Freon Kulkas Bocor : Ciri Dan Penyebabnya

Posted on

Freon kulkas bocor adalah gejala kerusakan kulkas yang umum dan sering terjadi. Kerusakan ini banyak dialami terutama pada kulkas atau lemari es yang telah berusia lama. Meski begitu, kadang bisa terjadi pada kulkas yang masih baru akibat salah dalam perawatan.

Jika kulkas anda mengalami kebocoran freon, sebaiknya menghubungi jasa tukang service kulkas agar segera bisa diperbaiki. Karena untuk jenis kerusakan kulkas seperti ini dibutuhkan peralatan khusus untuk mengatasinya.

Jadi buat anda yang awam dalam masalah memperbaiki kulkas, jangan coba coba untuk mengatasinya sendiri. Karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Ciri ciri freon kulkas bocor

Ketika kulkas mengalami kebocoran gas freon, dapat ditandai dengan beberapa ciri. Apa saja cirinya, silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Tercium bau tidak enak di sekitar kulkas

Gas freon kulkas merupakan zat refrigerant yang banyak digunakan pada mesin pendingin, baik itu kulkas, ac rumah maupun box pendingin.

Pos Terkait:  4 Ciri Timer Kulkas Rusak

Mirip seperti gas LPG, freon kulkas memiliki bau khas yang sangat tidak enak. Sehingga bisa menjadi ciri ketika terjadi kebocoran gas freon.

Jadi, jika anda mencium bau yang tidak enak di sekitar kulkas anda, mungkin bau tersebut berasal dari gas freon yang keluar dari pipa pendingin kulkas yang berlubang atau bocor.

Bau gas freon kulkas bocor

3. Kulkas tidak dingin meskipun lampu menyala

Kebocoran gas freon kulkas yang dibiarkan saja lama kelamaan dapat menyebabkan gas freon kulkas habis. Akibatnya adalah sistem pendingin kulkas tidak bisa bekerja normal.

Perlu anda tahu, lampu kulkas yang masih menyala bukan menjadi pertanda kulkas dalam kondisi normal. Karena lampu kulkas hanyalah bagian dari sistem kelistrikan kulkas yang tidak ada hubungannya dengan sistem pendingin kulkas.

Sehingga bisa saja kulkas tidak dingin meskipun lampu kulkas masih tetap bisa menyala. Anda tidak dapat berpatokan pada lampu kulkas untuk menilai kerusakan yang terjadi pada kulkas.

3. Kulkas tidak bisa buat es batu

Pada kondisi awal terjadinya kebocoran gas freon, biasanya ditandai dengan suhu dingin yang dihasilkan oleh kulkas kurang optimal, tidak seperti biasanya.

Meskipun masih bisa dingin, namun freezer tidak bisa buat es batu.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Freon merupakan salah satu bagian penting pada sistem pendingin kulkas. Jadi, jika freon kulkas bocor maka sistem pendingin pun tidak mampu mengeluarkan hawa dingin yang maksimal.

4. Kompresor panas tapi kulkas tidak dingin

Ciri lainnya freon kulkas bocor adalah kompresor kulkas panas, sementara suhu di dalam kulkas tidak dingin. Biasanya ketika suhu kompresor bertambah tinggi maka overload kompresor akan bekerja dan memutuskan aliran listrik ke kompresor.

Penyebab kompresor kulkas panas ini adalah karena bekerja dalam waktu yang lama.

Pada keadaan normal, kompresor akan bekerja ketika thermostat kulkas mendeteksi peningkatan suhu di dalam kulkas. Kemudian ketika suhu sudah kembali dingin, thermostat akan memutus sumber listrik yang menuju ke kompresor sehingga kompresor berhenti beroperasi.

Saat terjadi kebocoran freon kulkas, suhu di dalam kulkas tetap panas sehingga thermostat memerintahkan kompresor untuk terus beroperasi. Kerja kompresor yang terus menerus ini membuat kompresor kulkas panas.

Penyebab freon bocor

Lalu apa saja penyebab gas freon lemari es bocor ?

1. Tertusuk benda tajam

Sering kali terjadi kebocoran pada evaporator akibat kesalahan dalam melakukan perawatan membersihkan bunga es menggunakan benda tajam. Ini biasa terjadi pada jenis kulkas 1 pintu yang belum dilengkapi dengan sistem defrost untuk mencairkan bunga es.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara kerja Kulkas 2 Pintu

Saat hendak membersihkan bunga es atau kotoran pada evaporator, sebaiknya tunggu hingga seluruh lapisan es pada evaporator mencair. Turunkan pengaturan suhu thermostat pada skala minimal agar bunga es pada evaporator mencair.

Setelah bunga es mencair, anda dapat langsung membersihkan ruangan freezer atau evaporator menggunakan bahan yang halus. Hindari penggunaan benda logam saat membersihkan evaporator kulkas untuk mencegah rusaknya pipa pendingin pada evaporator.

Evaporator kulkas bocor

2. Pipa pendingin korosi

Korosi seringkali terjadi pada pipa pendingin yang ada pada daerah kondensor. Korosi atau karat akan terjadi lebih cepat pada pipa kapiler yang terbuat dari besi.

Lapisan korosi yang sudah parah akan menyebabkan munculnya lubang sehingga gas freon bocor.

3. Sambungan pipa longgar

Sambungan pada pipa kapiler sering kali bocor akibat korosi atau retak . Hal ini biasa terjadi pada kulkas yang sudah berusia lama.

Itulah beberapa penyebab dan ciri freon kulkas bocor. Jika kulkas anda dicurigai mengalami kebocoran gas freon, sebaiknya segera diperbaiki agar tidak berdampak pada kompresor kulkas.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *