7 Penyebab Kulkas Nyetrum Dan Cara Memperbaikinya

Posted on

Menurut pengalaman teknisi, kulkas nyetrum lebih sering disebabkan karena instalasi kabel kelistrikan kulkas terkelupas. Kerusakan seperti ini tentu saja tidak bisa dianggap sepele karena dapat membahayakan pengguna. Terutama pada anak kecil.

Bagian kulkas yang nyetrum bisa dimana saja, tergantung penyebabnya. Menurut pengalaman, bagian kulkas yang nyetrum banyak terjadi pada body belakang kulkas, kompresor dan pegangan pintu kulkas. Namun pernah juga yang mengalami masalah pada freezer kulkas yang nyetrum.

Penyebab kulkas nyetrum

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kulkas nyetrum. Karena itu kita mesti memeriksanya secara seksama untuk menemukan penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan kerusakan kulkas menyetrum.

1. Kabel kulkas colokan terkelupas

Faktor pertama yang paling mudah untuk diperiksa adalah kabel colokan kulkas yang menuju ke steker atau terminal colokan listrik. Anda perlu memeriksa kabel colokan ini karena biasanya sering ditemukan ada bagian lapisan luar kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus.

Pastikan anda mencabut lebih dulu colokan kulkas dari listrik agar terhindar dari bahaya kesetrum. Periksa kabel kulkas dengan cara meraba permukaan kabel untuk menemukan bagian kabel yang bekas gigitan tikus.

Pos Terkait:  Ini Penjelasan Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

Jika ada lapisan kabel yang terkelupas, bungkus kembali dengan isolasi kabel yang bagus sehingga aman. Gunakan obat pembasmi tikus bila di rumah anda banyak tikus yang suka menggigit kabel.

Colokan kulkas terkelupas

2. Sambungan kabel terbuka

Sambungan kabel yang terbuka dan terkena air juga dapat menyebabkan kulkas anda nyetrum. Penutup sambungan kabel bisa saja lepas karena pergerakan kabel atau karena digigit oleh tikus yang masuk ke instalasi kelistrikan kulkas.

Periksa setiap sambungan kabel untuk memastikan sambungan masih dalam keadaan terpasang dengan kuat dan tidak menyentuh body kulkas. Bersihkan sambungan dari air yang mengembun atau genangan karena dapat menghantarkan aliran arus listrik.

3. Lilitan kompresor short body

Di dalam kompresor kulkas terdapat lilitan yang terbuat dari kawat tembaga yang diisolasi. Jika isolator pada kawat tembaga ini terkelupas dapat menyebabkan kompresor kulkas nyetrum.

Kerusakan karena lilitan kompresor short seperti ini biasanya terjadi pada kulkas yang telah berusia lama. Sementara pada kulkas yang baru beberapa tahun dipakai, jarang ditemukan kasus kompresor kulkas yang nyetrum.

Body belakang kulkas nyetrum

Biasanya kompresor kulkas yang nyetrum akan menyebabkan kulkas tidak dingin. Karena kompresor tidak berfungsi dengan normal.

Untuk mengatasinya anda perlu mengganti kompresor kulkas dengan yang baru. Atau anda bisa menghubungi teknisi untuk dilakukan perbaikan pada lilitan kompresor.

Pos Terkait:  Ini Jawaban, Listrik Kulkas Berapa Watt ?

4. Heater korslet

Penyebab kulkas menyetrum berikutnya bisa terjadi karena heater kulkas korslet atau terbakar. Ini hanya terjadi pada jenis kulkas 2 pintu yang memiliki sistem defrost. Sementara pada kulkas 1 pintu jarang terjadi.

Heater kulkas biasanya terbuat dari lilitan kawat yang tahan panas dan terbungkus oleh tabung kaca. Tabung kaca ini mengisolasi arus listrik pada lilitan kawat sehingga tidak nyetrum ke bagian kulkas lainnya.

Jika terjadi kerusakan pada heater yang menyebabkan kaca pecah biasanya akan mengakibatkan kulkas anda nyetrum. Karena kabel atau lilitan heater pemanas menyentuh evaporator atau body kulkas.

Periksa kondisi heater dan sambungan heater dengan komponen lainnya. Bila ditemukan heater telah rusak dan nyetrum ke body kulkas maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

5. Kabel grounding putus

Jika kabel grounding kulkas pun dapat menyebabkan kulkas sedikit nyetrum. Putusnya kabel grounding kulkas ini sering disebabkan oleh gigitan tikus.

Coba periksa bagian belakang kulkas di area kompresor. Kabel grounding pada kulkas biasanya berwarna kuning, namun anda bisa cek kembali skema kelistrikan kulkas untuk mengetahui warna kabel. Biasanya ditempelkan pada body belakang kulkas.

Bila ditemukan kabel grounding yang terputus, baiknya segera disambungkan kembali. Anda bisa menyambungkannya ke body kompresor atau body kulkas.

Pos Terkait:  Penjelasan Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu
Grounding kulkas

6. Kabel kelistrikan kulkas terkelupas

Meskipun jarang terjadi, kadang kabel instalasi kelistrikan kulkas terkelupas karena digigit oleh tikus atau karena ditarik. Anda harus cek seluruh instalasi kabel yang terhubung ke semua komponen kulkas untuk memastikan tidak ada bagian kabel yang terbuka atau terkelupas.

Gunakan isolasi kabel untuk menutup bagian kabel yang rawan menyentuh body kulkas atau komponen kulkas lainnya.

7. Grounding listrik rumah tidak ada

Idealnya setiap instalasi kelistrikan rumah harus dilengkapi sistem grounding yang baik. Hal ini berfungsi untuk mencegah jika ada korslet kelistrikan perangkat elektronika dengan body.

Dengan adanya sistem grounding yang benar, maka arus listrik kulkas yang bocor ke body kulkas dapat mengalir langsung ke grounding instalasi listrik rumah. Dengan begitu relatif aman dari bahaya kesetrum akibat listrik bocor ke body.

Anda dapat menghubungi teknisi listrik untuk mengecek apakah instalasi grounding di rumah anda telah terpasang dengan benar atau belum.

Itulah beberapa faktor penyebab kulkas nyetrum dan cara memperbaikinya. Cobalah untuk mengatasinya sendiri, namun jika anda belum menemukan solusinya dapat menghubungi teknisi kulkas terdekat di kota anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *