8 Ciri Kulkas Yang Bagus

Posted on

Penjelasan ciri ciri kulkas yang bagus dan layak anda beli. Kulkas nampaknya menjadi barang elektronika yang populer saat ini. Hampir di semua rumah tangga memiliki kulkas sebagai media penyimpan bahan makanan.

Karena itu tidak heran banyak produsen barang elektronika yang sudah lama bermain di Indonesia berlomba lomba untuk menciptakan kulkas dengan berbagai kelebihannya. Bentuk dan fitur kulkas pun ditawarkan oleh produsen elektronika untuk menarik minat masyarakat yang membutuhkan kulkas.

Mulai dari kulkas dengan satu pintu dalam bentuk minimalis, hingga kulkas dengan dua pintu yang berukuran besar.

Ciri kulkas yang bagus

Di tengah maraknya gempuran merk dan tipe kulkas yang ada di pasaran barang elektronika, tentu saja membuat calon pengguna menjadi bingung untuk menentukan mana kulkas yang bagus dan terbaik.

Tidak jarang pengguna yang merasa kecewa karena tidak mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan kualitas yang biasa saja.

Karena itu, di artikel kali ini admin akan membagikan pembahasan ciri ciri kulkas yang bagus dan layak untuk anda beli.

Ini ciri kulkas yang bagus

Ada beberapa faktor yang bisa anda perhitungkan ketika hendak membeli kulkas. Faktor tersebut di dasarkan pada dimensi dan fitur yang dimiliki oleh kulkas. Sehingga diharapkan cocok dengan kebutuhan kulkas yang anda inginkan.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kompresor kulkas Hidup Tapi Tidak Dingin

Apa saja faktor tersebut ? Berikut ini penjelasannya :

Hemat listrik

Seperti kita tahu, kulkas beroperasi sepanjang hari ketika digunakan. Kondisi ini tentu saja akan menghabiskan energi listrik yang ada di rumah kita. Karena itu, memilih kulkas yang hemat listrik akan lebih mengefisiensi penggunaan daya listrik yang ada di rumah kita.

Pemakaian energi listrik yang dikonsumsi oleh kulkas, berkaitan dengan banyak faktor, namun yang paling berpengaruh adalah ukuran ruang pendingin yang ada di dalam kulkas. Semakin besar dimensi kulkas tentu saja akan berakibat pada penggunaan kompressor pendingin yang makin lam beroperasi.

Dampaknya adalah listrik yang dibutuhkan akan lebih besar. Dengan teknologi yang baik, kulkas mampu bekerja efisien agar tidak menghabiskan daya listrik di rumah kita.

Teknologi pendinginan

Setiap produsen kulkas berlomba lomba untuk mendesain kulkas dengan beragam teknologi dengan tujuan efisiensi pendinginan. Teknologi terbaru saat ini yang digunakan pada sistem pendinginan kulkas adalah Multi Air Flow.

Dengan sistem pendingin seperti ini, aliran udara dingin yang dihembuskan dapat bersirkulasi secara merata di semua bagian ruang pendingin. Sehingga suhu dingin dapat tercipta secara merata.

Teknologi multi air flow

Kemampuan mendinginkan

Umumnya setiap kulkas mengusung teknologi pendinginan yang berbeda. Sehingga kemampuan mendinginkan tiap kulkas tidak sama.

Pos Terkait:  Daftar Lengkap Watt Kulkas LG 2 Pintu [UPDATE]

Untuk membedakan kemampuan mendinginkan tiap kulkas biasanya digunakan label bintang yang terpasang pada salah satu sisi kulkas. Label bintang ini memiliki jumlah bintang yang berbeda bergantung pada kemampuan kulkas untuk mencapai suhu paling dingin.

Biasanya kulkas produksi lokal mempunyai label bintang dengan jumlah tiga buah. Hal ini menandakan bahwa kulkas tersebut dapat mencapai suhu dingin hingga -150 °C.

Sementara pada jenis kulkas dengan harga yang lebih mahal memiliki label bintang lima dengan kemampuan mendinginkan mencapai -210 °C .

Desain dan bahan

Secara umum, kulkas memiliki bentuk desain yang hampir sama, yaitu seperti lemari pakaian. Hanya mungkin dimensi ukurannya saja yang berbeda, ada yang kecil namun ada juga yang besar dan tinggi.

Desain kulkas yang bagus adalah yang mampu menyekat udara luar sehingga tidak masuk ke dalam ruang pendingin kulkas. Karena itu kulkas yang baik harus bisa menutup dengan benar dan kuat agar udara dingin di dalam kulkas tetap terjaga.

Sementara itu, bahan kulkas yang baik akan berpengaruh pada kualitas bodi kulkas setelah sekian lama pemakaian. Bahan yang tidak tahan terhadap kelembaban akan lebih mudah karat dan lapuk.

Karena itu perhatikan kualitas dan jenis bahan yang dipakai oleh kulkas yang akan kita beli. Pastikan dapat tahan terhadap karat dan tidak mudah penyok.

Pos Terkait:  Gambar Skema Kulkas 1 Pintu

Ukuran ruang kulkas yang lebih besar

Dengan desain yang baik, volume ruang pendingin yang ada di dalam kulkas akan terlihat lebih luas. Sehingga dapat memuat lebih banyak bahan makanan dan minuman di dalamnya.

Anda dapat memasukkan faktor ukuran pendingin ini sebagai bahan pertimbangan ketika anda hendak membeli kulkas yang bagus.

Struktur rak pendingin

Ruangan pendingin kulkas umumnya di desain dengan menerapkan beberapa rak untuk diisi bahan makanan tertentu. Kulkas yang bagus umumnya memiliki struktur susunan dan desain rak yang sesuai dengan maksud penggunaannya.

Misalnya rak untuk meletakkan telur tentu berbeda dengan rak untuk tempat menaruh daging. Rak untuk buah dan sayur akan didesain memiliki lubang sirkulasi yang berguna untuk menjaga kesegarannya.

Kekurangan kulkas aqua aqr d240

Mempunyai garansi dan layanan purna jual

Saat membeli kulkas, sebaiknya anda memilih produk kulkas yang memberikan garansi lama dan layanan purna jual yang memadai. Sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan ketika kulkas mengalami masalah.

Demikian uraian tentang ciri ciri kulkas yang bagus dan berkualitas yang layak untuk anda beli. Pada akhirnya tentu harga juga dapat menjadi indikator untuk menentukan kualitas suatu barang. Karena biasanya, barang elektronika yang berkualitas akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan barang sejenis dengan kualitas sedang.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *