6 Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total

Posted on

Tips mudah cara memperbaiki kulkas mati total – Kulkas merupakan perabotan rumah tangga yang sudah umum dimiliki oleh tiap rumah. Karena dengan adanya kulkas, kita dapat menyimpan bahan makanan sehingga lebih tahan lama. Selain itu bagi anda yang suka dengan minuman dingin dapat dengan mudah didapatkan lewat kulkas.

Saat ini beragam jenis dan merk kulkas telah diproduksi oleh produsen barang elektronika, seperti Sharp, Polytron, Aqua dan banyak lagi. Dari segi jenis, kulkas terbagi menjadi dua macam : kulkas dengan satu pintu dan kulkas 2 pintu.

Kulkas bekerja dengan cara menyerap suhu panas yang ada di dalam kulkas melalui sistem pendinginan berbahan dasar gas freon. Gas freon ini bersirkulasi di dalam pipa pendingin untuk menyerap dan membuang panas di dalam ruangan pendingin kulkas.

Seperti barang elektronika lainnya, kulkas pun dapat mengalami kendala kerusakan yang dapat menyebabkannya mati total. Sehingga proses pendinginan tidak bekerja.

Cara memperbaiki kulkas mati total

Jika anda mengalami masalah kulkas seperti ini, jangan khawatir karena di artikel ini kita akan memberikan tips cara memperbaiki kulkas mati total dengan mudah.

Cek 6 penyebab dan cara memperbaiki kulkas mati total

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulkas mati secara tiba tiba saat sedang beroperasi. Karena itu kita perlu memeriksanya satu persatu untuk mengetahui komponen mana yang menyebabkan masalah pada kulkas.

Pos Terkait:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 pintu

1. Kabel putus

Tidak jarang ditemukan kerusakan kulkas mati total akibat kabel listriknya yang putus. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tikus atau kualitas kabel yang sudah tidak layak.

Lepas kabel steker atau colokan listrik kulkas, kemudian cek kondisi kabelnya apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Jika ada bagian kabel yang terkelupas atau terpotong, sebaiknya diganti yang baru untuk alasan keamanan.

2. Cek lampu kulkas

Perhatikan kondisi lampu kulkas saat pintu kulkas dibuka. Secara normal lampu kulkas akan menyala ketika pintu kulkas terbuka. Hal ini dimaksudkan untuk menerangi ruangan kulkas yang gelap.

Jika lampu kulkas masih dapat menyala ketika pintu kulkas dibuka, hal itu menandakan aliran listrik dari rumah kita masih mengalir di dalam sistem kelistrikan kulkas.

Pada kasus kulkas mati total seperti ini biasanya penyebabnya adalah kompressor yang tidak bekerja. Sehingga proses pendinginan tidak dapat berlangsung.

Salah satu ciri kompressor yang tidak bekerja tidak ada suara dari kulkas selama beberapa jam. Kulkas tidak bunyi ini dapat menjadi indikator kulkas mengalami kendala mati total.

3. Fuse putus

Sebagai langkah pengamanan, umumnya perangkat elektronika dilengkapi dengan fuse atau sekering. Fuse kulkas akan terputus jika terjadi hubungan singkat di dalam sistem kelistrikan kulkas akibat kelebihan beban.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Bisa Beku

Periksa fuse untuk melihat apakah terputus atau tidak. Jika telah putus, baiknya ganti dengan yang baru.

Ganti fuse sesuai dengan ukurannya agar tidak mengakibatkan kerusakan pada kulkas.

4. Timer kulkas mati

Timer pada kulkas berfungsi untuk mengatur kerja mesin kulkas. Di dalam timer terdapat komponen utama berupa relai atau saklar yang diaktifkan oleh sensor suhu.

Ketika suhu kulkas meningkat pada skala tertentu yang sudah ditentukan, maka relai akan bekerja menghubungkan aliran listrik ke mesin kompressor kulkas. Akibatnya terjadi sirkulasi gas freon untuk memulai proses pendinginan kembali.

Apabila terjadi kendala pada timer, maka aliran listrik dari rumah tidak dapat tersalurkan ke dengan baik ke kompressor. Sehingga kompressor tidak dapat bekerja dengan normal. Akibatnya adalah kulkas tidak dingin atau mati total.

Coba periksa periksa kondisi timer kulkas untuk melihat relai yang ada di dalamnya masih bekerja atau tidak.

5. Kompressor mati

Kompressor merupakan mesin kulkas yang utama. Tanpa kompressor mustahil gas freon dapat bersirkulasi di dalam pipa sistem pendingin. Karena itu, jika komponen ini mengalami kendala atau rusak, maka bisa dipastikan kulkas akan berhenti beroperasi atau mati total.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara Kerja Kompresor Kulkas

Cukup sulit cara memperbaiki kulkas mati total yang disebabkan karena kompressor yang rusak. Karena semua komponen pada kompressor terletak di dalam tabung yang tidak dapat dibuka dengan mudah.

Kita harus membelah tabung kompressor kulkas untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada kompressor tersebut. Umumnya kerusakan kompressor kulkas disebabkan karena kumparan dinamo kompressor yang putus akibat panas.

Solusi tercepat untuk memperbaiki kerusakan kulkas mati total karena kompressor yang rusak adalah dengan menggantinya kompressor dengan yang baru.

6. Colokan steker rusak

Colokan steker

Meskipun jarang, kerusakan kulkas yang tiba tiba mati total pun dapat disebabkan karena colokan steker atau lubang terminal steker listrik rumah yang rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan aliran arus listrik tidak terdeteksi pada colokan.

Coba pindahkan steker atau colokan kulkas ke steker listrik yang lain yang masih berfungsi dengan normal.

Itulah penjelasan tentang tips cara memperbaiki kulkas mati total yang harus anda ketahui dan bisa dipraktekkan sendiri. Semoga berguna dan selamat mencoba.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *