8 Penyebab Kompresor Hidup Tapi Tidak Dingin

Posted on

Tidak jarang pemilik kulkas yang mendapati kerusakan kulkas dengan gejala kompresor hidup tapi tidak dingin. Suhu di dalam ruangan kulkas tidak dapat mencapai dingin yang diinginkan. Pada beberapa kasus bahkan ditemukan kulkas tidak dingin sama sekali meskipun kompresor hidup dan lampu kulkas menyala.

Penyebab utama dari kondisi kerusakan seperti ini biasanya bukan dari mesin kompresor kulkas, namun dari komponen lainnya. Misalnya pipa pendingin yang mampet atau gas freon yang sudah habis.

Selain kedua penyebab diatas, masih ada beberapa penyebab lain yang dicurigai dapat menyebabkan lemari es tidak dingin meskipun kompresor hidup. Apa saja penyebabnya ? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Kompresor hidup tapi tidak dingin

Pahami dulu fungsi kompresor kulkas

Kompresor merupakan salah satu komponen penting di dalam sistem pendinginan kulkas atau lemari es. Bahkan perangkat showcase pun menggunakan kompresor sebagai mesin utamanya.

Kompresor berfungsi untuk menghisap dan mengalirkan gas freon di dalam pipa kapiler pendingin agar bersirkulasi untuk menyerap panas yang ada di dalam kulkas. Jadi, tanpa adanya kompresor kulkas tidak mungkin dapat beroperasi dengan normal.

Saat kulkas menyala, kompresor biasanya mengeluarkan suara yang menandakan sistem pompa kompresor bekerja menghisap dan mengalirkan gas freon. Gas freon akan bersirkulasi di dalam pipa kapiler menuju evaporator untuk menyerap panas di dalam kulkas dan membuangnya melalui kondensor.

Baca juga : Ini lho penyebab kompresor tidak bunyi

Pos Terkait:  Gambar Skema Kulkas 1 Pintu

Sirkulasi gas freon ini akan berlangsung terus menerus hingga suhu kulkas mencapai seperti yang sudah diatur. Saat suhu kulkas yang diinginkan telah tercapai, maka timer kulkas akan bekerja memutus aliran listrik ke kompresor. Akibatnya kompresor akan berhenti beroperasi.

Kompresor kulkas panas apakah normal

Cek penyebab kompresor hidup tapi tidak dingin

Dalam keadaan normal, kompresor akan hidup dan mati secara bergantian dalam waktu tertentu untuk menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap dingin. Mekanisme ini diatur oleh relai yang ada di dalam timer kulkas.

Kompresor hanyalah salah satu komponen pada sistem pendingin kulkas. Selain kompresor, terdapat beberapa komponen lain yang mendukung sistem ini. Sehingga meskipun kompresor hidup, bisa saja kulkas tidak dingin jika ada komponen lainnya yang tidak bekerja normal.

Berikut ini beberapa penyebab kerusakan kulkas yang ditandai dengan gejala kompresor hidup tapi tidak dingin dan cara mengatasinya.

1. Gas freon habis

Gas freon atau refrigerant merupakan salah satu elemen pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas yang ada di dalam kulkas. Gas ini bersirkulasi di dalam sistem pendingin kulkas yang terdiri dari evaporator dan kondensor.

Jika kulkas anda tidak dingin walaupun kompresor hidup atau bekerja, kemungkinan bisa disebabkan karena kehabisan gas freon.

Anda harus menghubungi jasa perbaikan kulkas untuk dicek dan mengisi kembali gas freon agar kulkas dapat berfungsi dengan normal.

2. Pipa kapiler bocor

Pipa kapiler pada kulkas berfungsi untuk menyalurkan gas freon ke kompresor, kondensor dan evaporator. Karena sebab tertentu, pipa ini dapat berlubang yang menyebabkan gas freon akan keluar.

Saat gas freon bocor keluar biasanya ditandai dengan munculnya bau gas yang khas di sekitar kulkas. Umumnya gas freon yang keluar atau bocor akan langsung menguap dan hilang di udara, sehingga tidak berbahaya.

Pos Terkait:  7 Penyebab Mengapa Air Kulkas Tidak Dingin ?

Untuk memperbaiki kerusakan ini, anda dapat menambalnya menggunakan las perak. Namun sebelum itu anda harus mencari sumber kebocoran pada pipa kapiler.

Jika tidak memungkinkan untuk ditambal, anda perlu mengganti pipa yang telah bocor tersebut.

3. Saluran pipa mampet

Setelah pemakaian lama, tidak jarang saluran pipa kapiler dipenuhi dengan kerak dan kotoran yang dapat menyebabkan saluran menjadi tersumbat. Akibatnya sirkulasi gas freon tidak dapat mengalir dengan lancar atau bahkan mampet.

Jika saluran pipa kapiler mampet maka meskipun kompresor hidup tapi tidak dingin karena gas freon tidak bersirkulasi dengan lancar.

4. Munculnya bunga es

kulkas tidak bisa buat es batu

Pada jenis kulkas satu pintu, tidak jarang ditemukan kerusakan kulkas tidak dingin karena lubang evaporator yang menuju ke bawah tertutup oleh bunga es yang tebal. Lubang evaporator yang tertutup es ini mengakibatkan suhu dingin mengalir keluar.

Untuk mengatasi kondisi ini dapat dilakukan dengan cara cara sebagai berikut :

  • Matikan kulkas atau atur timer kulkas pada posisi nol atau mati.
  • Jangan lupa untuk mengeluarkan lebih dulu semua isi kulkas.
  • Tunggu beberapa menit sampai bunga es mencair.
  • Buka pintu kulkas untuk mempercepat pencairan bunga es.
  • Saat bunga es mencair semua, bersihkan evaporator, kemudian jalankan kembali kulkas seperti biasa.

5. Tutup kulkas tidak rapat

Tutup kulkas yang kendor atau tidak rapat dapat menyebabkan udara udara di dalam kulkas mengalir keluar. Kebocoran ini menjadikan kulkas akan sulit dingin karena udara dingin terus menerus mengalir keluar.

Kebocoran tutup atau pintu kulkas umumnya disebabkan oleh lapisan karet yang melapisi pintu kulkas yang sudah aus atau bahkan terpotong.

Pos Terkait:  Perlukah Stabilizer Untuk Kulkas ?

Anda harus mengganti karet pelapis pintu kulkas dengan yang baru dan memiliki ukuran yang sesuai.

6. Meletakkan makanan panas

Prilaku memasukkan makanan atau minuman yang masih sangat panas ke dalam kulkas pun dapat menyebabkan kulkas tidak mau dingin meskipun kompresor hidup. Suhu panas yang dikeluarkan oleh makan atau minuman tadi akan meningkatkan suhu di dalam kulkas.

Baiknya anda jangan langsung memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Selain akan menyebabkan kulkas menjadi kurang dingin, juga dapat menimbulkan bau yang kurang sedap pada kulkas.

7. Kompresor lemah

Kondisi dinamo di dalam kompresor kulkas yang sudah lemah pun dapat menyebabkan kulkas tidak dingin walaupun kompresor masih bisa hidup. Dinamo yang lemah membuat sirkulasi gas freon tidak dapat berjalan dengan baik. Pada kondisi kompresor yang sudah parah, bahkan dapat menyebabkan gas freon tidak mengalir atau bersirkulasi.

Dinamo kompresor yang sudah lemah terkadang ditandai dengan suhu kompresor kulkas panas yang melebihi normal. Kalau sudah begini, mungkin sudah saatnya anda harus mengganti kompresor.

8. Aliran listrik tidak stabil

Pada area dimana terdapat kelebihan pelanggan listrik biasanya aliran arus listrik PLN yang mengalir ke rumah kita menjadi tidak stabil. Malah tidak jarang tegangan yang mengalir berkurang jauh akibat banyaknya penggunaan listrik.

Tegangan listrik yang tidak sesuai ini dapat menyebabkan kompresor tidak beroperasi secara normal. Dinamo kompresor tidak berputar dengan kuat sehingga aliran gas freon tidak lancar.

Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa menggunakan stabilizer agar aliran listrik yang mengalir ke kulkas bisa stabil. Sehingga kulkas dapat berfungsi dengan baik.

Demikian pembahasan tentang kulkas yang memiliki gejala kerusakan kompresor hidup tapi tidak dingin. Semoga bermanfaat

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *