Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Bisa Beku

Posted on

Biasanya penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku adalah karena proses pendinginan yang kurang optimal. Suhu di dalam freezer tidak mencapai titik rendah yang dapat membuat air jadi es. Penyebab kurang optimalnya proses pendinginan pada kulkas ini bisa banyak faktor, namun biasanya karena terjadi masalah pada aliran gas freon.

Kulkas nampaknya menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan sayur agar tidak cepat rusak, kulkas juga bisa difungsikan sebagai freezer untuk membekukan daging.

Namun jika proses pendinginan pada kulkas anda kurang optimal, maka freezer di dalam kulkas tidak akan bisa membekukan air atau daging dengan baik.

Lalu apa penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku atau kurang dingin ? Berikut ini adalah penjelasannya :

Kulkas 2 pintu tidak beku

Ini lho, penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku

Ada beberapa faktor yang dapat membuat kulkas anda baik yang 1 pintu atau pun 2 pintu kurang optimal dalam proses pendinginannya.

Pos Terkait:  8 Penyebab Kompresor Hidup Tapi Tidak Dingin

1. Adanya kebocoran freon

Gas freon merupakan zat yang sering digunakan pada sistem pendingin, seperti kulkas, freezer box, ac maupun showcase. Sifat gas freon yang mudah menguap dimanfaatkan untuk menyerap panas yang ada di dalam freezer atau kulkas. Sehingga terjadi perpindahan suhu panas dari dalam kulkas ke luar.

Jika terjadi kebocoran pada pipa pendingin kulkas, dapat menyebabkan gas freon mengalir keluar. Kondisi kebocoran ini jika dibiarkan akan membuat gas freon menjadi habis. Akibatnya tentu saja kulkas anda tidak bisa dingin.

Kebocoran gas freon karena ada bagian pipa pendingin yang berlubang dapat di deteksi dengan munculnya bau yang tidak enak di sekitar kulkas. Bau ini berasal dari gas freon yang mengali keluar karena pipa yang bocor.

Baca Juga : Ini penyebab kompresor hidup tapi kulkas tidak dingin

2. Pipa gas freon tersumbat

Aliran gas freon yang yang tidak lancar pun dapat menyebabkan kulkas tidak bisa dingin atau beku. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya sumbatan kotoran pada pipa pendingin.

Sumbatan pada pipa pendingin membuat gas freon yang mengalir menjadi lebih sedikit, sehingga penyerapan panas yang dilakukan oleh gas freon tidak optimal.

Pos Terkait:  Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

3. Kipas evaporator mati

Kipas evaporator berfungsi untuk menghembuskan udara dingin di sekitar evaporator agar masuk ke freezer. Jika kipas evaporator mati atau tidak berputar maka udara dingin tidak bisa dihembuskan ke freezer.

Putaran kipas evaporator dikendalikan oleh switch yang berada di sisi pintu freezer. Jika pintu freezer dalam kondisi tertutup, maka kipas akan berputar. Sebaliknya jika pintu freezer dibuka maka kipas evaporator akan berhenti berputar.

Coba periksa apakah terjadi kerusakan pada kipas atau pada switch door pintu freezer.

Kipas evaporator

4. Kipas kondenser mati

Kipas kondenser biasanya terletak di bagian bawah kulkas menempel pada pipa kondenser. Fungsi kipas kondenser pada kulkas adalah untuk membantu pendinginan gas freon yang ada di dalam pipa kondenser. Kipas kondenser akan meniup udara panas pada kondenser sehingga gas freon lebih cepat turun suhunya.

Apabila kipas kondenser tidak berputar, maka proses pendinginan gas freon di kondenser akan kurang maksimal. Ha l ini dapat mengakibatkan suhu air di freezer pada kulkas 2 pintu tidak bisa beku.

5. Thermostat rusak

Thermostat pada kulkas berfungsi untuk menjaga suhu freezer agar stabil sesuai dengan yang diinginkan. Kita bisa mengatur suhu kulkas dengan cara memutar atau memilih suhu kulkas melalui knop atau tombol pengatur suhu.

Pos Terkait:  5 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Jika thermostat pengatur suhu mengalami kendala, maka pendinginan di dalam kulkas tidak dapat maksimal. Bahkan jika thermostat telah rusak, maka bisa berakibat kulkas anda tidak akan dingin sama sekali.

Baca Juga : Ternyata ini fungsi thermostat kulkas

6. Kompresor kulkas sudah lemah

Putaran rpm kompresor kulkas yang sudah mulai melemah juga bisa menyebabkan kulkas tidak bisa dingin secara maksimal. Ini disebabkan karena sirkulasi gas freon di dalam jaringan pipa pendingin kurang maksimal.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat membuat kulkas 2 pintu tidak bisa beku. Jika kulkas anda mengalami gejala kerusakan seperti ini, baiknya ditangani oleh teknisi kulkas. Karena proses perbaikan kulkas membutuhkan keahlian dan alat bantu tertentu.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *