Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Review Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Posted on
Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Dalam rentang waktu yang tidak begitu lama, Pabrik smartphone Realme telah meluncurkan beberapa seri gadget terbaru mereka. Tidak kurang dari 4 varian hp seri Narzo terbaru dari Realme ikut memarakkan pasar smartphone 5G di Indonesia, yaitu seri Narzo 50, 50A prime, 50 Pro dan Narzo 50 5G.

Realme Narzo 50 5G merupakan varian paling anyar dari Realme yang bertengger di jajaran Realme Narzo. Dengan beberapa perbaikan dan peningkatan fitur yang berarti, handphone ini berusaha untuk merebut pasar HP yang mengusung teknologi jaringan 5G yang sudah mulai digarap di Indonesia.

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

Buat kalian yang penasaran apa saja sih fitur lengkap yang dimiliki oleh ponsel ini, silahkan lihat informasinya pada tabel di bawah ini :

JaringanGSM / HSPA / LTE / 5G
Tanggal Rilis24 Mei 2022
DesainUkuran : 163.8 x 75.1 x 8.1 mm 
Berat : 190 g
SIM : Hybrid / Nano SIM
Material : Plastik
LayarJenis : IPS LCD, refresh rate 90Hz, kerapatan 600 nits
Ukuran : 6.6 inch
Resolusi : 1080 x 2408 pixels, aspek rasio 20:9
PlatformSistem Operasi : Android 12, Realme UI 3.0
Chipset : MediaTek MT6833P Dimensity 810 (6 nm)
CPU : Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU : Mali-G57 MC2
MemoriInternal : 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM
Eksternal : microSDXC 1TB
Kamera 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
8 MP, f/2.0, 26mm wide (Depan)
Dual-LED flash, HDR, panorama
Video : 1080p@30fps
KonektivitasWLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth : 5.3, A2DP, LE
GPS : A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
USB : Type C 2.0
Sensor Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BateraiLi-Po 5000mAH, non-removable
Fast charging 33W
WarnaHyper Blue, Hyper Black

Cek harga Realme Narzo 50 5G

Kelebihan Realme Narzo 50 5G

  • Desain bentuk terlihat menarik
  • Performa baik untuk aktivitas multitasking dan game ringan
  • Kapasitas baterai besar
Pos Terkait:  Spesifikasi Kelebihan Realme Narzo 50A prime

Kekurangan

  • Tampilan masih perlu ditingkatkan
  • Hasil foto kurang bagus di pencahayaan rendah

Review Narzo 50 5G

Di banding dengan pesaingnya, Realme Narzo 50 5G terlihat lebih baik, terutama di kelas medium. Hadir dengan desain baru yang menawarkan kenyamanan saat digenggam. Namun, dari sisi kinerja, nampaknya bisa dibilang biasa saja, mungkin ini sebanding dengan harga yang ditawarkannya, yang cuma sekitar 3 jutaan saja.

Ponsel pintar ini masih mampu memainkan game ringan dengan lancar serta bisa menjalankan multitasking untuk beberapa aktivitas sekaligus. Sementara dari sisi kamera masih tergolong standar, sih.

Sisi yang patut diacungi jempol dari hp ini ada di bagian baterai yang sudah mengghadirkan ukuran baterai sebesar 5000mAH. Dengan kapasitas sebesar ini tentunya bermanfaat sekali buat kalian yang suka traveling karena tidak direpotkan untuk selalu mengisi ulang handphone ini.

Mau tahu apa saja kelebihan realme narzo 50 5G, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain

Desain Narzo 50 5G terlihat seperti kebanyakan hp di harga medium. Meski covernya terbuat dari bahan plastik, namun kesan kokoh nampak diperlihatkan oleh gadget ini sehingga terkesan hp premium.

Tekstur kevlar gardien dihadirkan pada hp realme seri ini dengan sudut yang melengkung membuatnya nyaman saat dipegang. Sementara itu, lapisan matte dipakai untuk menyembunyikan sensor sidik jari dan untuk mengatasi noda yang muncul pada sensor.

Pemindai sidik jari diletakkan di samping dekat dengan tombol power . Sedangkan pada sisi yang lain terdapat lubang konektor USB type C satu modul dengan speaker dan lubang jack 3.5mm untuk koneksi dengan perangkat earphone atau lainnya.

Desain realme narzo 50 5G

Di sisi punggung smartphone realme Narzo 50 5G terdapat dual kamera utama dengan sensor yang berukuran besar. Bentuk modul kamera yang cukup besar ini mungkin saja sedikit mengganggu bagi sebagian orang.

Layar

Dari sektor tampilan, realme Narzo seri 50 5G ini menyuguhkan resolusi layar FHD dengan ukuran 6.6 inch dan masih mengusung konsep poni layaknya tetesan air yang terdapat di bagian atas layar.

Jenis panel layar yang dihadirkan oleh hp ini adalah IPS LCD sama seperti yang dipakai oleh Narzo 50 4G, akan tetapi dengan kecepatan refresh sebesar 90Hz, alih alih 120Hz seperti pada varian sebelumnya. Sungguh mengherankan.

Pos Terkait:  Cek Perbandingan Realme 9 Vs 9i

Penurunan refresh rate ini memberikan keuntungan bagi masa pakai baterai yang kian panjang. Akan tetapi tidak untuk urusan bermain game, karena untuk mendapatkan gambar yang terlihat mulus dan lancar, point refresh rate yang tinggi mutlak diperlukan.

Buat kalian yang tidak terlalu suka main game, nilai refresh rate layar smartphone ini nampaknya tidak begitu berpengaruh. Karena kalian masih bisa menjalankan aktivitas multitasking lainnya dengan lancar.

Komposisi warna pada layar yang ditawarkan oleh handset ini lumayan baik karena cukup akurat dan detail warna yang terlihat mengesankan. Hal ini tentu saja akan memberikan pengalaman imersif saat menonton konten lewat layar hp ini. Apalagi dengan nilai touch sampling yang dihadirkannya, sebesar 180Hz, membuatnya cukup responsif ketika digunakan.

FYI, ponsel ini sudah ,mendukung sertikat Wideline L1 yang memungkinkan pengunanya dapat menyaksikan konten HD di platform OTT via streaming.

Performa

Performa realme narzo 50 5g

Untuk soal dapur pacu, Realme Narzo 50 5G mempercayakannya pada chipset buatan Mediatex Dimensity 810 SoC. Chipset ini serupa dengan yang dipakai oleh beberapa produk gadget lainnya seperti, Realme 9 5G, Redmi Note 11T, Vivo V21e dan masih banyak smartphone lainnya.

Chip dari Mediatex seri ini dikenal mempunyai performa yang baik digunakan untuk menghandel berbagai aktivitas harian kalian dengan smartphone dan sesekali untuk bermain game.

Saat digunakan untuk bermain game yang ringan, tidak terlihat adanya lag atau patah patah pada penggunaan chip ini. Apalagi kalau untuk menjalankan multitasking, prosesor ini mampu menanganinya dengan baik.

Namun, kalian sepertinya jangan coba coba untuk menjalankan game berat di Narzo 50 5G ini, karena chipset yang diadopsinya belum mampu untuk menanganinya dengan baik. Terlihat adanya penurunan kecepatan dan grafis saat hp ini digunakan untuk memainkan game dengan settingan tinggi. Akan tetapi, ketika setelan diturunkan, game berat masih bisa dijalankan meski dengan kualitas yang kurang diharapkan.

Pos Terkait:  Review Kelebihan Realme GT Neo 3

Memori

Realme Narzo seri 50 5G tersedia dalam dua varian RAM dan memori internal yang berbeda, 4GB/64GB dan 4GB/128GB. Namun kalian masih dapat menyematkan ponsel ini dengan memori eksternal hingga 1TB.

Jika merasa memori RAM masih kurang, kalian bisa menambahnya dengan RAM virtual yang sudah didukung oleh gadget ini. RAM virtual ini diambil dari kapasitas memori internal yang ada di hp.

Ketersediaan fitur RAM virtual ini cukup bermanfaat terutama ketika menangani multitasking beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kamera

Agar terlihat kekinian, smartphone Realme ini melengkapinya dengan dual kamera utama yang terletak di sisi kiri atas cover belakang. Bentuk modul kamera utama ini cukup besar dengan tambahan led flash ganda untuk mendukung pemotretan di kondisi kurang cahaya.

Ukuran kamera utama adalah 48MP dengan bukaan sebesar f/1.8 dan sensor kamera depth berukuran 2MP. Lagi lagi ukuran standar di level medium.

Sementara untuk fitur pemotretan, Reame Narzo telah dilengkapi dengan beberapa mode yang menarik, seperti Nightscape, lowlight, street, portrait dan banyak lagi.

kualitas kamera realme narzo 50 5g

Saat digunakan untuk pengambilan gambar di malam hari atau dengan sedikit cahaya, hasil foto terlihat kurang bagus dengan detail yang kurang tajam. Ini bisa diatasi dengan memakai mode nightscape, namun tentu saja jangan berharap mendapatkan hasil yang maksimal seperti di kondisi cahaya yang memadai.

Sementara itu, disisi kamera selfie, realme Narzo 50 5G menyajikan kamera dengan ukuran 8MP yang disematkan teknologi AI (Artificial Inteligent) untuk meningkatkan hasil foto yang didapatkan.

Baterai

Pada sektor daya, Narzo 50 5G ini membenamkan baterai berukuran jumbo dengan kapasitas sebesar 5000 mAH. Kapasitas yang terbilang besar dan mampu membuat hp standby selama berhari hari. Akan tetapi, saat dipakai untuk streaming atau bermain game, kapasitasnya akan berkurang hingga beberapa jam saja.

Layaknya smartphone 5G lainnya, Narzo 50 5G sudah melengkapi dirinya dengan teknologi pengisian cepat sebesar 33W. Proses pengisian daya dari 0 hingga 50% dapat berlangsung hanya dalam waktu 35 menit saja. Selanjutnya, proses pengisian akan berjalan dengan normal selama beberapa menit hingga baterai mencapai 100% penuh.

Untuk menghemat pemakaian daya, Realme telah membekali produknya ini dengan teknologi power saving yang akan secara otomatis mengalihkan prioritas jaringan. Jadi, ponsel pintar ini tidak akan terus menerus menghubungkan ke jaringan 5G saja jika kekuatannya menurun karena bisa menguras daya dengan cepat. Ponsel akan beralih ke mode jaringan 4G sehingga masa pemakaian baterai bisa lebih tahan lama.

kekurangan realme narzo 50 5g

Platform

Sistem operasi yang didukung oleh realme narzo 50 5G ini adalah Android 12 dengan antar muka realme UI 3.0. Tampilan ini membuatnya terlihat lebih elegan dan bersih. Namun, masih terdapat beberapa blootware yang dibawa oleh ponsel ini yang mungkin saja tidak kalian butuhkan.

Catatan

Banyak yang bilang kalau Realme Narzo 50 5G ini merupakan kembaran dari realme 9 5G dengan sedikit perubahan desain tampilan, karena mempunyai banyak kesamaan di beberapa sektor.

Meski begitu, Narzo 50 5G ini memiliki peningkatan kualitas terutama pada sisi teknologi pengisian cepat yang menggunakan 33W dan ukuran sensor kamera yang digunakan.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *