Ketahui, Pengaturan Suhu Kulkas Yang Benar

Posted on

Dengan pengaturan suhu kulkas yang tepat, makanan yang anda simpan di dalam kulkas akan tahan lama dan masih terlihat segar. Selain itu, dengan mengatur suhu kulkas yang sesuai juga dapat berdampak pada penghematan daya listrik yang dikonsumsi.

Unit penyetel suhu kulkas 1 pintu biasanya memiliki mekanisme dan bentuk yang mirip, yaitu menggunakan knop yang dapat diputar untuk mengatur level suhu yang diinginkan. Hampir semua jenis kulkas 1 pintu, baik itu produk Sharp, Polytron, Aqua, lg maupun Samsung menggunakan mekanisme knop berputar sebagai pengatur suhu.

Sementara pada kulkas 2 pintu, unit pengatur suhu memiliki beragam bentuk. Ada yang menggunakan knop berputar seperti pada kulkas 1 pintu, ada pula yang menggunakan tombol.

Kulkas yang menggunakan tombol untuk mengatur suhu, biasanya jenis kulkas inverter yang sudah mengadopsi teknologi modul digital. Jenis lemari es ini tentu saja memiliki harga yang lumayan mahal.

Berapa suhu kulkas yang normal ?

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika atau FDA, suhu kulkas yang normal atau ideal adalah – 4 °C. Sedangkan untuk suhu freezer adalah -18 °C .

Pos Terkait:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 pintu

Pada suhu ideal tersebut kualitas bahan makanan, seperti sayuran dan daging dapat terjaga kesegarannya. Selain itu pengaturan suhu kulkas yang ideal ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat merusak makanan.

Jika suhu yang kita atur terlalu tinggi, selain bahan makanan akan cepat rusak juga dapat memunculkan beragam bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Cara pengaturan suhu kulkas

Baca Juga : Ini lho, penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku

Bagaimana cara mengetahui suhu kulkas ?

Cara terbaik untuk mengetahui suhu kulkas yang sebenarnya adalah dengan menggunakan thermometer. Baik thermometer manual yang berbahan air raksa maupun thermometer digital yang menggunakan sensor suhu.

Saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan termometer untuk mengukur suhu kulkas melalui toko online dengan harga yang murah.

Beberapa kulkas dengan tipe tertentu bahkan sudah dilengkapi dengan informasi suhu kulkas. Jadi kita tidak perlu repot lagi untuk membeli thermometer. Biasanya kulkas yang seperti ini memiliki harga yang relatif mahal.

Cara pengaturan suhu kulkas 1 pintu

Hampir semua jenis kulkas 1 pintu menggunakan cara yang sama dalam mengatur suhu, yaitu dengan cara diputar. Hanya mungkin penempatan knop pengatur suhu yang berbeda.

Berikut ini cara mengatur suhu kulkas 1 pintu :

  1. Buka pintu kulkas
  2. Cari knop untuk mengatur suhu. Letak knop biasanya ada di tengah atau sisi samping ruangan kulkas atau lemari es.
  3. Putar knop pengatur suhu untuk menyetel suhu yang diinginkan. Biasanya terdapat skala suhu dari 1 sampai 5.
  4. Putar knop pengatur suhu ke kanan agar suhu kulkas lebih dingin
  5. Gunakan thermometer agar dapat mengatur suhu kulkas dengan tepat
Pos Terkait:  Ciri Freon Kulkas habis, Penyebab Dan Cara Mengisinya
pengaturan suhu kulkas

Cara pengaturan suhu kulkas 2 pintu

Untuk kulkas 2 pintu keluaran baru umumnya menggunakan tombol untuk mengatur suhu kulkas. Letak tombol ini biasanya terdapat di bagian depan body kulkas. Meski begitu ada juga kulkas 2 pintu yang menggunakan knop untuk mengatur suhu kulkas.

Baca Juga : 8 Ciri ciri kulkas yang bagus

Mengatur suhu kulkas pintu atas

Ruangan bagian atas kulkas 2 pintu biasanya digunakan untuk membekukan bahan makanan atau minuman. Bagian atas kulkas ini memiliki pintu tersendiri untuk mengaksesnya.

  • Buka pintu kulkas bagian atas. Kemudian cari tombol thermostat untuk mengatur suhu.
  • Di tombol tersebut tertera level suhu yang diinginkan.
  • Anda bisa memilih salah satu level dingin yang dikehendaki.
  • Biasanya pengaturan suhu freezer yang disetel oleh produsennya adalah medium atau lebih dingin.

Mengatur suhu kulkas pintu bawah

Pintu bagian bawah kulkas 2 pintu merupakan ruangan yang lebih besar dan biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan, seperti sayur, telur dan buah buahan.

  • Buka pintu kulkas bawah. Kemudian cari tombol thermostat untuk mengatur suhu.
  • Di dekat tombol tertulis beberapa level suhu dingin yang bisa dicapai oleh kulkas.
  • Anda dapat menentukan level suhu yang sesuai keinginan anda
  • Pastikan agar suhu yang anda setel sesuai dengan standar suhu kulkas yang tepat agar makanan tidak cepat rusak dan ditumbuhi bakteri dan jamur.
Pos Terkait:  Kulkas 2 Pintu Berapa Watt ? Cek Datanya !

Itulah penjelasan tentang pengaturan suhu kulkas, baik kulkas 1 pintu atau pun kulkas 2 pintu. Pada dasarnya cara mengatur suhu kulkas di semua tipe atau merk kulkas hampir sama. Hanya mungkin berbeda pada istilah dan skala suhu yang digunakannya saja. Semoga informasi ini berguna untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *