Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu

Posted on

Meskipun sebagian besar komponen yang ada pada kulkas 2 pintu memiliki kesamaan dengan kulkas 1 pintu, namun ada beberapa komponen kulkas yang hanya ada pada kulkas 2 pintu, diantaranya adalah timer kulkas.

Timer pada kulkas 2 pintu digunakan untuk mengendalikan kerja sistem defrost kulkas. Kerusakan yang terjadi pada timer dapat berakibat defrost tidak bekerja seperti biasanya.

Letak timer kulkas umumnya berada di sisi belakang lemari es dekat dengan kompresor. Timer ini menjadi komponen pertama yang mengatur aliran arus listrik ke kompresor dan defrost.

Fungsi timer kulkas

Fungsi timer kulkas adalah untuk mengatur pemberian arus listrik pada kompresor dan sistem defrost. Dengan adanya timer, kompresor dan heater atau sistem defrost tidak akan bekerja bersamaan. Sehingga pencairan bunga es dapat berlangsung dengan cepat.

Timer kulkas pada dasarnya adalah sebuah switch atau saklar yang digerakkan oleh relay selenoid. Sistem pneumatik pada timer akan mengatur durasi waktu heater bekerja.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Bisa Beku

Setiap 6 atau 8 jam sekali timer akan memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem defrost. Sehingga kompresor akan berhenti beroperasi, sementara sistem defrost mulai bekerja.

Cara kerja timer kulkas

Selain timer, sistem defrost pada kulkas 2 pintu juga dibantu oleh sensor defrost yang berfungsi untuk mendeteksi suhu di area evaporator. Saat suhu di evaporator sangat dingin, bimetal di dalam sensor defrost akan menghubungkan dua pelat terminal. sehingga arus listrik dapat mengalir dari timer ke heater atau pemanas.

Cara kerja timer kulkas 2 pintu

Berikut ini cara kerja timer kulkas 2 pintu selengkapnya :

  • Pada posisi normal, relay di dalam timer akan menghubungkan arus listrik ke kompresor
  • Kompresor akan bekerja untuk mendinginkan kulkas
  • Setiap 6 atau 8 jam sekali, sistem pneumatik pada timer akan memindahkan switch dari kompresor ke sistem defrost
  • Arus listrik akan mengalir ke pemanas atau heater melewati sensor defrost.
  • Saat sensor defrost dalam keadaan tertutup (close) karena suhu sangat dingin, maka arus listrik dapat mengalir ke heater
  • Sistem pemanas pun bekerja untuk mencairkan bunga es yang muncul di area evaporator
  • Pencairan bunga es akan terhenti ketika timer kulkas memutus aliran arus listrik ke sistem defrost atau ketika sensor defrost terbuka (open) karena suhu tidak lagi dingin
Pos Terkait:  5 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Begitu seterusnya timer akan mengendalikan kapan sistem defrost bekerja.

Tiap kulkas berbeda beda waktu defrost mulia beroperasi, namun umumnya berkisar antara tiap 6 sampai 9 jam sekali.

Cara pasang timer kulkas

Cara pasang timer kulkas tidak terlalu sulit, karena menggunakan socket. Yang perlu diperhatikan adalah susunan terminal pada timer.

Ada dua jenis timer yang biasa digunakan pada kulkas berdasarkan susunan terminalnya :

1. Timer kulkas 1-3

Timer 1- 3 berarti terminal 1 dan 3 adalah terminal selenoid pada timer. Karena itu kedua terminal ini terhubung dengan sumber arus listrik.

Sementara 2 terminal lainnya terhubung ke kompresor dan sistem defrost kulkas.

2. Timer kulkas 1-4

Berbeda dengan timer sebelumnya, selenoid pada timer 1-4 terletak pada terminal nomor 1 dan 4. Jadi kita mesti menghubungkan sumber arus listrik ke terminal tersebut.

Sementara untuk terminal 2 dan 3 masing masing terhubung ke kompresor dan kulkas.

Anda harus berhati hati dalam memasang timer kulkas agar jangan sampai posisi pemasangannya tertukar. Untuk lebih jelas, anda bisa melihat skema kelistrikan kulkas tersebut.

Ciri kerusakan timer kulkas

1. Sistem defrost tidak bekerja

Seperti telah dijelaskan diatas, sistem defrost pada kulkas 2 pintu dikendalikan oleh timer kulkas. Jadi jika terjadi kerusakan pada timer, maka dapat menyebabkan terganggunya kinerja sistem defrost.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Gejala yang ditimbulkan biasanya terjadi penumpukan bunga es pada evaporator. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus maka bisa mengakibatkan kulkas bagian bawah tidak dingin.

2. Kulkas tidak dingin

Jika switch di dalam timer kulkas mengalami kerusakan dapat menyebabkan aliran listrik tidak bisa mengalir ke kompresor kulkas. Hal ini akan berakibat sistem pendingin kulkas tidak bekerja. Sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin.

Kerusakan ini banyak terjadi pada kulkas yang telah berusia lama, lebih dari 10 tahun.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *