Penyebab bunga es pada kulkas

Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

Posted on
Penyebab bunga es pada kulkas

Bunga es pada freezer kulkas bunga hanya kurang enak dilihat, namun juga bisa mempengaruhi kualitas bahan makanan dan minuma yang tersimpan di dalam kulkas. Selain itu, tumpukan bunga es pada kulkas ini dapat mengurangi efisiensi kinerja sistem pendingin kulkas Anda.

Lalu apa penyebab bunga es pada kulkas dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terjadi ? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Apa penyebab bunga es pada kulkas ?

Bunga es adalah pembekuan uap air yang ada disekitar evaporator. Pembekuan uap air ini jika dibiarkan, maka lama kelamaan akan menumpuk dan membentuk karang es di ruangan freezer atau di area pipa evaporator.

Pada jenis kulkas 1 pintu, dimana evaporator menyatu dengan wadah freezer, penumpukan bunga es terjadi di dalam wadah atau ruangan freezer. Sementara pada kulkas 2 pintu, bunga es umumnya emnumpuk di area sekitar pipa evaporator di bagian belakang freezer.

Kulkas 1 pintu umumnya tidak dilengkapi dengan sistem defrost yang dapat mencairkan bunga es secara otomatis. Sehingga penumpukkan lapisan es pada ruangan freezer merupakan keniscayaan yang tidak dapat dihindari.

Pos Terkait:  Penjelasan Lengkap Diagram Kulkas 2 Pintu

Sedangkan pada kulkas 2 pintu yang telah dilengkapi dengan fiur defrost otomatis, seharusnya penumpukan bunga es tidak terjadi karena secara otomatis akan dicairkanoleh sistem defrost.

Akan tetapi pada kondisi tertentu bisa saja terjadi penumpukan bunga es sebagai akibat dari adanya masalah pada kulkas. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat bunga es pada kulkas menumpuk :

  • Pengaturan suhu kulkas yang terlalu dingin
  • Udara di sekitar kulkas terlampau lembab
  • Sistem defrost kulkas tidak bekerja
  • Kipas evaporator tidak berputar
  • Lapisan karet pada pintu kulkas rusak
  • Memasukkan makanan yang lembab dan mengadung uap air

Dampak buruk bunga es pada kulkas

Sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan kebersihan freezer dari penumpukan bunga es, karena bisa menyebabkan kerugian sebagai berikut :

  • Volume ruangan penyimpanan menjadi berkurang
  • Membuat makanan menjadi kurang enak
  • Mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan di kulkas
  • Makanan berpotensi tercemar air dari bunga es yang mencair
  • Kerja kulkas menjadi tidak optimal

Cara mengatasi bunga es

Kulkas 1 pintu

Kulkas 1 pintu umumnya tidak dilengkapi dengan sistem defrost yang berfungsi untuk mencairkan lapisan bunga es yang terbentuk di sekitar evaporator. Karena itu, untuk mengatasi bunga es yang ada pada ruangan freeser harus dilakukan secara manual.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es batu

Caranya adalah dengan mengatur pengaturan suhu kulkas pada settingan paling minimal atau mentok ke sebelah kiri. Pada kondisi ini, kita menjadikan sistem pendingin kulkas agar berhenti bekerja.

Sehingga secara perlahan lapisan bunga es yang terbentuk akan mencair dan hilang. Pastikan untuk mengosongkan lebih dulu wadah penampung air agar tidak meluber kemana mana.

Jika ruangan freezer sudah bersih dari bunga es, Anda dapat membersihkan ruangan tersebut menggunakan lap basah supaya bersih dari kotoran.

Atur kembali suhu kulkas seperti biasa untuk mengembalikan kinerja kulkas seperpti sebelumnya.

Kulkas 2 pintu

Untuk jenis kulkas 2 pintu yang sudah dilengkapi denga sistem defrost, sebetulnya tidak diperlukan perawatan untuk mencairkan bunga es yang ada pada freezer. Karena biasanya, sistem defrost akan menyala secara periodik untuk bekerja mencairkan lapisan es.

Dengan kata lain, pada kulkas 2 pintu seharusnya bisa bebas dari permasalahan bunga es, karean sudah secara otomatis diatasi oleh sistem defrost kulkas.

Akan tetapi, jika terjadi penumpukkan bunga es pada kulkas 2 pintu, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada sistem defrost. Untuk mengatasi hal ini, perlu memanggil teknisi kulkas agar diperiksa.

Tips mencegah munculnya bunga es pada kulkas

Penyebab bunga es kulkas umumnya adalah karena terlalu banyak uap air yang ada di dalam ruangan freezer dan karena ada kerusakan pada sistem deforst kulkas.

Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulkas Anda terhindar dari pembentuk lapaisan bunga es yang tidak diinginkan :

  • Sebaiknya jangan membiarkan kulkas terlalu lama membuka, karena dapat menyebabkan uap air dari luar masuk ke dalam.
  • Periksa kondisi lapisan karet pelapis pintu kulkas.
  • Pastikan Anda menutup pintu kulkas dengan rapat .
  • Bersihkan freezeer secara teratur untuk mencegah berkumpulnya uap air
  • Periksa secara berkala sistem defrost kulkas
  • Atur suhu freezer pada derajat dingin yang sesuai, jangan terlalu dingin
  • Tempatkan hanya makanan beku yang ada pada freezer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *