Cara ganti tv analog ke digital

Begini Cara Ganti Tv Analog Ke Digital

Posted on
Cara ganti tv analog ke digital

Panduan lengkap cara ganti tv analog ke digital. teknologi siaran tv digital terbilang masih baru dan sedang di jalankan di Indonesia. Karena itu tidak heran apabila masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mengubah tv analog menjadi tv digital.

Terdapat banyak kelebihan siaran tv digital jika dibandingkan dengan tv analog. Diantaranya adalah gambar dan suara yang dihasilkan oleh siaran tv digital lebih jernih dan lebih tajam. Selain itu, jumlah siaran yang didapatkannya pun bisa lebih banyak.

Bagi Anda yang memiliki televisi yang sudah mendukung siaran digital, Anda sudah bisa langsung melakukan scan siaran digital yang ada di daerah Anda. Dan tv digital Anda pun sudah bisa menerima siaran tv digital dengan mudah.

Apakah tv analog bisa menerima siaran tv digital ?

Namun bagaimana jika tv yang Anda miliki masih berupa tv analog ? Apakah tv analog bisa langsung digunakan untuk menerima siaran digital ?

Jawabannya adalah tidak.

Tv analog membutuhkan alat tambahan yang disebut sebagai set box agar dapat menerima siaran format digital. Sistem format siaran tv digital sangat berbeda dengan tv analog, dimana pada sistem ini sudah menggunakan teknologi kompresi digital dalam mentransmisikan gambar dan suara. Karena itu, tambahan alat berupa set box mutlak diperlukan agar tv analog Anda bisa menerima siaran digital.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode Remote TV Polytron Update

Panduan cara ganti tv analog ke digital

Dengan menggunakan set box, Anda dapat dengan mudah menerima dan melihat tayangan tv digital dengan mudah layaknya Anda memiliki tv digital. Anda tidak perlu mengubah apapun rangkaian atau mesin tv Anda. Cukup dengan membeli beberapa alat tambahan, maka tv analog yang Anda miliki sudah memungkinkan menangkap frekuensi siaran tv digital yang ada di daerah Anda.

Baiklah, admin akan jelaskan langkah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk cara ganti tv analog ke digital. Silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

1. Cek kondisi sinyal siaran tv digital di daerah Anda

Meskipun sudah dicanangkan oleh pemerintah untuk mengganti siaran tv analog ke tv digital, namun nyatanya masih banyak daerah yang belum tercover oleh jangkauan sinyal tv digital. Karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk ganti tv analog ke digital, sebaiknya anda cari informasi lebih dulu, apakah frekuensi siaran tv digital sudah ada di daerah Anda.

Caranya adalah dengan melihat ke tetangga sekitar, apakah sudah ada yang berhasil menangkap frekuenis siaran tv digital atau belum. Jika sudah ada yang berhasil mendapatkan siaran tv digital,berarti di daerah Anda sudah tercover frekuensi tv digital.

Pos Terkait:  5 Cara Pasang Antena Tv Indoor Agar Jernih

Cara lainnya untuk mengecek sinyal tv digital di lokasi Anda adalah dengan menggunakan aplikasi sinyal tv digital. Anda cukup instal aplikasinya dan memasukkan nama daerah Anda, kemudian akan ditampilkan informasi tentang keberadaan sinyal tv digital di sekitar lokasi Anda.

2. Membeli set box

Ganti tv analog ke digital

Apabila di daerah Anda sudah terdapat sinyal siaran tv digital, selanjutnya Anda bisa membeli perangkat set box yang berfungsi untuk menerima dan mengolah frekuensi siaran tv digital agar bisa diterima oleh tv analog Anda.

Ada banyak merk set box yang dijual di pasaran saat ini dengan harga yang barvariasi, mulai dari 150 ribuan hingga 200 ribuan. Secara fitur dan kualitas, rata rata sama saja diantara semua merk set box yang ada. Anda bisa memilih salah satu diantaranya, misalnya set box merk luby atau Matrix Apple.

3. Membeli antena digital

Sebenarnya, antena tv uhf yang Anda gunakan selama ini masih bisa dimanfaatkan untuk menerima frekuensi siaran tv digital. Pasalnya, jenis frekuensi yang dipakai pada siaran tv digital sama saja, yakni jalur frekuensi uhf.

Yang berbeda adalah sistem kompresi sinyal audio visual yang diikut sertakan ke pita frekuensi. Dimana, jenis kompresi audio visual yang ditumpangkan ke frekuensi adalah berupa sinyal digital. Berbeda dengan format analog yang masih berupa sinyal gelombang analog biasa.

Pos Terkait:  Cara Mengukur Inch TV

Apabila lokasi anda berada di daerah yang jauh dari pemancar, admin sarankan untuk mengganti antena uhf Anda dengan antena tv digital yang sudah dilengkapi dengan booster sinyal. Pasalnya, untuk daerah yang letaknya jauh dari pemancar biasanya sinyal yang didapat akan sangat minim, sehingga siaran tv sering terputus putus.

Untuk pemasangan antena tv digital sama saja seperti antena uhf biasa. Anda hanya perlu menguhubungan antena dengan set box menggunakan kabel antena yang biasanya sudah disertakan ke dalam paket pembelian antena tv digital.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang cara ganti tv analog ke digital bagi Anda yang masih menggunakan tv analog biasa. Cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus mengundang teknisi televisi. Semoga membantu.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *