Penyebab kulkas samsung 2 pintu tidak dingin

5 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Posted on
Penyebab kulkas samsung 2 pintu tidak dingin

Ada beberapa penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin. Penyebab yang paling sering adalah karena sistem defrost kulkas yang tidak bekerja atau karena gas freon dalam kulkas telah habis.

Solusi termudah untuk mengetahui kerusakan pada kulkas Samsung yang tidak dingin tersebut adalah dengan cara membaca buku panduan kulkas yang diberikan oleh pabrik pembuatnya ketika membeli.

Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki buku panduan mengatasi kerusakan kulkas Samsung ? Jangan khawatir karena saya akan memberikan informasi apa saja penyebab kulkas Samsung 2 pintu Anda mengnalami gejala kerusakan tidak dingin.

Kenali penyebab kulkas samsung 2 pintu tidak dingin

Berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab kerusakan pada kulkas samsung 2 pintu anda :

1. Defrost tidak bekerja

Faktor pertama yang paling sering dialami dan menjadi penyebab kulkas samsung 2 pintu tidak dingin adalah kerusakan pada sistem defrost kulkas. Sistem defrost ini berfungsi untuk mencairkan lapisan bunga es yang muncul di sekitar area pipa evaporator kulkas.

Pipa evaporator kulkas Samsung 2 pintu terletak di bagian belakang freezer. Fungsi evaporator adalah untuk menghasilkan suhu udara dingin.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara kerja Kulkas 2 Pintu

Suhu udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator yang ada di belakang freezer akan dihembuskan ke dalam ruangan freezer oleh kipas evaporator dan sebagian lagi akan mengalir ke ruangan bagian bawah kulkas. Akibatnya suhu di dalam ruangan kulkas menjadi dingin.

Akan tetapi, ketika sistem defrost tidak bekerja, maka akan mengakibatkan timbulnya tumpukan bunga es di area evaporator. Kondisi ini akan menyebabkan semakin berkurangnya volume area evaporator.

Penumpukan bunga es penyebab kulkas samsung 2 pintu tidak dingin

Denga berkurangnya volume udara dingin akibat banyaknya lapisan es di dalam area evaporator akan menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Hal ini dikarenakan volume udara dingin yang dihembuskan oleh kipas evaporator tidak mencukupi untuk mendinginkan ruangan kulkas.

Jika tumpukan es semakin besar, terkadang dapat menghambat putaran kipas evaporator. Sehingga kipas tidak dapat berputar untuk meniupkan udara dingin ke dalam ruangan kulkas.

Kerusakan kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin akibat sistem defrost tidak bekerja ditandai dengan menumpuknya bunga es di area evaporator. Anda mesti membuka tutup belakang freezer untuk melihat kondisi evaporator ini.

Silahkan baca artikel : Fungsi defrost pada kulkas 2 pintu

2. Freon kulkas habis

Gas freon kulkas habis dapat menjadi penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin. Gas freon merupakan zat pendingin yang berperan besar dalam operasional sistem pendingin kulkas. Tanpa adanya zat ini, mustahil kulkas dapat bekerja dengan normal.

Pos Terkait:  Ukuran Kulkas LG 2 Pintu

Gas freon bersirkulasi di dalam jaringan komponen pendingin kulkas, seperti kompresor, evaporator, kondensor dan katup ekspansi. Sirkulasi gas freon ini bekerja untuk menyerap suhu panas di dalam kulkas dan mengeluarkannya melalui pipa kondensor.

Baca : Cara kerja kulkas 2 pintu

Idelanya, gas freon kulkas tidak akan habis apabila tidak kebocoran pada jaringan pipa dan komponen pendingin kulkas. Gas freon dapat bertahan lama karena mengalami siklus tetap tanpa mengurangi kapasitasnya.

Akan tetapi, jika terjadi kebocoran pada pipa atau komponen pendingin pada kulkas, maka dapat menyebabkan ggas freon bocor dan habis.

3. Gas freon mampet

Gas freon yang mampet juga bisa menyebabkan kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin. Hal ini terjadi karena aliran gas freon untuk memindahkan panas dari dalam kulkas terganggu.

Kondisi gas freon mampet umumnya terjadi pada kulkas Samsung yang sudah berusia lama, biasanya lebih dari 4 tahun. Mampetnya aliran gas freon ini disebabkan oleh penumpukkan kotoran dan debu minyak pelumas pada pipa pendingin kulkas.

Penumpukan kotoran yang membuat gas freon mampet biasnya terjadi pada kondensor kulkas, filter atau pada pipa kapiler kulkas.

Untuk mengatasi penyebab kulkas Samsung tidak dingin seperti ini harus dilakukan flishing atau pemebersihan pipa pendingin menggunakan cairan pembersih khusus.

Pos Terkait:  Cara membuang Air Di Belakang Kulkas LG Dengan Mudah

4. Kompresor kulkas rusak

Apabila kulkas Samsung 2 pintu Anda tidak dingin tapi lampu menyala, bisa jadi disebabkan oleh kompresor kulkas yang tidak berfungsi atau mati.

Kompresor kulkas merupakan komponen kulkas yang berfungsi untuk membuat gas freon bersirkulkasi di dalam jaringan pipa dan komponen pendingin kulkas. Kompresor bisa dikatakan sebagai jantung dari sistem pendingin kulkas. Karena itu, jika kompresor mengalami kendala kerusakan, maka bisa dipastikan proses pendinginan tidak akan dapat berjalan.

Kerusakan pada kompresor dapat berupa putusnya kumparan dinamo kompresor atau komponen overload dan relay yang tidak bekerja.

kompresor kulkas panas tapi tidak dingin

5. Sistem kelistrikan kulkas bermasalah

Penyeba kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin lainnya adalah karena ada masalah pada sistem kelistrikan kulkas. Pada sistem kelistrikan kulkas Samsung w 2 pintu terdapat beberapa komponen pendukung, seperti timer, switch dan soket perkabelan.

Anda mesti memeriksa setiap kabel dan sambungan soket kabel untuk memastikan tidak ada jalur kelistrikan yang putus.

Tanda sistem kelistrikan kulkas bermasalah biasanya berupa lampu kulkas tidak menyala atau komporesor kulkas tidak bunyi.

Itulah beberapa penyebab kulkas Samsung 2 pintu tidak dingin yang sering dialami oleh pengguna kulkas Samsung. Jika kerusakan kulkas cukup parah, mungkin sebaiknya Anda menghubungi jasa layanan perbaikan kulkas agar segera ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *