cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa Agar Jernih

Posted on
cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa

Tips cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa agar gambar jernih. Tahapan untuk menonaktifkan siaran tv analog dan menggantinya dengan siaran tv digital sudah mulai di lakukan oleh pemerintah.

Perubahan tv analog ke tv digital akan berlangsung selama tiga tahapan hingga akhir tahun 2022. Diharapkan ditahun mendatang, seluruh siaran tv yang ada di Indonesia sudah mengadopsi teknologi siaran tv digital.

Terdapat banyak perbedaan tv analog dan digital yang harus Anda ketahui. Dari sisi kenyamanan pengguna, siaran tv digital memang memberikan kelebihan yang berarti terutama dari tampilan gambar siaran tv yang jauh lebih jernih dan stabil. Karena itu, pemerintah menghimbau masyarakat agar segera berlaih ke siaran tv digital secepatnya.

Apakah tv digital bisa menggunakan antena biasa ?

Teknologi siaran tv digital merupakan hal yang baru bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Karena itu masih banyak yang tidak mengenal siaran tv digital dan seluk beluk cara mendapatkan siaran tv digital. Terutama buat mereka yang masih menggunakan tv model tabung.

Pos Terkait:  Cara Setting TV Digital Polytron Led 32 inch

Peralihan teknologi siaran tv dari analog ke digital sebenarnya hanya terjadi pada sistem kompresi transmisi konten siarannya saja yang berupa sinyal digital. Sementara frekuensi pembawa siaran digital masih tetap berada di spketrum frekuensi UHF.

Karena itu, untuk mendapatkan siaran tv digital masih bisa dilakukan dengan menggunakan antena UHF biasa seperti yang sering dipakai sebelumnya.

Jadi, buat Anda yang sudah menggunakan antena UHF pada dasarnya tidak perlu lagi membeli jenis antena tv lainnya, dengan catatan antena yang Anda gunakan mempunyai kualitas yang baik.

Seperti apa antena UHF yang berkualitas baik ? Berikut ini adalah diantara ciri ciri antena UHF yang memiliki kualitas baik untuk menrima siaran tv digital :

  • Memiliki tingkat gain sinyal tinggi
  • Elemen antena masih lengkap
  • Sambungan dan konektor masih terpasang dengan baik
  • Dilengkapi dengan booster tv penguat sinyal
  • Pengarahan antena masih berjalan dengan baik
  • Ketinggian antena yang cukup

Bagaimana cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa ?

Berikut ini adalah panduan agar Anda bisa mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa :

1. Cek jangakaun sinyal digital di kota Anda

Agar bisa menerima sinyal tv digital, Anda harus memeriksa lebih dulu apakah daerah Anda sudah ter-cover oleh siaran tv digital. Caranya adalah dengan mencari informasi daerah mana saja yang sudah dijangkau oleh siaran tv digital lewat situs resmi Kominfo.

Pos Terkait:  Cara Mencari Sinyal TV Digital

Selain itu, Anda juga bisa mendownload aplikasi Sinyal TV Digital di Play Store untuk mengecek jangkauan siaran tv digital yang ada di lokasi Anda.

2. Pastikan kondisi antena dan sambungan kabel antena masih baik

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya Anda memastikan kondisi antena tv yang Anda gunakan serta mengecek kondisi kabel antena dan konektornya. Pastikan konektor antena masih terpasang dengan baik dan terhindar dari karat.

Sebaiknya, gunakan antena UHF biasa yang bermutu baik untuk mendapatkan daya tangkap sinyal digital yangf maksimal. Anda juga bisa menambahkan bosster penguat sinyal untuk mendapaytkan penguatan sinyal yang besar.

3. Membeli set top box (STB)

Jika televisi di rumah Anda belum mendukung siaran digital, maka Anda perlu membeli perangkat tambahan yang bernama set top box atau STB yang berguna untk menerima frekuensi siaran tv digital. Televisi yang belum support siaran digital biasanya dari jenis tv tabung atau tv lcd / led model lama.

Untuk mendapatkan set top box Anda dapat membelinya di toko online atau toko elektronika terdekat di kota Anda. Pastikan untuk membeli stb yang berkualitas agar awet digunakan dalam waktu yang lama.

Pos Terkait:  TV Samsung UA32FH4003R Apakah Sudah Digital ? Ini Jawabannya

4. Mengarahkan antena dengan tepat

Setalah televisi, antena dan set top box tersambung dengan benar selanjutnya Anda perlu mengarahkan posisi antena ke arah yang tepat. Anda mesti mengarahkan antena ke lokasi pemancar televisi di daerah Anda.

Arah antena untuk tiap daerah dan lokasi tidak selalu sama. Anda perlu mencari posisi arah antena yang tepat agar bisa mendapatkan sinyal siaran tv digital yang stabil.

Cara memasang antena tv

5. Mulai setting set top box

Langkah terakhir cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa adalah mengatur settingan di set top box agar bisa menerima siaran tv digital.

  1. Jika stb dan tv sudah terhubung, nyalakan keduanya.
  2. Tekan tombol AV pada remote tv untuk menampilkan menu set top box.
  3. Tekan tombol Menu pada remot STB.
  4. Pilih menu Saluran DTV.
  5. Pilih scan Otomatis untuk mencari frekuensi siaran tv digital.
  6. Tunggu beberapa saat hingga set top box mendapatkan siaran tv.

Bagi Anda yang menggunakan tv yang sudah mendukung siaran digital, dapat langsung mengakses menu pengaturan siaran tv digital (DTV) untuk melakukan pencarian otomatis frekuensi digital.

Itulah informasi tentang cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa agar bisa dierima dengan jernih. Mudah , bukan ? Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk terus menyimak artikel tentang tv digital lainnya di ruangteknisi.com.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *