Cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu

Tips Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Posted on

Tips cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu dengan benar. Buat Anda yang mempunyai kulkas 1 pintu, tentu pernah melihat adanya tumpukan lapisan es tebal di dalam kulkas Anda. Tanpa disadari, lapisan bunga es tersebut dapat muncul begitu saja, sehingga tahu-tahu sudah bertumpuk dan sulit untuk dibersihkan.

Keberadaan bunga es yang menumpuk di dalam freezer sangat mengganggu dan merugikan bagi pemilik kulkas 1 pintu, karena dapat mempersempit kapasitas ruang penyimpanan lemari es.

Kemunculan bunga es yang tidak Anda ketahui ini, mungkin mengusik rasa penasaran Anda untuk mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegah bunga es pada kulkas 1 pintu milik Anda ini.

Ini lho, penyebab munculnya bunga es di kulkas 1 pintu

Bunga es pada kulkas

Dirangkum dari berbagai sumber dan penjelasan para teknisi kulkas, terdapat beberapa penyebab yang membuat lemari es 1 pintu Anda muncul bunga es, terutama di bagian freezer.

Perlu Anda ketahui, fenomena kemunculan bunga es pada lemari es ini umumnya hanya terjadi pada jenis kulkas 1 pintu saja. Sedangkan untuk jenis kulkas 2 pintu, jarang megalami kondisi seperti ini.

1. Sering membuka pintu kulkas

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan kulkas 1 pintu Anda muncul bunga es yang menebal adalah karena Anda terlampau sering membuka pintu kulkas.

Kulkas 1 pintu merupakan jenis kulkas yang hanya terdiri dari 1 pintu saja. Karena itu, saat Anda membuka pintu kulkas, maka bagian dalam kulkas akan terbuka semua, termasuk ruangan freezer.

Ketika pintu kulkas dibuka, udara hangat yang berasal dari luar akan masuk ke dalam freezer, sehingga akan menambah volume uap air di dalam freezer. uap air inilah yang lama kelamaan akan membeku dan membentuk lapisan bunga es pada freezer.

2. Memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas

Selain frekuensi buka tutup kulkas yang terlalu sering, memasukkan makanan dan minuman panas pun dapat beresiko untuk membuat munculnya bunga es pada kulkas 1 pintu.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Uap air yang keluar dari makanan panas yang dimasukkan ke dalam kulkas akan menambah kelembaban di dalam kulkas. Meningkatnya kelembaban di dalam kulkas ini berpotensi untuk terbentuknay bunga es yang kian menebal pada kulkas 1 pintu.

3. Membiarkan wadah air terbuka

Sebaiknya Anda tidak membiarkan wadah berisi air dalam kondisi terbuka, karena hal ini dapat menjadi penyebab terbtnuknya bunga es pada ruangan di dalam kulkas Anda.

Uap air yang terbentuk pada cairan dengan wadah yang terbuka tersebut akan menguap dan mengembun menempel di sekitar dinding kulkas. Lama kelamaan, uap air tersebut akan membeku dan menyebabkan terjadinya penumpukan bunga es.

Tidak seperti kulkas 2 pintu yang memiliki sistem defrost, kulkas 1 pintu tidak dilengkapi dengan fitur ini. Sehingga secara umum, kulkas 1 pintu akan sering mengalami fenomena bunga es, khusunya di bagian freezer.

Munculnya bunga es apakah pertanda kulkas rusak ?

Fenomena kemunculan bunga es sebenarnya tidak hanya terjadi pada kulkas 1 pintu saja, akan tetapi kulkas 2 pintu dan peralatan mesin pendingin lainnya pun bisa saja mengalaminya.

Hanya saja, keberadaan bunga es pada kulkas 2 pintu tidak terlihat, karena evaporator pada kulkas 2 pintu ini tersembunyi di belakang ruangan freezer. Sehingga kita tidak dapat melihat penumpukan bunga es seperti pada kulkas 1 pintu.

Karena kulkas 2 pintu umumnya sudah dilengkapi dengan dilengkapi dengan sistem defrost atau no frost, maka kemunculan bunga es di sekitar evaporator akan cepat diatas.

Jadi, pada dasarnya kemunculan bunga es pada kulkas dan semua mesin pendingin adalah hal yang wajar dan bukan menjadi pertanda bahwa kulkas mengalami kerusakan.

Cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu

Nah, setelah Anda mengatahui apa saja penyebab dari munculnya bunga es pada kulkas 1 pintu, berikutnya kita akan melihat bagaimana cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu.

1. Pastikan pintu kulkas tertutup rapat

Saat Anda membuka pintu kulkas, udara hangat yang berasal dari luar akan masuk ke dalam ruangan kulkas. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kelembaban di dalam kulkas.

Tingginya kelembaban tersebut menandakan banyaknya uap air yang terkandung di udara sekitar ruangan bagian dalam kulkas, terutama di freezer.

Saat Anda mengatur suhu kulkas pada level yang sangat dingin, uap air yang ada di dalam kulkas berpotensi akan membentuk bunga es dan menempel di sekitar dinding freezer.

2. Atur peletakan makanan di freezer

Penyebab bunga es pada kulkas

Cara lain mencegah bunga es di kulkas 1 pintu adalah dengan mengatur peletakkan makanan atau minuman yang ada di dalam freezer. Susun makanan dan minuman tersebut agar tidak saling bertumpuk dan berantakan.

Pos Terkait:  Kulkas Tidak Bunyi, Ini Dia Penyebabnya

Dengan susunan yang rapi ini akan memudahkan kita untuk mengambil barang yang dibutuhkan saat membuka kulkas. Sehingga kita tidak berlama lama membuka pintu kulkas yang dapat menyebabkan uap air dari luar banyak yang masuk.

3. Perhatikan kapasitas freezer

Bunga es di kulkas 1 pintu dapat dengan mudah terbentuk ketika Anda mengisi freezer terlalu penuh. Jadi, sebaiknya Anda menyisakan sedikit ruangan di dalam freezer alih alih mengisinya hingga penuh.

4. Jangan memasukkan makanan panas

Jangan pernah memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Karena hal ini dapat menyebabkan kelembaban di dalam kulkas akan meningkat.

Jika Anda mempunyai makanan atau minuman yang masih panas dan ingin dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya tunggu hingga suhunya dingin terlebih dulu, baru kemudian dimasukkan ke kulkas.

5. Mengeringkan makanan

Cara lain untuk mencegah bunga es di kulkas 1 pintu adalah dengan mengeringkan makanan terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Mungkin Anda pernah membeli makanan atau minuman beku dari luar yang baru di keluarkan dari mesin freezer toko kelontong. Saat Anda membawa makanan atau minuman beku tersebut ke rumah, lama kelamaan tentu saja akan mencair dan muncul tetesan dari uap air di sekitar pembungkusnya.

Jika Anda hendak memasukkan makanan atau minuman tersebut ke dalam lemari es Anda, sebaiknya Anda keringkan dulu pembungkusnya dari tetesan uap air sampai bersih.

6. Menutup wadah makanan

Makanan atau minuman yang Anda simpan di dalam kulkas sebaiknya menggunakan wadah yang tepat dan dapat tertutup dengan rapat. Usahakan agar jangan sampai terlampau banyak ruangan pada wadah yang mendapat akses ke udara.

Selain itu, pastikan wadah penyimpan makanan dan minuman dapat tertutup dengan rapat. Selain untuk menghindari kontak dengan bakteri pembusuk, juga untuk mencegah munculnya bunga es.

Dampak buruk bunga es pada kulkas

Meskipun munculnya bunga es pada kulkas 1 pintu merupakan hal yang wajar, akan tetapi kondisi ini bukannya tidak berdampak buruk. Jika Anda membiarkan bunga es bertumpuk terus menerus di kulkas, maka dapat menyebabkan hal hal negatif berikut ini :

1. Kapasitas ruang penyimpanan berkurang

Ketika bunga es mulai muncul pada kulkas dan Anda tidak ada rencana untuk segera membersihkannya, maka hal ini akan berdampak kurang baik bagi kinerja kulkas.

Efek kurang menguntungkan kehadiran bunga es pada kulkas ini yang pertama adalah kapasitas ruang penyimpanan kulkas menjadi semakin berkurang alisa sempit.

Ruangan di freezer kulkas akan disesakki oleh keberadaan lapisan tebal bunga es dan tidak jarang akan menylitkan Anda ketika hendak mengambil barang di dalam kulkas.

Pos Terkait:  Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

2. Sulit menata barang

Penumpukan bunga es pada lemari es yang terlampau parah akan menyebabkan Anda akan mengalami kesulitan untuk menata dan mengorganisir barang yang dimasukkan ke dalam kulkas.

Hal ini tentu saja akan membuat Anda akan kesulitan ketika akan mencari dan mengambil barang yang disimpan di dalam kulkas.

3. Makanan menjadi lebih cepat busuk

Dampak buruk berikutnya akibat dari penumpukan bunga es pada kulkas adalah membuat makanan yang Anda simpan di kulkas menjadi cepat busuk.

Penumpukan bunga es yang tebal pada freezer akan menutupi selang atau saluran udara dingin dari freezer ke dalam kulkas. Kondisi ini menyebabkan suhu dingin tidak tersalurkan secara optimal ke ruangan kulkas.

Akibat kurang dingin yang maksimal inilah yang bisa menyebabkan bakteri pembusuk cepat berkembang, sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan menadi lebih cepat busuk.

Cara membersihkan bunga es di kulkas 1 pintu

Cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu

Jika bunga es sudah terlanjur muncul dan meumpuk di kulkas 1 pintu Anda, sebaiknya Anda segera membersihkannya agar kulkas Anda dapat kembali bekerja dengan optimal.

Berikut ini adalah cara cara untuk membersihkan bunga es di kulkas 1 pintu.

1. Cabut stop kontak

Cara pertama paling mudah untuk membersihkan bunga es pada kulkas adalah dengan mencabut stop kontak atau colokan kulkas. Dengan begitu, maka kulkas akan berhenti bekerja dan lama kelamaan bunga es yang ada di dalam kulkas akan mencair.

Setelah bunga es mencair secara keseluruhan, baru kemudian kita mulai bisa mengelap rak, wadah atau dinding bagian dalam kulkas dengan lap kering.

Akan tetapi, cara ini akan membutuhkan waktu yang lama, karena Anda mesti menunggu hingga tumpukan bunga es mencair sendiri.

2. Kompress dengan kain

Cara kedua ini mungkin agak terdengar aneh dan jarang dilakukan. Caranya adalah dengan mengompress bunga es menggunakan kain atau lap kanebo yang biasa untuk mencuci motor.

Caranya cukup mudah dan sederhana, Anda hanya meletakkan kain atau lap kanebo ke bunga es dan tunggu hingga kain tersebut menyerap air dari bunga es tersebut. Selanjutnya, peras kain untuk membuang air yang telah diserapnya. Lakukan hal ini berulang ulang hingga bunga es menghilang.

Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mencabut stop kontak atau colokan kulkas dari sumber listriknya.

3. Bersihkan pakai air hangat

Cara membersihkan bunga es di kulaks 1 pintu yang terakhir ini terbilang cukup cepat. Namun, Anda harus berhati hati ketika melakukannya. Berikut ini adalah caranya :

  • Pertama, siapkan terlabih dahulu air panas.
  • Cabut atau matikan kulkas dengan melepas colokan dari sumber listriknya.
  • Keluarkan semua barang barang yang ada di dalam kulkas.
  • Siapkan wadah penampung air di bawah kulkas.
  • Lalu siramkan air panas ke tumpukan bunga es yang ada di dalam kulkas secara perlahan dan hati hati.
  • Bunga es yang terkena siraman air panas, secara perlahan akan mencair.
  • Lakukan demikan sehingga semua bunga es hilang dan kulkas jadi bersih dari bunga es.
  • Selesai

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu. Cukup mudah dan Anda tentunya bisa melakukannya sendiri.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *