Penjelasan Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Posted on

Defrost adalah salah datu komponen yang ada pada kulkas 2 pintu. Komponen ini tidak kita temukan pada kulkas 1 pintu. Fungsi defrost pada kulkas 2 pintu adalah untuk mencegah munculnya bunga es pada freezer box.

Karena itu jarang sekali kita melihat bunga es yang muncul pada box pendingin atau box freezer yang ada di dalam kulkas 2 pintu. Sebaliknya, pada kulkas 1 pintu, kita kerap melihat munculnya bunga es yang menutupi dinding bagian dalam freezer.

Kemunculan bunga es ini tentu saja akan merugikan kita, karena kapasitas penyimpanan freezer akan lebih sempit. Selain itu, lapisan bunga es yang muncul kadang sering menutup lubang freezer sehingga suhu dingin tidak sampai ke ruangan bagian bawah kulkas.

Bagian bagian defrost

Bagian utama defrost atau defrost thermostat adalah berupa sebuah logam bimetal yang mempunyai karakter mudah bereaksi terhadap perubahan suhu. Masing masing ujung dari logam bimetal terhubung ke timer kulkas dan ke elemen heater.

Fungsi defrost pada kulkas

Defrost pada dasarnya seperti sebuah relai atau saklar yang dapat menyambung atau memutuskan aliran listrik. Hanya saja posisi menyambung atau memutus aliran listrik ini dikendalikan oleh suhu. Dimana saat suhu dingin mencapai titik tertentu, maka defrost akan menghubungkan aliran listrik ke heater. Sebaliknya jika suhu meningkat ke titik tertentu maka defrost akan memutus aliran listrik yang menuju ke heater.

Pos Terkait:  Kulkas 2 Pintu Berapa Watt ? Cek Datanya !

Biasanya defrost dipasang di titik terdingin pada evaporator agar dapat bekerja lebih efektif. Defrost akan mendeteksi perubahan suhu yang ada pada evaporator atau freezer box.

Cara kerja Defrost

Logam bimetal pada komponen defrost memiliki sifat mudah melengkung pada suhu dingin. Bimetal sering digunakan pada beragam perangkat elektronika untuk mengendalikan saklar atau relai tegangan, misalnya pada dispenser, rice cooker, magic com dan kulkas.

Saat kondisi suhu evaporator belum mencapai titik rendah tertentu, maka penampang bimetal akan lurus. Kondisi ini menyebabkan bilah konduktor memutuskan hubungan kedua terminal defrost. Akibatnya, aliran listrik tidak akan mengalir ke heater defrost.

Meskipun timer kulkas atau defrost timer telah memindahkan aliran listrik dari kompresor ke heater, namun karena defrost belum on atau aktif maka arus listrik tetap tidak akan bisa mengalir ke heater.

Ketika evaporator suhu evaporator semakin dingin, maka bimetal pada defrost perlahan akan melengkung. Pada saat suhu evaporator mencapai titik dingin tertentu, maka lengkungan bimetal tersebut akan mendorong batang konduktor sehingga menghubungkan kedua terminal defrost.

Baca juga : Ini lho fungsi thermostat kulkas

Selanjutnya arus listrik dapat mengalir ke heater untuk memanaskan freezer box atau evaporator agar tidak terjadi bunga es. Penampang bimetal akan kembali ke kondisi normalnya saat suhu evaporator sudah tidak dingin, dan batang konduktor pun akan memutuskan arus listrik dari timer kulkas atau defrost timer.

Pos Terkait:  Ketahui, Pengaturan Suhu Kulkas Yang Benar
Cara kerja defrost kulkas

Ciri kerusakan defrost

Jika terjadi kerusakan pada defrost, kulkas tidak akan beroperasi dengan normal. Lalu apa saja ciri ciri gejala kerusakan defrost atau thermo defrost ? Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Terbentuk bunga es pada freezer box – Bunga es ini akan muncul dan lama lama makin banyak jika terjadi kerusakan pada defrost. Hal ini disebabkan karena defrost tidak menghubungkan arus listrik ke heater.
  • Terdapat air atau titik es di dalam plastik pembungkus defrost – Kondisi ini dapat menyebabkan korosi pada batang konduktor.
  • Bimetal patah – Meskipun jarang terjadi, logam bimetal dapat mengalami kerusakan patah yang menyebabkan mekanisme relai tidak berfungsi.
  • Terminal defrost berkarat – Umumnya menyebabkan aliran listrik tidak mengalir dengan lancar.

Artikel lain : Penyebab kompresor kulkas panas

Jika terlihat sudah tidak layak pakai, sebaiknya anda harus segera mengganti defrost dengan yang baru agar bunga es tidak terbentuk secara terus menerus. Harga thermo defrost di pasaran umumnya terbilang murah, mulai dari 40 ribu hingga 100 ribu tergantung jenis dan merk nya.

Demikian penjelasan tentang fungsi defrost pada kulkas 2 pintu yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *