Tips cara pasang antena tv indoor

5 Cara Pasang Antena Tv Indoor Agar Jernih

Posted on

Antena merupakan bagian penting pada sebuah penerima tv yang berperan besar terhadap kualitas gambar siaran tv yang diterima. Karena itu, Anda harus memperhatikan cara pasang antena tv indoor atau pun outdoor agar bisa mendapatkan gambar tv jernih.

Ada dua jenis antena tv berdasarkan posisi pemasangannya, yaitu antena tv indoor dan outdoor atau antena luar ruangan. Antena tv indoor atau antena dalam, sering digunakan oleh mereka yang tidak ingin repot memasang antena menggunakan tiang.

Selain itu, menggunakan antena tv indoor pun kita tidak akan khawatir akan terkena sambaran petir di saat hujan, karena posisi antena yang aman di dalam rumah.

Kekurangan antena tv indoor

Tips cara pasang antena tv indoor

Dari segi kepraktisan, menggunakan antena tv indoor memang cukup membantu karena kita tidak perlu repot memasang antena diluar menggunakan tiang antena yang tinggi. Belum lagi kita mesti membeli kabel antena yang panjang untuk menghubungkan antena dengan televisi.

Akan tetapi, penggunaan antena tv indoor atau antena tv dalam bukannya tanpa kekurangan. Apa saja kekurangan mengguanakan antena tv dalam ruangan ? Berikut ini adalah beberapa contohnya :

1. Penerimaan sinyal kurang maksimal

Sifat dari gelombang RF siaran televisi yang dipancarkan oleh pemancar adalah mudah sekali dibelokkan atau dipantulkan oleh benda benda keras, misalnya tembok, pepohonan, benda logam atau perbukitan dan gedung.

Pos Terkait:  Daftar Kode Remote TV Winasat

Karena itu, dengan memasang antena di dalam ruangan rumah, maka sinyal tv akan mengalami banyak halangan. Apalagi jika Anda menggunakan antena indoor di dalam kamar yang relatif tertutup.

Akibatnya adalah penerimaan sinyal tv menjadi kurang maksimal. Antena biasanya hanya bisa menerima gelombang dari pemancar yang mempunyai kekuatan sinyal yang besar saja. Sementara untuk sinyal yang kecil atau lemah akan sulit untuk ditangkap oleh antena indoor.

2. Hanya untuk lokasi dekat pemancar

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, antena tv dalam ruangan cukup kesulitan untuk menangkap gelombang siaran tv, baik tv digital maupun tv analog yang lemah. Antena indoor hanya bisa dipakai untuk menerima sinyal tv yang kuat saja.

Oleh sebab itu, penggunaan antena tv dalam umumnya hanya tepat digunakan untuk anda yang tinggal di tidak jauh dari lokasi pemnacxar tv saja. Kalau Anda tinggal di daera yang jauh dari pemancar siaran tv, memasang antena tv luar adalah pilihan yang tepat.

3. Mengganggu pemandangan

Selain memiliki kekurangan dari segi penerimaan sinyal, penggunaan antena dalam untuk penerima siaran tv akan mengganggu pemandangan di ruangan anda. Apalagi jika anda membeli antena tv yang secara desain kurang memperhatikan estetika untuk dipakai di dalam ruangan.

Pos Terkait:  Data Pin dan Persamaan IC LA78141

Tips cara pasang antena tv indoor yang benar

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja kekurangan dari penggunaan antena tv dalam, namun masih ingin memakainya, berikut ini adalah beberapa tips cara pasang antena tv indoor supaya mendapatkan hasil yang maskimal.

1. Pilih antena yang berkualitas

Hal pertama yang perlu anda lakukan saat memutuskan untuk menggunakan antena tv di dalam ruangan adalah memilih antena indoor yang berkualitas. Sebaiknya anda membeli antena tv bermerk yang sudah dikenal memiliki kualitas yang bagus dari segi penerimaan sinyal.

Ada banyak tipe antena tv dalam yang dijual saat ini. Untuk hasil yang bagus, sebaiknya Anda memilih antena tv jenis YAGI yang mempunyai beberapa elemen konduktor untuk menerima gelombang RF siaran tv.

Ciri antena jenis YAGI memiliki elemen director, driver dan reflektor pada desain bentuk antenanya. Akan tetapi, antena jenis ini biasanya memiliki harga yang relatif mahal.

Antena indooor digital

2. Mengatur arah yang tepat

Untuk mendapatkan penerimaan sinyal tv yang maksimal, anda mesti mengatur arah antena ke posisi yang tepat. Anda bisa putar putar antena untuk mendapatkan sinyal tv yang besar.

Biasanya, arah antena tv yang tepat adalah mengarah ke posisi lokasi pemancar tv yang ada di daerah Anda. Untuk mendapatkan letak lokasi pemancar tv digital yang ada di daerah Anda, bisa melihat pada aplikasi tv digital yang dapat Anda instal lewat PlayStore.

Pos Terkait:  Kumpulan Kode Remote TV Polytron Update

3. Posisikan lebih tinggi

Cara pasang antena tv indoor berikutnya agar bisa mendapatkan siaran tv dengan gambar jernih adalah dengan memposisikan antena lebih tinggi. Alih alih meletakkan antena indoor didekat televisi, sebaiknya Anda pasang antena tv indoor di posisi yang lebih tinggi.

Beberapa orang memasang antena tv mereka di atas plafon rumah. Sehingga, selain tidak akan merusak pemandangan ruangan, hasil penerimaan sinyal pun menjadi lebih baik. Selain itu, antena masih tetap aman dari resiko terkena sambaran petir saat hujan.

4. Pasang dekat jendela

Cara pasang antena tv indoor dekat jendela

Memasang antena tv di dekat jendela adalah cara terbaik untuk mendapatkan penerimaan gelombang siaran tv yang lebih baik. Hal ini dikarenakan rambatan gelombang untuk sampai ke antena menjadi lebih mudah.

Gelombang RF yang berasal dari pemancar tv dapat dengan mudah ditangkap oleh antena, karena tidak terhalang oleh tembok atau pun benda benda yang ada di ruangan Anda.

5. Gunakan booster

Cara terkahir untuk mendapatkan daya tangkap sinyal tv yang maksimal adalah dengan menambahkan booster penguat sinyal. Dengan adanya booster pada antena tv, maka sinyal yang lemah akan dikuatkan oleh booster sehingga dapat diterima dengan baik oleh televisi.

Anda bisa membeli booster tv yang dapat dipakai sebagai penguat sinyal tv UHF. Atau Anda bisa membeli antena tv indoor yang sudah dilengkapi dengan booster penguat sinyal, misalnya antena merk Toyosaki AIO220. Beberapa antena tv yang built-in booster dijual dengan harga sekitar Rp.130 ribu.

Nah, itulah tadi 5 cara pasang antena tv indoor yang mesti Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berhasil.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *