Air kulkas tidak dingin

7 Penyebab Mengapa Air Kulkas Tidak Dingin ?

Posted on
Air kulkas tidak dingin

Jika Anda mendapati air kulkas tidak dingin, jangan buru buru memvonis kulkas Anda telah rusak. Karena bisa jadi ada hal lain yang menyebabkan air minum di kulkas Anda kurang dingin.

Kulkas menjadi salah satu media yang dapat menyediakan kebutuhan air dingin bagi keluarga di tengah suhu udara Indonesia yang panas. Karena itu tidak heran hampir tiap rumah tangga memiliki kulkas di rumahnya.

Karena, selain digunakan untuk menyimpan bahan makanan, kulkas pun berperan dalam menyimpan dan meyediakan air minum dingin yang menyegarkan untuk keluarga.

Hal yang menjengkelkan adalah ketika Anda hendak menyajikan air minum untuk anggota keluarga, namun ternyata air kulkas yang disajikan tidak dingin. Padahal Anda telah menyimpannya sudah cukup lama.

Apa yang terjadi ? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ini penyebab air kulkas tidak dingin

Air kulkas tidak dingin tidak selalu terjadi karean adanya kerusakan pada sistem penmdingin kulkas. Seringkali hal ini disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan dan perlakuan kita terhadap kulkas.

Pos Terkait:  Memperbaiki Kulkas LG Bawah Tidak Dingin

1. Terlalu banyak mengisi kulkas

Mengisi kulkas dengan banyak barang akan mempengaruhi kerja sistem pendingin pada kulkas. Apalagi jika Anda mengisi kulkas melebihi kapasitas maksimum yang mampu ditampung oleh kulkas.

Sistem pendingin yang ada pada kulkas telah dirancang untuk memiliki batas kemampuan dalam mendinginkan ruangan kulkas dengan volume tertentu. Jika Anda berlebihan memasukkan barang ke dalam kulkas, maka pendingin kulkas akan bekerja lebih keras lagi agar semua item yang ada di dalam kulkas bisa menjadi dingin.

Pada satu keadaan, sistem pendingin ini tidak akan mampu lagi untuk mengahsilkan suhu dingin yang optimal. Kondisi ini menyebabkan barang yang ada di dalam kulkas termasuk air minum menjadi kurang dingin atau bahakan tidak dingin sama sekali.

2. Pintu kulkas bocor

Menutup pintu kulkas tidak rapat pun dapat menyebabkan air kulkas tidak dingin. Hal ini disebabklan karena udara dingin yang ada di dalam ruangan kulkas bocor dan mengalir ke luar.

PIntu kulkas yang tidak menutup rapat bisa terjadi karena karet pelapis pintu kulkas telah rusak atau sobek atau engsel pintu telah rusak sehingga tidak dapat menutup dengan rapat.

Selain itu, perilaku yang kurang cermat pun seringkali terjadi, terutama pad anak kecil. Dimana ketika selesai mengambil sesuatu dari dalam kulkas tidak menutup kulkas dengan baik. Akibatnya ada sedikit celah pada pintu yang menyebabkan suhu dingin mengalir keluar.

Pos Terkait:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt ? Ini Datanya !

3. Sering membuka kulkas

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering membuka kulkas. Selain karena akan menyebabkan tagihan listrik Anda boros, juga dapat menyebabkan air minum dan makanan yang ada di dalam kulkas menjadi kurang dingin.

Ketika Anda membuka pintu kulkas, saat itu juga suhu di dalam ruangan kulkas akan meningkat secara drastis akibat adanya suhu udara luar yang masuk ke dalam.

Bayangkan jika Anda sering membuka pintu kulkas, nahkan dalam waktu yang berdekatan. Maka tenty saja akan menyebabkan sistem pendingin kulkas kesulitan untuk membuat suhu di dalam kulkas tetap stabil.

4. Sering memasukkan benda panas

Memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi lebih tinggi. Hal ini terjadi karena suhu dingin kulkas menyerap suhu panas yang dihasilkan oleh makanan atau minuman tersebut.

Karena itu, jika Anda hendak memasukkan barang ke dalam kulkas, pastikan suhunya tidak panas agar kerja sistem pendingin kulkas tidak terganggu.

5. Kinerja sistem pendingin kulkas berkurang

Jika kulkas Anda sudah berusia tua, biasanya kinerja sistem pendinginnya menjadi menurun. Sehingga tidak mampu lagi menghasilkan suhu dingin yang maksimal seperti semula.

Pos Terkait:  5 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Kondisi ini biasanya disebabkan karena volume zat refrigerant yang mulai berkurang atau terdapat kebocoran pada jaringan pipa pendingin kulkas.

Untuk mengatasinya, Anda mesti memanggil teknisi perbaiikan kulkas supaya kulkas Anda diperiksa kondisi zat refrigerantnya.

6. Penempatan kurang tepat

Desain aliran suhu dingin di dalam kulkas umumnya mengalir dari atas ke bawah. Karena itu, jika Anda menginginkan suhu air minum yang lebih dingin, baiknya menempatkan botol penampung air minum di bagian rak atas kulkas.

Sementara itu, untuk bahan makanan atau minuman yang tidak membituhkan suhu yang terlampau dingin bisa diletakkan di area bawah kulkas.

7. Pengaturan suhu yang kurang

Penyebab terkahir air kulkas tidak dingin adalah pengaturan suhu kulkas yang kurang tepat. Jika muatan kulkas terlalu banyak, sebaiknya Anda mengnatur suhu kulkas lebih maksimal agar bisa menghasilkan sushu dingin yang lebih baik.

Namun tentu saja konsekuensinya adalah tagihan listrik Anda menjadi membengkak. Karena itu, Anda perlu mensiasati pemakaian kulkas agar tidak membebani tagihan listrik bulanan.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *