Cara Pasang Antena TV Led Biar Jernih

Penulis : Update Terakhir : 14/12/2021 Waktu Baca : 2 Menit

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika pasang antena tv led biar jernih meskipun jauh dari pemancar tv. Kecerobohan dalam memasang antena tv bisa mengakibatkan penangkapan sinyal kurang maksimal.

Pemasangan antena yang benar menjadi faktor penting yang tidak dapat diabaikan supaya menghasilkan gambar tv yang jernih. Terlebih jika letak daerah Anda jauh dari pemancar atau berupa dataran perbukitan.

Bahkan buat yang tinggal di perkotaan pun tidak jarang kesulitan mendapatkan sinyal tv yang bagus. Hal ini disebabkan oleh banyaknya gedung tinggi yang menghalangi transmisi sinyal dari pemancar ke perangkat penerima tv.

Karena itu, memasang antena tv menjadi hal penting dan bisa berpengaruh terhadap daya tangkap gelombang.

Tips pasang antena tv led biar jernih

Tv led merupakan generasi terbaru teknologi perangkat televisi yang memiliki kualitas dan fitur yang baik. Bahkan saat ini telah hadir smart tv yang merupakan jenis tv led yang menyematkan fitur internet di dalamnya. Sehingga pengguna dapat merasakan beragam hiburan melalui media televisi.

Salah satu kelebihan tv led dibandingkan dengan tv tabung biasa adalah tampilan gambar yang terlihat lebih jernih dan tajam. Anda akan lebih merasakan perbedaan tampilan gambar tv led saat menonton tv jika didukung pemasangan perangkat antena tv yang baik.

Berikut ini tips pasang antena tv led biar jernih dan maksimal :

1. Gunakan antena tv berkualitas

Tips pasang antena tv led biar jernih
Antena Yagi

Tips pertama yang perlu Anda ketahui adalah memilih antena tv yang berkualitas. Agar dapat menghasilkan penerimaan sinyal tv yang baik, antena yang digunakan harus memiliki kualitas yang bagus. Tidak asal pilh saja.

Antena tv yang berkualitas dapat dilihat dari :

  • Jenis antena
  • Kualitas bahan elemen antena
  • Struktur desain antena

Di pasaran banyak dijual antena tv dengan bermacam jenis dan bentuk. Menurut pengalaman, antena tv jenis yagi mempunyai kualitas yang baik untuk menerima sinyal yang lemah. Karena jenis antena ini memiliki struktur elemen yang saling mendukung untuk memperkuat sinyal.

Apalagi buat Anda yang tinggal sangat jauh dari stasiun pemancar tv, antena yagi sepertinya pilihan yang tepat agar mendapatkan kualitas sinyal tv yang baik.

Selain jenis antena, bahan pembuat antena pun memberikan pengaruh yang besar pada daya tangkap antena. Kualitas logam alumunium yang digunakan untuk membuat antena, mempengaruhi penerimaan gelombang tv.

2. Pakai tiang yang tinggi

Jika Lokasi Anda sangat jauh dari pemancar tv atau untuk daerah yang susah sinyal, sebaiknya jangan pernah menggunakan jenis antena tv dalam atau indoor. Karena akan kesulitan untuk menerima gelombang.

Alih alih memakai antena dalam, seharusnya Anda memasang antena luar pada tiang yang tinggi.

Jenis sinyal tv merupakan gelombang pendek yang dipancarkan secara langsung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasang antena pada tiang yang tinggi agar dapat menjangkau pancaran gelombang dari stasiun tv.

Namun perlu diperhatikan agar memasang penangkal petir saat Anda menggunakan tiang antena yang tinggi. Karena benda yang tinggi sangat rentang terhadap bahaya samabran petir.

3. Atur arah antena yang benar

Tips pasang antena tv led biar jernih selanjutnya adalah mengatur arah antena yang benar. Anda jangan asal memasang antena tanpa memperhatikan posisi arah yang benar, karena bisa membuat daya tangkap kurang maksimal.

Putar tiang antena sambil melihat perubahan gambar tv led yang ditampilkan. Cari arah antena yang tepat agar gambar tv bening.

Arah antena tv tiap tempat berbeda beda tergantung lokasi stasiun pemancar tv berada. Patokannya adalah Anda mestri mengarahkan antena ke arah stasiun tv.

3. Pertimbangkan untuk memakai booster sinyal

Booster sinyal merupakan perangkat penguat sinyal yang dapat digunakan untuk menguatkan penerimaan sinyal tv.

Jika semua usaha memasang antena telah dilakukan namun sinyal tv masih saja lemah, mungkin sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan booster. Anda dapat memilih booster yang memiliki kualitas penguatan sinyak yang besar.

Semakin besar nilai penguatan yang dapat dilakukna oleh booster, akan memberikan dampak yang baik bagi penerimaan sinyal oleh televisi.

4. Pakai kabel yang terbaik

Buat Anda yang berada dekat dengan lokasi stasiun pemancar tv, penggunaan kabel sembarang tidak akan berpengaruh banyak pada penerimaan gelombang tv. Namun bagi yang jauh dari pusat pemancar tv, menggunakan kabel antena yang bagus dapat meningkatkan gain atau penguatan sinyal tv.

Kabel antena tv yang bagus memiliki ciri jumlah kabel serabut yang lebih banyak dan terbuat dari tembaga. Selain itu, konstruksi isolasi kabel juga lebih tebal dan tidak mudah terkelupas.

Lihat Juga