Penyebab kenapa tv tiba tiba mati sendiri

Ini Penyebab Kenapa Tv Tiba Tiba Mati

Posted on

Tv merupakan perangkat elektronika rumah tangga yang masih diminati oleh keluarga ketika membutuhkan sumber hiburan dan informasi. Karena itu, anda tentu akan merasa bingung ketika mendapati kenapa tv tiba tiba mati sendiri saat sedang ditonton.

Bahkan tidak jarang, terdapat kasus dimana tv mendadak mati saat pertama kali dinyalakan tanpa diketahui apa penyebabnya.

Nah, di artikel ini, admin akan coba jelaskan apa saja penyebab tv di rumah Anda tiba tiba tidak bisa menyala.

7 penyebab tv tiba tiba mati sendiri

Penyebab kenapa tv tiba tiba mati sendiri

1. Kabel power putus

Jika Anda mendapati tv anda mati sama sekali , dimana lampu indikator power di depan panel tv tidak menyala, kemungkinan yang pertama perlu dicurigai adalah tidak adanya aliran listrik yang mengalir. Ini bisa disebabkan oleh kabel power televisi yang putus oelh gigitan tikus atau bisa jadi stop kontak atau terminal listrik di rumah Anda terganggu.

Coba Anda periksa kondisi kabel power atau kabel colokan tv untuk memastikan kondisinya masih baik dan tidak ada bagian yang putus atau terkelupas.

Untuk menguji apakah terminal kontak listrik Anda dalam kondisi normal, coba colok perangkat elektronika lain, seperti setrika ke terminal stop kontak tersebut. Jika setrika dapat menyala, berarti terminal stop kontak masih dalam kondisi baik baik saja.

Pos Terkait:  Apakah TV Polytron LED Sudah Digital

2. Regulator tv tidak bekerja

Regulator merupakan salah satu bagian di dalam sirkuit televisi yang berfungsi untuk menyediakan tegangan yang sesuai di dalam bagian bagian rangkaian mesin tv. Karena itu, jika regulator tv tidak bekerja, maka dapat menjadi penyebab kenapa tv tiba tiba mati sendiri tanpa ada tanda tanda sebelumnya.

Hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada regulator tv umumnya adalah karena ada hubungan singkat di dalam sirkuit atau bisa juga karena mengalami panas yang berlebih atau overheating.

Komponen yang sering rusak pada sirkuit regulator tv adalah transistor atau FET yang merupakan komponen utama untuk mengendalikan sirkuit regulator tv.

Coba Anda periksa komponen tersebut menggunakan multimeter. Jika sudah jebol atau rusak, Anda bisa menggantinya dengan komponen baru yang sejenis. Namun sebelumnya ASnda mesti menganalisa penyebab transistor regulator atau FET tersebut bisa jebol, agar transistor pengganti tidak mudah rusak kembali.

3. Sambungan kabel putus

Penyebab lain yang sering terjadi kenapa tv mati mendadak adalah putusnya sambungan kabel yang ada di dalam rangkaian mesin tv. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh faktor usia tv yang sudah cukup lama, sehingga kabel gampang aus dan putus karena panas.

Pos Terkait:  Daftar Kode Remote TV Unisat

Untuk mengecek kondisi sambungan kabel atau jalur kabel, Anda mesti membuka casing tv dan melihat struktur bagian mesin tv. Cek dengan teliti apakah terdapat kabel di dalam rangkaian mesin tv yang putus atau tidak menyambung dengan sempurna.

4. Solderan yang retak atau kendor

Untuk tv yang sudah berusia lama, kerusakan tv tiba tiba mati seringkali disebabkan karena kondisi solderan atau sambungan antar komponen yang retak atau kendor. Selain itu, keadaan panas yang berlebihan yang dialami oleh rangkaian mesin tv juga dapat membuat solderan komponen pada mesin menjadi lemah dan rapuh sehingga mudah retak.

Untuk mengatasi ini, Anda perlu membuka mesin tv dan mengecek dengan teliti setiap bagian solderan untuk menemukan bagian yang tidak terhubung dengan sempurna.

5. Terdapat elko yang menggembung

Elko atau kondensator elektrolit merupakan komponen yang terdapat pada mesin tv di beberapa bagian. Komponen ini umumnya berfungsi untuk bagian power supply.

Jika Anda mendapati tv Anda mendadak mati tidak bisa menyala, ada kemungkinan disebabkan oleh elko yang sudah rusak. Ciri elko yang rusak biasanya menggembung pada bagian atasnya. Ini terjadi akibat cairan elektrolit yang ada di dalam komponen ini memuai.

Anda mesti memeriksa komponen elko pada mesin televisi untuk menemukan elko yang sudah dalam kondisi mati atau rusak yang ditandai dengan bagian atasnya menggembung. Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Pos Terkait:  5 Langkah Cara Menambah Saluran TV Digital Samsung

6. Transistor regulator mati

Regulator tv berfungsi untuk menyediakan kebutuhan tegangan pada sirkuit mesin tv. Komponen utama dari sirkuit regulator tv adalah transiistor atau FET yang berfungsi untuk membantu membangkitkan tegangan dengan besaran tertentu bersama trafo.

Transistor regulator sering kali mati atau jebol akibat overheating atau pun karena kelebihan beban. Kerusakan pada transistor regulator terkadang disertai dengan sirkuit proteksi listrik atau MCB di rumah Anda jeglek atau turun. Hal ini terjadi karena terdapat hubungan singkat pada sirkuit regulator tv.

Untuk memeriksa kondisi transistror regulator, Anda harus mencopot komponen tersebut dan mengukurnya menggunakan multimeter.

7. Transistor horizontal rusak

Sirkuit lain yang ada pada mesin tv yang berfungsi untuk membangkitkan tegangan adalah horizontal. Sirkuit horizontal akan membangkitkan tegangan tinggi dan beberapa tegangan kecil melalui mekanisme invverter tegangan.

Komponen inti dari sirkuit horizontal adalah transistor atau FET dan trafo flyback. Dalam kondisi transistor horizontal mati, bisa menyebabkan sirkuit tv tidak dapat bekerja dengan normal, sehingga tv bisa saja mati secara tiba tiba.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab kenapa tv tiba tiba mati tidak bisa dinyalakan. Memang, ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan hal itu, dan Anda mesti memeriksanya satu persatu agar bisa diketahui penyebab yang pastinya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *