perkotaan atau dataran rendah, bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan mesti memilih antena tv yang cocok untuk daerah Anda.

Berikut ini adalah ciri ciri antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan :

1. Jenis antena yagi dengan banyak elemen

Antena YAGI merupakan jenis antena penerima sinyal tv analog dan digital yang banyak dipakai oleh orang. Hal ini dikarena sifat dari antena ini yang satu arah sehingga bisa maksimal menguatkan sinyal tv yang diterimanya.

Pos Terkait:  Ukuran TV 42 inch Berapa cm ?

Ciri antena YAGI paling umum terdiri dari beberapa elemen antena, yaitu director, driver dan reflektor. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya Anda memilih antena YAGI dengan jumlah elemen antena director yang banyak. Karena ini akan memberikan daya penguatan sinyal yang baik.

elemen antena

2. Elemen alumunium tebal dan berkualitas

Logam alumunium merupakan jenis logam yang umum digunakan untuk membuat antena penerima. Selain ringan, alumunium memililki karakteristik yang baik sebagai konduktor sinyal RF.

Anda sebaiknya memilih antena tv yang terbuat dari bahan alumunium dengan kualitas yang bagus. Pilihlah alumunium yang tebal dan tidak mudah karat sehingga bisa bertahan lama.

3. Pilih jenis antena outdoor

Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan atau bukit, jangan menggunakan jenis antena dalam atau antena indoor karena akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal tv. Pilih antena outdoor untuk mendapatkan hasil penerimaan sinyal tv yang maksimal.

4. Dilengkapi booster

Untuk daerah yang sangat sulit sekali mendapatkan sinyal, sebaiknya pilih antena yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal.

Ada beberapa jenis antena tv yang sudah built-in booster didalamnya, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli booster tambahan.

5. Memasang antena lebih tinggi

Untuk mengatasi kendala kesulitan menerima sinyal bagi Anda yang berada di daerah pegunungan, perlu memasang antena menggunakan tiang yang tinggi. Karena semakin tinggi posisi pemasangan antena tv, akan semakin mudah untuk menerima gelombang tv.

Antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa ciri antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan, sekarang saatnya Anda menyimak informasi beberapa rekomendasi jenis antena yang cocok dipasang di daerah terpencil yang jauh dari pemancar atau daerah pegunungan.

Pos Terkait:  Mengatasi TV Samsung Tidak Dapat Siaran Digital

1. Antena Toyosaki tipe AIO220

Toyosaki merupakan salah satu merk antena tv yang mulai banyak dipakai, terutama oleh pengguna tv digital. Akan tetapi, antena ini tidak hanya digunakan untuk tv digital saja, tv analog pun dapat memakainya.

Antena Toyosak AIO220 beroperasi di frekuensi UHF mulai dari 70MHz hingga 860MHz. Ini sangat cocok dipakai untuk menerima siaran tv UHF yang ada di Indonesia, baik digital atau pun analog.

Hanya saja, sayangnya antena ini tidak memiliki banyak elemen konduktor sebagai penerima sinyal RF tv. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di dalam antena yangberbentuk kotak ini sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal UHF.

Sehingga, meskipun tidak memiliki banyak elemen konduktor penerima sinyal RF, namun daya tangkapnya cukup baik berkat adanya booster tersebut.

Review kekurangan antena toyosaki aio 220

Harga : Rp.135.000

2. Antena Nagoya remot 850

Berikutnya adalah admin merekomendasikan antena Nagoya remot 850 yang dapat berputar 360 derajat. Anda dapat memutar arah antena untuk mendapatkan posisi yang tepat sehingga bisa menerima sinyal dengan maksimal.

Sama seperti antena Toyosaki 220, antena remot ini pun sudah dilengkapi dengan booster sebagai penguat sinyal RF yang diletakkan pada antena.

Harga : Rp.162.000

3. Antena Arashi 1003

Antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan berikutnya adalah Arashi 1003. Selain bisa dipakai untuk dalam ruangan, antena ini pun dapat dipasang di luar ruangan.

Desainnya cukup kuat untuk dipakai di luar ruangan yang panas dan terkena air hujan. Selain itu, antena ini pun sudah built-in booster RF amplifier yang dapat meningkatkan sinyal yang lemah.

Harga : Rp.130.000

4. Antena Intra INT 555DGT

Ini adalah termasuk jenis antena YAGI yang memiliki elemen konduktor penerima sinyal yang lumayan banyak, sehingga dapat meningkatkan gain sinyal.

Kelebihan lainnya dari antena ini adalah bisa diputar menggunakan remot. Ini sangat cocok digunakan untuk daerah pegunungan agar dapat mencari arah antena yang tepat.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode TV Sanyo Terbaru

Harga : Rp.140.000

5. Antena Sanex WA-950TG

Masih dari jenis antena YAGI, rekomendasi selanjutnya adalah antena merk Sanex dengan tipe WA-950TG. Untuk kualitasnya sama seperti jenis antena sebelumnya yang meningkatkan sinyal UHF hingga 15dB.

Teknologi remot untuk memutar arah antena pun disematkan pada antena jenis Sanex ini. Selain itu, antena ini sudah dibekali dengan penguat sinyal yang ada pada bagian atas antena menyatu dengan dinamo.

Harga : Rp.100.000

Antena tv intra

6. Antena PX DA 5120

Ini adalah jenis antena indoor / outdoor yang sudah dilengkapi dengan booster untuk menguatkan sinyal tv UHF. Antena jenis ini bisa dipakai untuk tv digital maupun tv analog.

Dengan kemampuan penguatan sinyal yang dipunyai oleh booster di dalamnya, antena ini nampaknya cocok digunakan untuk daerah yang kesulitan menerima siaran tv, seperti di pegungan atau daerah pelosok terpencil.

Harga : Rp.132.000

7. Antena PF HD-U25

Kalau antena yang satu ini memiliki desain antena YAGI dengan susunan elemen director dan reflektor yang cukup banyak. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya penerimaan sinyal RF pemancar televisi.

Meskipun tidak dilengkapi dengan booster, namun daya penguatan yang bisa dilakukan oleh antena PF ini cukup besar. Untuk hasil yang lebih baik lagi, Anda bisa membeli booster penguat sinyal secara terpisah.

Harga : Rp.165.000

8. Antena AOKI AT3000

Antena AOKI ini seringa digunakan untuk menerima siaran tv digital indoor. Akan tetapi, Anda dapat menggunakan antena ini untuk outdoor agar daya tangkapnya menjadi lebih baik.

Dilengkapi dengan RF amplifier yang tertanan di dalam body antena berbentuk kotak hitam, AOKI AT3000 ini cocok digunakan untuk lokasi yang ada di daerah pegunungan.

Harga : Rp.108.000

Nah, itulah tadi daftar beberapa jenis antena tv yang bagus untuk daerah pegunungan karena dapat mempunyai nilai penguatan atau gain sinyal yang lumayan tinggi. Namun, jangan lupa untuk memasang antena pada tiang yang tinggi agar antena dapat beroperasi lebih bagus.

Semua jenis antena yang bagus diatas bisa Anda dapatkan dengan mudah lewat toko online, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *