Pengertian Kulkas Inverter, Harga Dan kelebihannya

Posted on

Yuk, kenali apa itu kulkas inverter dan kelebihannya dibandingkan dengan jenis kulkas biasa atau standar. Kulkas atau lemari es merupakan salah satu produk elektronika rumah tangga yang cukup populer dan hampir dimiliki oleh semua rumah tangga di Indonesia.

Dengan adanya kulkas, bahan makanan yang kita miliki tidak cepat rusak dan tetap segar selama beberapa hari. Selain itu dengan memiliki kulkas di rumah, air dingin yang menyegarkan akan selalu tersedia dan bisa kapan saja anda minum.

Sama seperti produk elektronika lainnya yang mengalami perkembangan dan inovasi teknologi, kulkas pun tidak luput dari dampaknya. Salah satu inovasi teknologi kulkas yang saat ini sedang trend adalah teknologi kulkas inverter.

Dengan menerapkan teknologi inverter ke dalam sistem kelistrikan kulkas, di klaim mampu menghemat energi listrik hingga 70%. Menarik bukan ?

Mari kita bahas seperti apa sih, kulkas yang menerapkan teknologi inverter ini.

Apa yang dimaksud dengan kulkas inverter ?

Kelebihan kulkas inverter

Kulkas inverter adalah kulkas yang menerapkan teknologi inverter untuk mengendalikan kerja kompresornya. Dengan menggunakan inverter, kompresor kulkas akan beroperasi secara fluktuatif menyesuaikan beban kerja yang harus dijalankannya.

Operasional kompresor akan dikendalikan oleh sebuah modul inverter yang ditanamkan pada sistem pendingin kulkas. Dengan adanya modul inverter ini, daya listrik yang dialirkan ke kompresor akan disesuaikan dengan kondisi suhu di dalam kulkas.

Pos Terkait:  Kompresor Kulkas Panas Apakah Normal ?

Baca Juga : Ini penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku

Apa perbedaan kulkas inverter dan biasa ?

Secara bentuk dan tampilan serta hasil suhu maksimal kulkas yang dihasilkan antara kulkas biasa atau standar dengan kulkas inverter tidak ada perbedaan yang berarti. Perbedaannya hanya pada sisi teknis kerja sistem pendinginan kulkas saja. Dimana dengan menggunakan teknologi inverter, kerja sistem pendinginan kulkas menjadi lebih menghemat daya listrik.

Bagi anda yang belum tahu cara kerja kompresor kulkas standar bisa dibaca pada artikel di website ini.

Pada jenis kulkas biasa yang menggunakan kompresor kulkas tanpa teknologi inverter, kompresor dipaksa untuk selalu bekerja pada kondisi beban maksimum. Bahkan pada kondisi dimana kulkas sudah mengalami proses pendinginan awal sekalipun, kompresor tetap bekerja pada putaran rpm maksimal.

Dengan kata lain, kompresor harus bekerja dengan sistem ON- OFF. Dimana setiap kali kompresor ON, maka kompresor harus selalu beroperasi dalam kondisi putaran maksimum. Ini tentu saja merupakan pemborosan daya listrik.

Kerja kompresor kulkas biasa dikendalikan oleh thermostat yang menggunakan sistem mekanis dengan komponen utama berupa bimetal.

Kondisi ini berbeda dengan kulkas jenis inverter yang beroperasi tidak selalu dalam putaran maksimum. Kompresor akan berputar sedikit lebih cepat saja ketika terjadi peningkatan suhu di dalam kulkas. Misalnya saat pintu kulkas dibuka agak lama.

Ketika suhu kulkas telah stabil, kompresor akan menurunkan putarannya. Dengan begitu daya listrik akan dibuat menjadi lebih hemat, bukan ?

Bagaimana cara kerja kulkas inverter ?

Prinsip kerja kulkas inverter mempunyai kesamaan dengan sistem akselerasi kecepatan mobil. Dimana ketika dibutuhkan kecepatan mobil yang tinggi, maka sistem akan mengakselerasi kecepatan sesuai dengan yang diinginkan. Sebaliknya jika hanya membutuhkan kecepatan rendah, maka sistem akselerasi akan menurunkan kecepatannya.

Pos Terkait:  Ini Jawaban, Listrik Kulkas Berapa Watt ?

Di dalam kulkas, kebutuhan akan kecepatan putaran kompresor yang sesuai diatur oleh sensor suhu dan modul sistem inverter. Saat sensor suhu mendeteksi perubahan suhu dingin di dalam kulkas, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke sistem inverter untuk menggerakkan kompresor agar suhu kulkas kembali ke kondisi semula.

Contoh modul kulkas inverter
Modul kulkas inverter

Selanjutnya sistem akan kembali menurunkan putaran kompresor ketika suhu kulkas telah sesuai dengan yang diatur. Kompresor kulkas akan tetap berputar namun dalam daya yang sangat kecil untuk menjaga suhu kulkas agar tetap konstan.

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak dingin ternyata karena ini lho..

Kelebihan kulkas jenis inverter

Teknologi baru yang diterapkan pada produk elektronika tentu saja akan menghasilkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknologi standar sebelumnya. Apa saja kelebihan kulkas inverter ? Berikut ini adalah ulasannya :

1. Lebih hemat energi

Berbeda dengan kulkas atau lemari es biasa yang selalu beroperasi dalam kondisi putaran maksimal, pada sistem inverter, kompresor hanya beroperasi sesuai dengan kebutuhan beban saja. Ketika terjadi perubahan kecil suhu di dalam kulkas, kompresor hanya bekerja sedikit lebih cepat saja. Tidak perlu harus berputar maksimal yang membutuhkan daya besar.

Putaran kompresor daya maksimal hanya terjadi ketika awal kulkas dihidupkan atau ketika kondisi musim panas. Dengan menyesuaikan putaran kompresor berdasarkan kebutuhan, maka penghematan penggunaan daya listrik bisa dilakukan.

2. Tidak berisik

Saat beroperasi pada putaran maksimal atau beban penuh, kompresor kulkas cenderung mengeluarkan suara berisik. Suara ini berasal dari mekanisme kerja komponen di dalam kompresor itu sendiri. Apalagi jika usia kompresor kulkas telah lama. Suara yang dihasilkan biasanya makin keras.

Hal ini tidak terjadi pada kulkas yang menggunakan sistem inverter. Karena kompresor tidak harus berputar pada kondisi beban penuh, maka suara yang dikeluarkan saat beroperasi pun relatif lebih kecil.

Pos Terkait:  Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

3. Usia kompresor lebih awet

Kompresor merupakan komponen utama dalam sistem pendingin kulkas. Kompresor kulkas terus beroperasi sepanjang kulkas dihidupkan untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin.

Pada sistem inverter, kompresor kulkas tidak selalu berputar dalam mode daya maksimum sehingga usia kompresor akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

4. Tahan terhadap perubahan tegangan listrik

Sistem inverter pada kulkas telah didesain untuk dapat mengantisipasi perubahan tegangan listrik. Sehingga kulkas tetap bisa beroperasi normal meskipun tegangan listrik di rumah anda naik turun.

Anda tidak perlu lagi membeli stabilizer tegangan untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke kulkas. Karena kulkas dengan sistem inverter telah dirancang agar dapat tetap bekerja stabil pada tegangan rendah sekalipun mulai 95V sampai 220V.

5. Suhu kulkas lebih stabil

Dengan menjaga agar kompresor tetap berputar, maka suhu di dalam kulkas akan tetap terjaga dan relatif lebih konstan. Ini tentu saja memberi efek baik pada bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas yang akan lebih terjaga kualitas dan kesegarannya.

6. Pendinginan lebih cepat

Tahukah anda, saat anda membuka pintu kulkas selama beberapa saat untuk mengambil makanan atau minuman di dalamnya, terjadi peningkatan suhu di dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena suhu luar masuk ke dalam ruangan kulkas.

Peningkatan suhu di dalam kulkas akibat pintu kulkas terbuka ini dapat dengan cepat diatasi oleh sistem inverter dengan cara menambah kecepatan putaran kompresor. Sehingga suhu kulkas dapat kembali sesuai dengan yang anda setel dalam waktu yang relatif cepat.

Itu tadi beberapa kelebihan kulkas inverter. Jika anda tertarik, berikut ini adalah harga beberapa jenis lemari es tipe inverter dari brand yang berbeda.

Baca Juga : 8 Ciri ciri kulkas yang bagus

Harga kulkas inverter

Harga kulkas inverter

Hampir semua produsen kulkas saat ini telah mengeluarkan kulkas atau lemari es jenis inverter. Tentunya dengan fitur unggulannya masing masing dan harga yang bervariasi.

Berikut ini adalah tabel contoh harga kulkas inverter dari beberapa brand ternama :

Brand TipeHarga
LGGN-B422SQCL / 2 PintuRp.5.948.000
LGGN-B215SQMT / 2 PintuRp.3.460.000
LGGN-B195SQMT / 2 PintuRp.3.198.000
SHARPGEA G4D40 / 4 PintuRp.6.617.000
SHARPSJ-450GP / 2 PintuRp.4.596.000
SHARPSJ-IF51PG / 4 PintuRp.9.349.000
POLYTRONBelleza Jumbo / 2 PintuRp.3.149.000
HITACHIR-WB64VG / 4 PintuRp.17.395.000
SAMSUNGRT-32k5032S8 / 2 PintuRp.5.999.000
SAMSUNGRT-22FARBDSA / 2 PintuRp.4.049.000
AQUAAQR305 IMRp.4.100.000
PANASONICEconaviRp.3.999.000
*Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Demikian pembahasan tentang apa itu pengertian dan kelebihan kulkas inverter. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang jenis kulkas yang lagi trend saat ini.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *