Kulkas Tidak Bunyi, Ini Dia Penyebabnya

Posted on

Penyebab dan cara mengatasi kulkas tidak bunyi. Dalam keadaan beroperasi normal, kulkas tidak selalu mengeluarkan bunyi secara terus menerus. Dalam waktu tertentu, kulkas akan berbunyi selama beberapa menit, kemudian mati atau tidak mengeluarkan bunyi.

Bunyi yang kita dengar dari kulkas sebenarnya berasal dari suara kompressor yang ada di bagian belakang kulkas. Kompressor ini merupakan mesin utama yang ada di dalam sistem pendinginan kulkas.

Penyebab kulkas tidak bunyi

Kompressor berfungsi untuk mensirkulasi gas pendingin di dalam pipa saluran pendingin. Selama bersirkulasi, gas pendingin atau biasa dikenal dengan freon akan mengalami perubahan bentuk akibat suhu yang diterimanya.

Mesin kompressor kulkas tidak selamanya beroperasi 24 jam. Operasi kompressor akan terhenti ketika suhu di dalam kulkas sudah mencapai titik suhu dingin yang diatur.

Jika suhu di dalam kulkas meningkat pada batas tertentu, maka kompressor akan kembali beroperasi untuk mendinginkan suhu kulkas. Demikian proses ini berlangsung berulang ulang selama kulkas dihidupkan.

Mencari penyebab kulkas tidak bunyi

Jika kita menemukan kondisi dimana kulkas tidak bunyi, maka dapat dipastikan kompressor tidak beroperasi dengan normal. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka dapat menyebabkan suhu di dalam ruangan pendingin kulkas menjadi tidak dingin lagi.

Pos Terkait:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 pintu

Lalu apa penyebab kulkas tidak ada suara ? Berikut ini adalah penyebabnya :

Listrik rumah kurang tegangan

Di daerah daerah tertentu yang terlalu banyak pemukiman yang menggunakan aliran listrik, tidak jarang ditemukan tegangan listrik yang dibawah standar. Kita tahu, besar tegangan listrik standar adalah 220V.

Namun karena banyak penggunanya, berakibat pada penurunan tegangan listrik. Kondisi ini dapat menyebabkan kompressor kulkas tidak dapat beroperasi. Karena arus listrik yang mengalir ke kompressor tidak mencukupi untuk memutar kompressor.

Jika mengalami kondisi seperti ini, menggunakan perangkat stabilizer tegangan merupakan solusi yang tepat. Agar aliran listrik yang mengalir ke kulkas dapat stabil. Sehingga kompressor bisa beroperasi dengan normal.

Anda bisa membeli stabilizer yang mempunyai daya 500W atau 1000W sesuai dengan kapasitas daya kulkas yang anda miliki. Pastikan untuk membeli stabilizer yang bagus dan berkualitas agar tidak cepat rusak.

Stabilizer tegangan

Timer bermasalah

Timer pada kulkas berfungsi untuk mengatur kapan kompressor beroperasi sesuai dengan suhu yang diatur pada ruangan pendingin kulkas.

Timer akan memutuskan dan menghubungkan aliran listrik ke kompressor dalam waktu tertentu.

Jika timer kulkas mengalami kerusakan dapat menyebabkan kompressor tidak bekerja. Sehingga kulkas tidak bunyi.

Pos Terkait:  Fungsi Thermostat Kulkas Dan Cara Kerjanya

Coba periksa kondisi timer untuk mengetahui apakah masih layak pakai atau tidak. Biasanya switch atau relai di dalam timer putus sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ganti timer dengan yang baru jika tidak dapat diperbaiki lagi.

Kompressor rusak

Bila kulkas anda tidak bunyi selama seharian, kemungkinan lain penyebabnya adalah mesin kompressor kulkas rusak. Kerusakan kompressor dapat berupa kumparan yang putus atau fuse terbakar.

Cukup sulit untuk memperbaiki mesin kompressor kulkas karena kita harus membuka tabung yang menjadi wadah kumparan.

Solusi terbaiknya adalah anda bisa mengganti mesin kompressor dengan yang masih berfungsi normal.

Sensor suhu mati

Sensor suhu bekerja sama dengan timer untuk mengendalikan kinerja kompressor sesuai dengan tingkat suhu ruangan yang disetel. Saat suhu di dalam ruangan pendingin kulkas meningkat, maka sensor suhu akan memerintahkan timer untuk menjalankan kompressor.

Sensor suhu yang telah rusak, maka tidak dapat lagi mendeteksi perubahan suhu yang ada didalam ruangan pendingin. Sehingga timer pun tidak berfungsi dengan normal untuk menjalankan kompressor.

Demikian 4 penyebab kulkas tidak bunyi. Kerusakan seperti ini dapat menyebabkan kulkas tidak dingin karena gas freon tidak bersirkulasi dengan normal. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *