Tips cara agar tv jernih tanpa booster

10 Cara Agar Tv Jernih Tanpa Booster, Pengalaman Teknisi

Posted on

Ada beberapa cara agar tv jernih tanpa booster dengan hanya memaksimalkan penggunaan antena tv yang ada di rumah kita saja. Caranya cukup mudah dan bisa dicoba sendiri di rumah.

Meskipun internet saat ini sudah merambah hingga ke pelosok desa, namun nyatanya televisi masih menjadi primadona utama untuk mencari hiburan dan informasi. Setidaknya untuk kalangan emak emak yang sehari hari ada di rumah terus. Televisi tentu menjadi teman yang setia di saat bersantai di tengah tengah pekerjaan rumah.

Namun, terkadang keasyikan menonton tv menjadi terganggu ketika gambar tayangan tv tidak jernih alias buram. Dan salah satu penyebab gambar tv kurang jernih adalah karena sinyal yang ditangkap oleh antena tv sangat lemah.

Solusi yang paling mudah agar tv jernih adalah dengan memakai booster antena. Dengan booster ini, sinyal tv yang diterima oleh antena akan dikuatkan sehingga gambar tv jernih.

Hanya saja, sayangnya harga booster tv tidak murah, apalagi untuk merk yang bagus. Rata rata harga booster antena tv yang berkualitas sekitar Rp.150 ribu hingga Rp.200 ribu.

Karena itu, sebelum Anda membeli booster tv, ada baiknya untuk mencoba tips cara agar tv jernih tanpa booster. Mungkin saja dengan cara yang akan admin jelaskan nanti bisa membuat gambar tv Anda bisa lebih bagus dan jernih.

Cara agar tv jernih tanpa booster

Tips cara agar tv jernih tanpa booster

Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba untuk dilakukan agar tv anda jernih tanpa harus menggunakan booster antena tv.

1. Cek kondisi antena

Antena tv umumnya dipasang di luar ruangan. Bisa di halaman rumah maupun di samping rumah. Hal ini tentu saja akan menyebabkan antena mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan, seperti hujan, panas, lembab dan oksidasi udara.

Akibatnya adalah elemen logam antena menjadi kotor dan tidak jarang terdapat karat di beberapa titik, seperti terminal konektor antena atau di batang elemennya.

Kotoran debu dan karat yang menutupi elemen logam antena outdoor tersebut tentu saja akan menghalangi penerimaan sinyal tv dengan baik. Sinyal yang ditangkap oleh antena menjadi lemah dan akan berakibat gambar tv tidak jernih.

Anda mesti menurunkan antena dan melihat kondisinya. Bersihkan elemen logam antena atau alumunium dari kotoran menggunakan amplas halus.

Lihat juga terminal konektor antena, biasanya kalau sudah digunakan cukup lama akan berkarat. Bersihkan karat pada terminal agar tidak menghalangi jalannya sinyal ke kabel antena.

Pos Terkait:  Daftar Kode Remote TV Unisat

Betulkan struktur bentuk antena seperti saat Anda membelinya. Kencangkan baut atau ikatan elemen antena agar ttidak mudah goyang atau lepas.

2. Cek kondisi kabel antena

Selain mengecek kondisi antena, hal lainnya yang perlu anda lakukan cara agar tv jernih tanpa booster adalah melihat kondisi kabel antena. Perhatikan sambungan kabel yang ada pada terminal konektor antena.

Apabila ditemukan sambungan kabel kuarang kuat atau putus, maka sebaiknya Anda sambung kembali dan pastikan sambungan lebih kuat agar sinyal tv bisa mengalir lebih lancar.

Kabel antena merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh pada transmisi sinyal dari antena ke penerima tv. Kalau kondisi antena kurang baik, maka sinyal yang ditransmisikan menjadi kurang maksimal.

Jika Anda menemukan ada bagian kabel yang putus, ada baiknya Anda menggantinya dengan kabel yang baru saja. Karena menurut pengalaman, menyambung kabel antena yang putus seringkali mengakibatkan penerimaan sinyal tv kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena bertambahnya nilai hambatan pada kabel antena.

Selain itu, kabel antena yang sudah lama pun biasanya akan rapuh di bagian kabel serabutnya. Jika sudah begitu, sebaiknya Anda ganti dengan kabel yang baru saja.

Ada banyak merk kabel antena yang dapat digunakan untuk tv Anda. Namun, sebaiknya Anda memilih kabel antena yang berkualitas baik agar bisa tahan lama dan tidak mudah putus atau rapuh karena udara luar.

Kabel antena yang bagus, biasanya memiliki kabel serabut yang terbuat dari tembaga dan memiliki diameter lebih besar. Selain itu, body kabel pun sedikit lebih besar dari kabel antena biasa.

3. Jauhkan antena dari bangunan dan pohon

Jika Anda mengalami kendala gambar tv tidak jernih, mungkin ada baiknya anda mengecek kondisi lingkungan di sekitar pemasangan antena tv Anda. Lihat, apakah banyak gedung atau pepohonan yang tinggi atau tidak.

Pohon atau gedung yang tinggi seringkali menjadi penyebab penerimaan sinyal tv oleh antena menjadi tidak maksimal. Ini disebakan karena sinyal tv akan terpantul dan terserap oleh bangunan atau pohon yang ada di area sekitar antena.

Buat Anda yang berada di daerah perkotaan yang banyak gedung tinggi, kendala gambar tv tidak jernih sering kali disebabkan karena sinyal tv dari pemancar terhalang oleh bangunan tersebut.

Atau untuk anda yang tinggal di pedesaan dengan banyak pohon atau bukit tinggi pun biasanya mengalami masalah yang sama.

Untuk mengatasinya, Anda mesti mencari posisi yang tepat agar sinyal tv dari pemancar tidak terhalang oleh gedung atau pohon dan bisa sampai ke antena tv dengan baik. Anda terpaksa harus mengubah ubah letak antena untuk mendapatkan titik lokasi pemasangan antena yang tepat.

Pos Terkait:  10 Antena Tv Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

4. Arahkan dengan tepat

Arah antena tv yang tepat

Antena tv outdoor yang biasa dipakai oleh rumah tangga biasanya termasuk ke dalam jenis antena directional atau antena satu arah. Dimana, antena dapat secara maksimal menerima sinyal tv dari satu arah saja.

Karena itu, untuk mendapatkan daya tangkap antena yang bagus, Anda mesti mengarahkan antena ke arah yang tepat. Umumnya Anda harus mengarahkan arah antena ke posisi arah pemancar tv terdekat atau yang hendak dituju.

Nah, dengan begitu, antena akan dapat menerima dan menguatkan sinyal dengan lebih baik. Dan ini akan berdampak pada gambar tv Anda jadi lebih jernih.

Namun, sayangnya, terkadang posisi pemancar tv antara satu dengan yang lainnya tidak sama. Untuk mengatasi ini, Anda bisa memutar mutar arah antena agar mendapatkan posisi arah yang tepat. Sehingga semua channel tv dapat diterima dengan baik.

Solusi lainnya adalah Anda harus mengganti antena yang dapat berputar secara otomatis. Namun tentu saja ada harga mahal yang mesti Anda bayar.

5. Pakai tiang yang tinggi

Tips berikutnya cara agar tv jernih tanpa booster adalah dengan memasang antena menggunakan tiang yang tinggi. Anda bisa menambahkan tiang besi antena atau mengganti tiang bambu dengan yang lebih tinggi.

Karakteristik transmisi sinyal tv terrestrial adalah merambat secara langsung ke antena penerima tv. Sinyal tv akan merambat mengikuti kelengkungan bumi.

Karena itu, sangat penting untuk memasang antena tv setinggi mungkin agar dapat menerima sinyal tv yang dipancarakan oleh pemancar tv. Dengan kata lain, semakin tingi tiang antena tv Anda, maka daya tangkapanya akan semakin baik.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan faktor keselamatan dari bahaya sambaran petir. seperti diketahui, makin tinggi suatu benda maka akan bersiko terkena sambaran petir saat hujan.

Karena itu, jika Anda memutuskan akan menambah tinggi tiang antena tv Anda, maka sebaiknya diberi penangkal petir untuk menghindari bahaya dari sambaran petir.

6. Lapisi dengan alumunium foil

Tips agar tv jernih tanpa booster

Tidak sedikit orang yang berhasil meningkatkan daya penerimaan sinyal tv pada antena dengan cara melapisi antena menggunakan lembaran alumunium foil atau timah. Meskipun sedikit membingungkan, mungkin layak untuk dicoba.

Seperti kita ketahui, alumunium foil adalah lembaran yang pada dasarnya adalah termasuk logam. Dengan melapisi elemen antena menggunakan alumunium foil tersebut permukaan antena semakin luas.

Ini akan berdampak pada daya penerimaan antena yang lebih besar. Makin besar penampang logam, makin besar pula jumlah paparan sinyal tv yang diterimanya.

Menurut Eli Pasternak, seorang konsultan teknologi dari luar negeri, penambahan lapisan alumunium foil pada antena akan menambah lebar pita frekuensi menjadi lebih baik. Karena area resonansi sinyal menjadi lebih sempit dan dapat menghalangi sinyal lain yang tidak diinginkan.

Pos Terkait:  Ukuran TV 75 inch Berapa cm ? Segini faktanya !

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencoba tips ini untuk meningkatkan penerimaan radiasi sinyal RF tv yang ada di sekitar antena tv.

7. Jauhkan dari benda logam

Selain gedung dan pepohonan, benda benda yang terbuat dari logam pun dapat mempengaruhi penangkapan sinyal tv. Hal ini dikarenakan gelombang tv akan mudah sekali dibelokkan oleh benda logam tersebut.

Apalagi jika Anda menggunakan antena indoor, dimana di dalam ruangan Anda banyak sekali benda logam di sekitarnya. Kondisi ini akan menyulitkan antena untuk menerima sinyal tv dengan baik.

Karena itu, jika memungkinkan, Anda sebaiknya menjauhkan antena tv dari benda logam yang ada di dekatnya, karena dapat menggangu penerimaan sinyal dengan baik.

8. Gunakan antena tambahan

Cara agar tv jernih tanpa booster

Kalau tips yang satu ini bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan posisi pemancar tv yang berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan pada cara ke empat diatas, salah satu cara agar tv jernih tanpa booster adalah dengan mengarahkan antena ke posisi areah pemancar tv.

Namun masalahnya adalah terkadang letak pemancar tv yang satu dengan yang lainnya berbeda lokasi. Akibatnya, jika kita mengarahkan antena pada satu arah pemancar tv tertentu, maka channel tv yang letak pemancarnya di arah yang lain biasanya akan buram gambarnya.

Solusi permasalahan ini adalah dengan menggunakan antena tambahan, bisa dua atau lebih. Namun tentunya solusi ini akan membutuhkan biaya tambahan untuk membeli antena baru yang lainnya.

Namun hasilnya, semua saluran tv gambarnya akan jernih dan anda dapat menikmati tayangan tv favorit dengan nyaman.

9. Buat elemen tambahan

Selain menyelimuti antena dengan lembaran alumunium foil, Anda dapat memberikan elemen tambahan pada antena untuk mendapatkan penrimaan gelombang yang lebih baik.

Elemen tambahan yang Anda tambahkan bisa pada bagian elemen directional atau pada bagian reflektornya. Biasanya, orang banyak menambahkan bagian reflektor mengguanakan lembaran logam untuk memperkuat daya tangkap antena.

10. Pasang antena di luar

Gambar tv tidak jernih seringkali dikeluhkan oleh orang yang menggunakan antena indoor atau antena dalam ruangan. Terlebih lagi jika posisi Anda jauh dari pemnacar tv, maka sudah pasti akan sulit untuk menerima gelombang tv.

Pemasangan antena di dalam ruangan akan mendapat banyak sekali kekurangan dan gangguan sinyal. Sinyal tv akan sulit sekali menembus tembok dan barang barang perabotan yang ada di ruangan. Akibatnya adalah sinyal yang berhasil diterima oleh antena indoor akan sangat minim.

Karena itu, jika Anda menginginkan tv jernih tanpa booster, maka Anda harus memasang antena di luar ruangan. Anda harus menggunakan antena outdoor, alih alih memakai antena indoor.

Nah, itulah beberapa tips cara agar tv jernih tanpa booster yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Sebagian besar orang berhasil dengan cara yang sudah admin jelaskan ini. Namun, jika sinyal yang diterima tv masih juga minim, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk memakai boooster untuk memaksimalkan penangkapan antena tv.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *