Kelebihan tv digital

Kekurangan dan Kelebihan TV Digital

Posted on

Mungkin sudah saatnya Anda beralih dari siaran tv analog ke digital, karena banyak kelebihan tv digital dibandingkan dengan siaran tv analog. Salah satu kelebihannya adalah tampilan gambar dan suaran tv digital jauh lebih jernih.

Bukan cuma itu, tv digital mampu menghadirkan gambar siaran tv dengan kualitas HD. Berbeda dengan siaran tv analog yang hanya memiliki resolusi gambar SD.

Bagi Anda yang belum paham, apa itu tv digital dan tv analog, silahkan baca selengkapnya penjelasan berikut ini.

Kelebihan tv digital

Apa itu tv digital dan analog ?

Maksud dari siaran tv digital adalah siaran televisi yang menggunakan sistem kompresi sinyal digital untuk mentransmisikan pesan audio visual. Sementara siaran tv analog, sistem transmisi siaran tv yang digunakan masih berupa sinyal analog.

Kedua jenis sistem tersebut sangat berbeda, baik dari segi cara kerjanya maupun perangkat penyiarannya. Transmisi siaran tv digital menggunakan metode multitasking untuk mengirimkan sinyal sinyal konten siaran.

Karena itu dibutuhkan perangkat dekoder untuk menerima dan mengkode ulang sinyal yang dipancarkan oleh stasiun tv digital. Sementara pada jenis tv analog, perangkat dekoder ini tidak tersedia.

Dengan kata lain, penerima tv analog yang Anda miliki tidak memungkinkan untuk menerima siaran digital secara langsung. Diperlukan perangkat tambahan untuk mengolah sinyal digital. Perangkat tambahan tersebut dikenal dengan nama Set Top Box atau STB.

Pos Terkait:  Kumpulan Persamaan Flyback Tv Semua Merk

Kelebihan tv digital

Setelah Anda tahu apa itu siaran tv digital, selanjutnya Anda mesti tahu apa saja kelebihan tv digital dibandingkan dengan tv analog. Berikut ini adalah ulasannya :

1. Kualitas gambar dan suara lebih jernih

Konten siaran televisi yang ditransmisikan dengan sistem digital sangat minim dari gangguan interfensi gelombang lain sehingga gambar yang dihasilkan akan jauh lebih jernih dan tajam. Apalagi jika televisi Anda sudah mendukung gambar HD, maka gambar siaran tv akan lebih bening.

2. Tersedia lebih banyak channel

Sistem kompresi data yang digunakan pada siaran tv digital memungkinkan untuk memuat lebih banyak data informasi audio visual pada satu spektrum sinyal. Sehingga channel tv yang akan didapat lebih banyak.

3. Bebas dari gambar buram

Pada tv analog sering kali kita mendapati gambar siaran tv buram atau banyak semutnya. Hal ini biasanya terjadi karena penangkapan sinyal televisi yang lemah akibat jauh dari pemancar atau struktur antena yang kurang mendukung.

Pada sistem siaran tv digital, kita tidak akan melihat gambar tv buram karena sinyal lemah. Gambar yang akan tampil pada layar televisi akan selalu stabil dari sisi kejernihannya.

Apabila sinyal digital yang diterima lemah, alih alih menampilkan gambar buram, tv digital akan tetap menampilkan gambar jernih namun dalam kondisi patah patah atau macet.

Kekurangna dan kelebihan tv digital

4. Sinyal lebih stabil

Salah satu kelebihan tv digital lainnya adalah sinyal transmisi yang lebih stabil. Sama seperti sistem analog, untuk mentransmisikan konten siaran, tv digital masih tetap menggunakan frekuensi atau sinyal analog.

Namun, berkat teknologi kompresi data yang ditransminisikan lewat frekuensi analog, siaran tv yang ditampilkan akan lebih terkesan stabil. Gambar yang ditampilkan pada layar monitor tv tidak mengalami perubahan ketajaman.

Pos Terkait:  Ukuran TV 43 inch Berapa cm ? Cek Jawabannya

5. Banyak fitur multimedia

Karena sudah mendukung teknologi digital, siaran tv digital dilengkapi dengan beragam konten multimedia, seperti pemutar file video dan akses ke youtube.

Anda dapat memutar tayangan video di youtube melalui tv digital maupun lewat set top box yang terhubung ke jaringan internet.

6. Resolusi gambar HD

Kelebihan tv digital lainnya yang tidak dimiliki oleh tv analog adalah kemampuan dalam menampilkan gambar dengan resolusi HD. Tampilan gambar HD tentu saja jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan resolusi SD.

Resolusi gambar merupakan jumlah pixel gambar yang ada pada layar monitor. Makin banyak jumlah pixel gambar pada layar tv, maka akan menghasilkan tampilan gambar yang makin jernih dan tajam dengan detail warna gambar yang lebih baik.

Pada jenis resolusi layar HD mempunyai pixer gambar 1280 x 720, sementara pada jenis SD hanya memiliki pixer sebesar 720 x 576.

7. TV digital bisa menggunakan antena uhf biasa

Kelebihan tv digital yang terakhir dan menarik adalah, siaran tv digital masih tetap dapat diterima meskipun menggunakan jenis antena uhf biasa. Jadi Anda tidak perlu repot repot untuk membeli antena baru untuk menangkap siaran tv digital.

Asalakan kualitas antena uhf Anda masih bagus, maka dapat digunakan untuk menangkap sinyal tv digital seperti menangkap sinyal tv analog biasa.

Cara memasang antena tv

Kekurangan tv digital

Selain mempunyai kelebihan tv digital pun tentu saja ada kekurangannya. Apa saja kekurangan tv digital ? Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

1. Harga mahal

Kekurangan tv digital yang pertama adalah harganya mahal. Karena dilengkapi dengan teknologi terbaru, maka tentu saja harag tv digital saat ini masih terlampu tinggi apabila disandingkan dengan tv analog biasa.

Pos Terkait:  Cara Mengukur Inch TV

Solusinya adalah, Anda tidak perlu membeli tv digital untuk mendapatkan siaran tv digital. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup dengan cara membeli perangkat set top box yang harganya murah.

2. Jangkauan belum merata

Meskipun rencana peralihan siaran tv analog ke digital sudah cukup lama, namun faktanya masih ada beberapa daerah yang belum mendapatkan siaran tv digital secara penuh. Masih ada beberapa channel tv nasional yang belum menghadirkan siaran tv digital di daerahnya.

Namun tenang saja, secara bertahap semua stasiun tv nasional dan lokal akan berusaha menjangkau wilayah Indonesia hingga ke daerah.

3. Banyak yang belum paham mengoperasikannya

Teknologi siaran tv digital di Indonesia ini terbilang masih baru. Karena itu tidak heran masih banyak masyarakat yang belum paham tentang siaran tv digital ini. Bahkan kabarnya, sdm di sisi penyiaran pun mesti belajar dulu untuk mengoperasikan sistem siaran digital.

Apakah tv digital berbayar ?

Siaran tv digital dapat diterima secara gratis alias tidak berbayar. Meskipun sama sama menggunakan teknologi digital seperti tv parabola, namun siaran tv digital menggunakan sistem transmisi siaran terrestrial.

Dimana frekuensi terrestrial merupakan milik publik, sehingga stasiun tv tidak boleh menarik biaya langganan kepada pemirsanya.

Apakah tv digital harus pakai antena ?

Sama seperti tv analog sebelumnya, siaran tv digital pun harus menggunakan antena untuk menerima frekuensi siarannya. Anda dapat menggunakan antena tv uhf biasa untuk menangkap gelombang tv digital jika mutu antena Anda masih baik.

Namun bila ingin mendapatkan hasil penerimaan frekuensi tv yang lebih bagus, sebaiknya Anda memakai jenis antena tv digital khusus dengan kulaitas terbaik. Silahkan Anda baca review antena toyosaki jika ingin menggunakan antena digital.

Apakah tv digital perlu stb ?

Set top box atau stb hanya digunakan bagi Anda yang tidak memiliki tv yang sudah mendukung siaran digital atau biasa disebut dengan nama tv analog. Contoh jenis tv analog adalah : tv tabung. tv lcd dan tv led model lama.

Anda bisa membaca artikel daftar merk dan tipe televisi yang sudah mendukung siaran digital.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *