6 Cara Memasang Antena TV Yang Benar

Posted on

Kecerobohan ketika memasang antena tv dapat berakibat penerimaan sinyal frekuensi siaran tv menjadi kurang maksimal. Bahkan bisa saja anda tidak mendapatkan sinyal tv sama sekali.

Terlebih bagi anda yang bertempat di daerah perbukitan atau di area perkotaan yang memiliki banyak gedung bertingkat. Kondisi seperti ini akan menyulitkan untuk menerima sinyal tv dengan baik, jika tidak dilakukan pemasangan antena tv dengan benar.

Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan sebelum memasang antena tv, baik itu tv biasa maupun tv digital yang saat ini sedang marak. Perhatikan beberapa faktor tersebut agar anda berhasil memasang antena dan mendapatkan siaran tv yang diinginkan.

1. Memilih jenis antena tv yang tepat

Faktor pertama yang perlu anda perhatikan agar mendapatkan siaran tv dengan baik adalah memilih jenis antena tv yang sesuai.

Jika anda hendak menerima siaran tv digital, maka anda harus menggunakan antena tv yang khusus dirancang untuk menerima siaran tv digital. Sehingga bila anda memaksakan antena tv biasa untuk menangkap siaran tv digital, maka sinyal frekuensi yang diterima tidak akan maksimal.

Bagi anda yang hanya ingin menangkap frekuensi siaran tv analog, anda tidak perlu menggunakan jenis antena tv digitial karena hanya merupakan pemborosan saja. Perlu anda tahu, harga antena tv digital saat ini masih terbilang lebih mahal dibandingkan dengan antena tv biasa untuk spesifikasi yang sama.

Pos Terkait:  Mengenal Jenis Layar dan Ukuran TV Samsung

Selain harus menggunakan antena yang sesuai dengan tipe frekuensi siaran tv yang mau diterima, anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan jenis antena tv yang berkualitas.

Ada banyak desain dan bentuk antena tv dengan beragam tipe yang dijual. Pilihlah jenis antena tv yang berkualitas baik, misalnya antena tv tipe yagi dengan elemen antena yang banyak. Karena jumlah elemen antena akan berdampak pada gain sinyal yang bisa dilakukan oleh antena.

2. Posisi antena harus tinggi

Gelombang uhf yang digunakan untuk memancarkan siaran tv termasuk ke dalam jenis gelombang direct wave. Jadi posisi pemasangan antena tv anda akan sangat mempengaruhi daya penangkapan sinyal.

Untuk jenis gelombang ini, makin tinggi posisi antena tv akan semakin baik karena meminimalisir gangguan penerimaan gelombang oleh bangunan atau propagasi alam yang berbukit.

Jika memungkinkan, cobalah untuk menggunakan tiang antena tv yang lebih tinggi agar bisa mendapatkan sinyal frekuensi tv dengan maksimal.

Apalagi bila anda tinggal di daerah perbukitan atau pegunungan dengan banyak pepohonan yang tinggi. Pemasangan antena dengan tiang yang tinggi menjadi syarat wajib untuk bisa menerima sinyal tv. Begitu pun buat anda yang tinggal di perkotaan yang memiliki banyak gedung tinggi.

Pos Terkait:  5 Cara Pasang Antena Tv Indoor Agar Jernih

3. Atur arah antena dengan benar

Faktor berikutnya cara memasang antena tv yang harus diperhatikan adalah mengatur arah antena dengan benar. Tidak sedikit orang yang mengabaikan arah antena dengan benar saat memasang antena tv. Akibatnya adalah mereka kesulitan untuk mendapatkan sinyal tv dengan jernih.

Jenis antena tv umumnya memiliki elemen antena yang dinamakan dengan elemen directional. Elemen berfungsi untuk mengarahkan gelombang tv agar dapat dengan mudah diterima oleh elemen driven yang merupakan elemen penerima sinyal tv.

Cara memasang antena tv

Pemasangan antena tv yang benar adalah dengan cara mengarahkan directional antena ke posisi stasiun pemancar tv yang diinginkan.

4. Pakai kabel antena berkualitas

Bagi anda yang ada di daerah dimana sinyal siaran tv masih sangat kuat, pemakaian kabel antena apapun tidak akan mempengaruhi daya penerimaan sinyal tv. Namun buat yang berada jauh dari stasiun pemancar tv, memilih kabel antena tv yang berkualitas menjadi faktor yang dapat menunjang penerimaan sinyal tv dengan baik.

Penggunaan kabel yang berkualitas dengan nilai hambatan yang benar dapat menghantarkan sinyal tv yang ditangkap antena ke televisi dengan maksimal. Umumnya nilai hambatan kabel antena tv yang baik adalah 50 sampai 75 Ohm.

Selain itu, perhatikan juga cara pemasangan kabel antena tv agar tidak korslet atau kendur. Karena akan mempengaruhi daya hantar sinyal siaran tv yang baik.

Pos Terkait:  TV Samsung UA32FH4003R Apakah Sudah Digital ? Ini Jawabannya

5. Jangan pakai antena indoor

Pemakaian antena indoor tv pada dasarnya diperuntukkan untuk anda yang berada didaerah pancaran sinyal tv yang maksimal. Sementara untuk anda yang jauh dari jangkauan pancaran sinyal tv, pemakaian antena tv jenis indoor tidak akan menerima siaran tv dengan baik.

Karena itu, pertimbangkan untuk menggunakan antena outdoor atau antena tv luar agar dapat menerima gelombang frekuensi tv dengan baik.

6. Gunakan booster sinyal tv

Bila kualitas sinyal tv yang anda dapatkan sangat minim, mungkin perlu dipertimbangkan untuk menggunakan booster atau penguat sinyal tv. Ada banyak jenis booster tv yang bisa anda pilih dengan tipe dan kuliatas yang beragam.

Pilihlah booster sinyal tv yang memiliki daya penguatan sinyal tinggi agar mampu meningkatkan level sinyal siran tv yang diterima oleh antena.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika memasang antena tv agar mendapatkan hasil gambar tayangan tv yang jernih. Untuk jenis siaran tv terrestrial baik analog maupun siaran tv digital, letak penerima tv terhadap pemancar siaran tv menjadi faktor yang sangat berpengaruh.

Makin jauh lokasi anda dari posisi pemancar tv, maka kualitas daya tangkap antena tv menjadi berkurang. Apalagi jika letak anda diluar area daya jangkau pancaran sinyal tv.

Menggunakan antena tv parabola merupakan hal bisa anda pikirkan untuk mendapatkan kualitas siaran tv yang bagus. Namun tentu saja akan membutuhkan biaya yang lebih mahal bila dibandingkan menggunakan jenis antena tv biasa.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *