Penyebab Kulkas Berair Dan Cara Memperbaikinya

Posted on

Ini penyebab kulkas berair dan cara memperbaikinya dengan mudah. Setelah pemakaian lama, tidak jarang kita temui kulkas mengalami kerusakan berupa adanya tetesan air di bagian bawah kulkas atau di lantai.

Kondisi kulkas yang bocor sehingga menimbulkan genangan air di dalam ruang pendingin kulkas dapat menyebabkan makanan atau sayuran cepat layu. Jika kebocoran air terjadi di dalam mesin kulkas dapat menyebabkan kerusakan pada sirkuit kelistrikan yang ada didalamnya.

Penyebab kulkas berair

Selain itu, genangan air yang muncul akibat kebocoran sistem pembuangan air di kulkas, juga bisa membuat korosi atau karat pada logam. Hal ini disebabkan karena kelembaban udara yang tinggi.

Inilah penyebab kulkas berair

Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan kulkas berair, bahkan sampai menggenang di lantai.

Pipa saluran buang mampet

Setelah pemakaian kulkas dalam jangka waktu yang lama, bagian dalam pipa tidak jarang dipenuhi dengan kerak dan kotoran. Kotoran yang menempel pada sisi dalam pipa saluran pembuangan air pada kulkas yang menumpuk dapat menyebabkan saluran menjadi mampet.

Akibatnya tentu saja membuat aliran air yang berasal dari freezer tidak berjalan normal, bahkan jika dibiarkan lama lama akan menjadi mampet. Sehingga air akan akan meluber dan menggenang di bagian ruang pendingin kulkas. Biasanya di rak bagian bawah.

Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Untuk memperbaikinya, anda harus melepas lebih dulu pipa saluran pembuangan air. Bersihkan pipa pembuangan dengan cara mendorong kotoran yang menyumbat pipa. Kemudian bersihkan menggunakan air sampai bersih.

Pipa pembuangan bocor

Umumnya pipa saluran pembuangan air terbuat dari bahan plastik tips yang elastis sehingga tahan terhadap korosi. Namun demikian, tidak jarang ditemukan kondisi dimana pipa saluran ini bocor atau berlubang.

Kebocoran pipa saluran bisa terjadi akibat tertusuk atau tersenggol sesuatu, atau juga karena memang karena kondisinya yang sudah lapuk.

Periksa dengan seksama kondisi pipa pembuangan, jika ditemukan lubang atau kebocoran pada pipa, sebaiknya segera diganti dengan pipa yang sesuai.

Sambungan pipa dan wadah terlepas

Kondisi sambungan pipa atau selang pembuangan dengan wadah penampung air yang terlepas atau tidak terpasang dengan benar pun dapat menjadi penyebab kulkas berair. Sambungan selang ini terdapat pada bagian dalam kulkas atau pada wadah penampung air di dekat kompressor.

Coba cek kondisinya untuk memastikan apakah masih terpasang dengan baik atau tidak.

Demikian penjelasan tentang penyebab kulkas berair. Kerusakan kulkas seperti ini biasanya bisa ditangani sendiri dengan mudah. Hanya saja perlu hati hati agar memperhatikan jalur kelistrikan kulkas. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:  Kulkas Sharp Berapa Watt ? Cek Datanya !

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *