7 Penyebab Kenapa Lampu Kulkas Mati

Posted on

Meskipun terlihat sepele, ternyata keberadaan lampu kulkas yang terpasang di dalam kulkas memberikan fungsi yang besar bagi pemilik kulkas. Tanpa adanya lampu kulkas, kita akan kesulitan mengambil bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas. Karena itu ketika menemukan lampu kulkas padam, kita mesti mencari tahu penyebab kenapa lampu kulkas mati.

Selain sebagai penerang bagian dalam kulkas ketika dibuka, ternyata lampu kulkas juga menjadi indikator adanya aliran arus listrik yang masuk ke sistem kelistrikan kulkas.

Jika lampu kulkas anda tiba tiba padam, jangan panik dulu. Di artikel ini kita akan mengulas penyebab lampu kulkas mati.

Penyebab lampu kulkas mati dan cara memperbaikinya

Ada beberapa faktor yang harus diperiksa untuk mencari kerusakan ketika lampu kulkas padam. Sebelum itu, pastikan fungsi kulkas lainnya masih berfungsi dengan normal. Kulkas masih bisa menghasilkan suhu dingin seperti biasanya.

1. Lampu kulkas mati, kulkas tidak dingin

Kalau lampu kulkas mati meskipun pintu kulkas dalam keadaan terbuka dan kulkas tidak bisa dingin, kemungkinan pertama kerusakan kulkas bukan pada lampunya. Tetapi kemungkinan sirkuit kelistrikan utama kulkas yang bermasalah.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Bisa Beku

Cek colokan atau stop kontak untuk memastikan sumber listrik rumah sudah mengalir ke kulkas. Periksa juga sekering atau fuse utama kulkas barangkali putus atau terbakar.

Baca Juga : Skema kulkas 1 pintu

2. Jalur kabel terputus

Cek jalur kabel kelistrikan kulkas, terutama yang menuju ke switch door dan lampu kulkas. Tidak jarang kerusakan lampu kulkas mati disebabkan oleh jalur kabel atau sambungan yang terputus.

Putusnya kabel lampu kulkas ini dapat disebabkan oleh kondisi tembaga kabel yang sudah karat atau karena gigitan tikus.

3. Lampu kulkas terbakar

Coba lepaskan lampu kulkas dari tempatnya dengan cara diputar. Cek apakah kawat pijar di dalam lampu terbakar atau sudah putus.

Jika kondisi lampu kulkas sudah mati atau putus, sebaiknya ganti dengan yang baru dengan tipe dan ukuran yang sama.

Saat ini lampu kulkas jenis led sudah mulai diproduksi untuk jenis tertentu. Jika memungkinkan, anda dapat mengganti lampu kulkas dengan jenis lampu led yang lebih tahan lama dan tidak mudah terbakar.

Lampu kulkas led

4. Switch door rusak

Saat pintu kulkas terbuka, coba anda tekan tuas switch door dan perhatikan apakah lampu kulkas padam atau tidak. Jika lampu kulkas tidak padam saat tuas ditekan, maka kemungkinan switch door telah rusak.

Lepas switch door dan ganti dengan yang baru. Anda harus mengganti switch door sesuai dengan jenis kulkas yang rusak. Karena tipe switch door kulkas ada banyak macamnya.

5. Kabel power putus

Penyebab lainnya kenapa lampu kulkas mati adalah kabel power AC terputus. Ini biasa terjadi karena disebabkan oleh digigit tikus atau kabel sering terlipat. Coba Anda cek kondisi kabel power kulkas, untuk memastikan masih berfungsi dengan normal.

Pos Terkait:  Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

6. Steker colokan rusak

Seringkali steker colokan AC kulkas rusak tanpa kita ketahui, dan menyebabkan lampu kulkas mati. Pada kasus lain kadang ditemukan steker tidak terhubung dengan kuat ke terminal karena tanppa sengaja tertarik.

7. Lubang terminal tidak ada aliran listrik

Anda mesti memeriksa lubang terminal tempat stekel kulkas terhubung, karena bisa saja terjadi kerusakan berupa tidak adanya aliran listrik. Coba hubungkan colkan kulkas dengan lubang terminal lain untuk sementara waktu danlihat apakah lampu kulkas bisa menyala tidak.

Fungsi lampu kulkas

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, fungsi lampu pada kulkas adalah untuk memberikan penerangan yang memadai ketika pintu kulkas dibuka.

Kulkas di desain memiliki ruangan penyimpan makanan yang tertutup dan tanpa ventilasi sedikit pun. Sehingga tidak ada cahaya yang dapat masuk. Bahkan saat pintu kulkas di buka pun cahaya dari luar tidak dapat menyebar merata di dalam ruangan kulkas. Akibatnya kita tidak dapat mengamati dengan jelas setiap barang yang ada di dalam kulkas.

Karena itu kulkas dilengkapi dengan sumber cahaya agar semua barang yang tersimpan di dalam kulkas dapat terlihat dengan jelas.

Desain kulkas yang tertutup tanpa ventilasi ini sengaja dibuat untuk mencegah udara luar yang panas masuk ke dalam kulkas. Karena dapat mempengaruhi suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin kulkas.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara Kerja Lemari Es

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak dingin

Cara kerja lampu kulkas

Kita akan mengulas cara kerja lampu kulkas lebih dulu, agar dapat mengetahui penyebab kenapa lampu kulkas mati.

Lampu kulkas mendapatkan sumber tegangan langsung dari listrik melalui switch door atau saklar pintu. Sesuai dengan namanya, saklar pintu terpasang pada bagian pintu kulkas.

Contoh switch door kulkas

Switch door memiliki tombol atau tuas yang dapat ditekan oleh daun pintu kulkas.

Saat pintu kulkas terbuka, tuas switch door dalam kondisi normal. Pada kondisi ini lampu kulkas terhubung ke sumber tegangan listrik sehingga bisa menyala. Ketika pintu kulkas ditutup, maka salah satu sisi daun pintu kulkas akan menekan tuas switch door dan memutuskan aliran listrik ke lampu. Akibatnya lampu kulkas akan padam.

Kenapa lampu kulkas mati saat ditutup ?

Kenapa lampu kulkas mati

Jika kita perhatikan, lampu kulkas akan padam saat pintu kulkas ditutup. Pernahkah anda berpikir, kenapa lampu kulkas mati ketika kita menutup pintu kulkas ?

Sistem kelistrikan kulkas dirancang agar lampu kulkas dapat menyala dan padam sesuai dengan posisi pintu kulkas apakah terbuka atau tertutup. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi listrik dan juga untuk membantu proses pendinginan kulkas agar tetap terjaga.

Pada kulkas keluaran lama, lampu kulkas yang digunakan masih menggunakan jenis lampu pijar yang menghasilkan panas cukup besar. Panas yang dihasilkan oleh lampu pijar kulkas ini tentu saja akan mempengaruhi kerja mesin pendingin kulkas. Karena harus menyerap suhu panas yang dikeluarkan oleh lampu kulkas jenis pijar.

Selain itu, lampu kulkas yang tetap menyala ketika pintu kulkas tertutup tidak memberikan manfaat apa apa. Jadi lebih baik mendesain lampu kulkas agar dapat padam saat pintu kulkas tertutup. Sehingga pemakaian daya listrik pun bisa lebih hemat.

Demikian penjelasan tentang kenapa lampu kulkas mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *