Mengatasi Pintu Kulkas Tidak Rapat

Posted on

Pintu kulkas yang tidak menutup dengan rapat bisa menyebabkan suhu di dalam kulkas tidak dingin maksimal. Bahkan jika dibiarkan, akan mengakibatkan kerusakan pada kompresor kulkas.

Jadi sebaiknya anda harus memeriksa kondisi pintu kulkas, apakah masih bisa menutup dengan rapat atau sudah longgar. Agar kulkas atau lemari es anda bisa berfungsi dengan baik.

Apa sih penyebab pintu kulkas tidak rapat saat ditutup ? Simak penjelasannya berikut ini :

pintu kulkas tidak rapat

Akibat pintu kulkas tidak tertutup rapat

Pintu kulkas dirancang agar dapat menutup dengan rapat. Ini dimaksudkan untuk mengisolasi ruangan bagian dalam kulkas dengan udara luar. Selain itu agar partikel kecil seperti parasit tidak mudah masuk ke dalam ruang penyimpanan lemari es.

Jika pintu kulkas tidak tertutup rapat, akibat langsung yang akan terasa adalah suhu di dalam kulkas susah dingin. Sehingga kompresor akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan ruangan kulkas.

Kondisi ini tentu saja akan berdampak pada daya tahan kompresor kulkas. Kompresor menjadi lebih cepat panas karena terus beroperasi.

Pos Terkait:  Kelebihan Dan Fungsi Chest Freezer

Penyebab masalah pada pintu rapat

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat pintu kulkas tidak rapat :

1. Lapisan karet rusak

Lapisan karet atau gasket dipasang di sekeliling daun pintu kulkas. Tujuannya adalah untuk membuat agar memastikan tidak ada celah pada pintu.

Apabila lapisan karet pintu kulkas ini rusak, maka udara dari luar kulkas yang panas akan masuk ke dalam kulkas. Sehingga menyebabkan proses pendinginan kulkas bekerja lebih berat.

Contoh kerusakan pada karet pintu kulkas :

  • Karet gasket sebagian terlepas karena lem yang sudah tidak rekat
  • Ada bagian karet yang berlubang karena sobek
  • Karet pintu kulkas putus
  • Gasket pintu kulkas mengeras
  • Ada bagian karet yang longgar

2. Magnet pintu lepas

Agar pintu kulkas dapat tertutup rapat, dibeberapa bagian pintu dipasang magnet yang berfungsi untuk merekatkan pintu sehingga tidak mudah terbuka.

Meskipun jarang terjadi, magnet pintu kulkas bisa juga terlepas sehingga membuat pintu kulkas tidak menutup dengan benar.

3. Engsel pintu rusak

Engsel pintu kulkas dapat rusak jika baut atau mur engsel pintu sudah longgar. Sehingga posisi daun pintu kulkas tidak menutup dengan baik.

Kerusakan pada engsel terjadi biasanya karena faktor usia kulkas yang sudah lama. Sehingga menyebabkan lokasi engsel pintu mulai rapuh.

Pos Terkait:  Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Cara mengatasi pintu kulkas tidak rapat

Penyebab pintu kulkas tidak rapat paling sering adalah karena karet gasket yang lepas akibat lem karet yang sudah tidak kuat lagi.

Jika kondisi karet pelapis masih baik, anda tidak perlu mengganti karet gasket. Anda cukup memasangnya kembali menggunakan lem yang kuat sehingga dapat terpasang kembali dengan baik.

Sementara jika ada bagian karet yang sudah sobek atau terkelupas, sebaiknya harus diganti karena dapat menimbulkan celah pada pintu kulkas.

Karet pengganti pintu kulkas harus yang sama dan sesuai agar bisa pas terpasang pada daun pintu sehingga tidak menimbulkan lubang.

Untuk kondisi karet pintu yang mengeras, anda bisa melunakkannya menggunakan alat pemanas agar kembali ke kondisi semula.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *