6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Posted on

Ternyata cukup membingungkan ketika menemukan kerusakan kulkas tidak dingin bagian bawah, sementara pada bagian atas kulkas atau freezer memiliki suhu dingin yang normal. Bahkan di bagian freezer masih bisa digunakan untuk membuat es batu.

Gejala kerusakan kulkas seperti ini dapat terjadi pada kulkas 2 pintu maupun kulkas 1 pintu dengan merk apapun. Apakah itu kulkas merk Sharp, Polytron, Panasonic, Aqua atau kulkas Samsung bisa juga mengalami kendala yang sama. Dimana suhu bagian bawah kulkas tidak dingin.

Jika kulkas anda mengalami kendala seperti ini, sebaiknya ketahui faktor penyebab suhu bagian bawah kulkas tidak dingin atau dinginnya kurang maksimal. Sehingga anda dapat mengatasinya sendiri tanpa perlu bantuan teknisi.

Kulkas tidak dingin bagian bawah

Faktor Penyebab kulkas tidak dingin bagian bawah

Pada dasarnya, ruang bagian bawah kulkas tidak memiliki evaporator yang merupakan penghasil suhu dingin di dalam kulkas. Ruang bagian bawah kulkas mendapatkan suhu dingin berasal dari freezer yang ada di bagian atasnya melalui ventilasi atau hembusan kipas evaporator.

Apabila aliran udara dingin dari freezer ke ruang bagian bawah kulkas terganggu, maka bisa menyebabkan kulkas tidak dingin bagian bawah.

Selain karena aliran udara dari freezer terganggu, ada beberapa faktor lain yang dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin di rak atau ruang bagian bawahnya.

1. Freezer penuh dengan bunga es

Ruangan kulkas bagian atas yang biasa kita sebut sebagai freezer merupakan ruangan yang memiliki suhu paling dingin. Karena di dalam freezer terdapat evaporator yang menjadi komponen utama untuk menciptakan suhu dingin pada kulkas. Karena itu freezer biasanya digunakan khusus untuk membuat es batu atau membekukan daging.

Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Akibat suhu yang sangat dingin di dalam freezer, tidak jarang terbentuk lapisan es yang biasa disebut dengan nama bunga es. Jika dibiarkan saja, bunga es ini makin lama akan menebal dan menutupi seluruh ruangan bagian dalam freezer.

Pada jenis kulkas 2 pintu telah dilengkapi dengan sistem defrost yang berfungsi untuk mencairkan bunga es yang muncul di ruangan freezer sehingga tidak makin menebal.

Namun pada jenis kulkas 1 pintu yang tidak dilengkapi dengan sistem defrost, lapisan bunga es dapat terbentuk menjadi semakin tebal dan akan menutupi lubang ventilasi antara frezeer dan ruang bagian bawah kulkas. akibatnya, bagian bawah kulkas tidak mendapatkan hembusan suhu dingin dari freezer.

Agar ventilasi antara freezer dan bagian bawah kulkas tidak tertutup bunga es, anda perlu mencairkan lebih dulu lapisan bunga es yang ada di dalam freezer. Caranya adalah dengan menurunkan suhu kulkas hingga ke skala minimal dan tunggu hingga bunga es mencair. Baru kemudian anda bisa mengembalikan lagi suhu kulkas ke pengaturan suhu kulkas yang tepat.

Bunga es pada kulkas

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak bisa buat es

2. Kipas evaporator mati

Kipas evaporator berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator agar mengalir merata ke bagian ruangan kulkas. Dari hembusan kipas evaporator inilah ruangan bawah kulkas mendapatkan udara yang bersuhu dingin.

Jika kipas evaporator tidak berfungsi maka suhu dingin tidak dapat mengalir ke bagian bawah kulkas. Hal ini tentu saja dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin di bagian bawahnya.

Menurut pengalaman, terkadang kerusakan kipas evaporator yang tidak berputar tidak selalu disebabkan oleh motor kipas yang putus atau mati. Kadang juga disebabkan oleh relay switch door yang rusak sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator.

Relay switch door merupakan saklar yang ada pada bagian pintu kulkas. Saat pintu kulkas dibuka, relay akan memutus aliran listrik ke kipas evaporator dan menyalakan lampu kulkas. Sebaliknya, ketika pintu kulkas ditutup, relay akan kembali menghubungkan kipas evaporator dengan aliran listrik dan mematikan lampu kulkas.

Pos Terkait:  7 Penyebab Mengapa Air Kulkas Tidak Dingin ?

Coba anda cek relay switch door untuk melihat kondisinya.

3. Pengatur suhu bagian bawah kulkas rusak

Pada kulkas 2 pintu, ruangan bagian bawah kulkas dan freezer telah memiliki pengatur suhu sendiri secara terpisah. Sehingga kita bisa mengatur suhu ruangan kulkas bagian bawah dengan leluasa.

Yang perlu anda ketahui, pengatur suhu kulkas bagian bawah secara bentuk dan cara kerja sangat berbeda dengan pengatur suhu kulkas pada freezer. Dimana pengatur suhu pada freezer terbuat dari thermostat yang memiliki sensor suhu untuk menjaga agar suhu tetap konstan.

Fungsi dan cara kerja thermostat kulkas sebelumnya telah dibahas pada situs ini.

Pengatur suhu kulkas bagian bawah sebenarnya hanya berupa knop pengatur katup saluran ventilasi. Saluran ventilasi ini merupakan lubang aliran udara dingin dari freezer ke ruang bawah kulkas.

Saat kita memutar pengatur suhu, pada dasarnya kita sedang mengatur besar lubang aliran ventilasi udara dingin. Makin ke kanan putarannya, maka katup lubang ventilasi semakin terbuka lebar.

Kendala kulkas tidak dingin bagian bawah sering kali terjadi ketika katup pengatur suhu ini rusak dan tidak bisa membuka atau saluran ventilasi dari freezer tertutup lapisan es.

Anda perlu memeriksa katup pengatur suhu dan lubang saluran ventilasi udara dingin untuk melihat kondisinya.

Baca Juga : Cara mengatur suhu kulkas

4. Karet pintu kulkas bagian bawah rusak

Di sekeliling pintu kulkas, baik yang atas maupun pintu yang bawah diberi lapisan karet yang berguna untuk memastikan agar pintu kulkas dapat tertutup dengan rapat. Karena jika tidak, maka udara panas dari luar kulkas akan dapat masuk dan menyebabkan suhu kulkas tidak dingin maksimal.

Jika kulkas 2 pintu anda menunjukkan masalah ruang bagian bawah tidak dingin sementara freezer normal, coba cek kondisi karet pelapis pada pintu bagian bawah. Jika kondisinya sudah ada yang putus atau aus, maka perlu diganti dengan yang baru.

Pos Terkait:  Kulkas Tidak Bunyi, Ini Dia Penyebabnya
Karet pelapis pintu kulkas

5. Kulkas sering dibuka

Penyebab kulkas tidak dingin bagian bawah lainnya adalah bisa terjadi karena pintu kulkas sering dibuka dan ditutup. Udara dari luar kulkas yang panas dapat membuat proses pendinginan kulkas menjadi memakan waktu lama.

Saat pertama kali dinyalakan, kulkas membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai titik suhu dingin yang ideal. Waktu tersebut akan lebih lama jika kita sering membuka pintu kulkas.

6. Pintu kulkas bawah tidak menutup rapat

Jika kulkas anda mengalami kendala tidak dingin hanya pada bagian bawah kulkas, perlu dicurigai apakah pintu kulkas telah tertutup dengan rapat atau belum. Coba anda cek sekeliling pintu kulkas, bisa jadi ada sesuatu yang mengganjal sehingga pintu kulkas tidak dapat menutup dengan sempurna.

Baca Juga : Apa itu kulkas inverter ?

Tips agar kulkas tetap dingin

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan agar suhu dingin di dalam kulkas anda dapat bertahan lama. Suhu kulkas yang tahan lama dan konstan secara tidak langsung dapat menghemat pemakaian daya listrik rumah anda.

  • Jangan sering membuka pintu kulkas. Sering membuka pintu kulkas apalagi membiarkan pintu kulkas terbuka dalam waktu lama dapat menyebabkan suhu dingin di dalam kulkas naik secara drastis. Karena itu anda harus lebih bijak dalam menggunakan kulkas.
  • Pastikan pintu kulkas tertutup rapat. Saat menutup pintu kulkas, sebelum pergi anda harus memastikan agar pintu kulkas telah tertutup dengan sempurna. Jika ada celah pada pintu kulkas maka dapat menyebabkan pendinginan kulkas menjadi kurang optimal.
  • Jangan memasukkan makanan panas ke dalam kulkas. Kebiasaan memasukkan makanan yang masih panas langsung ke dalam kulkas bisa merupakan hal yang kurang baik. Karena dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas tidak dingin.
  • Isi kulkas tidak melebihi kapasitasnya. Usahakan anda tidak mengisi kulkas melebihi kapasitas maksimal yang bisa ditampungnya. Karena hal ini akan berdampak pada pendinginan yang tidak maksimum. Anda perlu memikirkan untuk mengganti kulkas dengan kapasitas yang lebih besar lagi jika jumlah barang yang ingin anda masukkan ke kulkas ternyata lebih banyak.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat kulkas tidak dingin bagian bawah. ternyata bukan masalah serius dan anda seharusnya bisa mengatasinya sendiri. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *