7 Penyebab Kompresor kulkas Hidup Tapi Tidak Dingin

Posted on

Apakah anda sedang mengalami kerusakan kulkas atau lemari es anda dengan gejala kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin ? Baca artikel ini agar anda tahu apa penyebab kerusakan tersebut.

Kompresor kulkas merupakan pompa listrik di dalam kulkas yang berfungsi untuk mensirkulasikan zat atau gas freon di dalam sistem pendingin kulkas. Kompresor bekerja dengan cara menghisap gas freon dari evaporator dan mengalirkannya ke kondenser.

Kulkas yang beroperasi dengan normal umumnya ditandai dengan adanya bunyi pada kompresor yang berarti bahwa sistem sirkulasi freon sudah berjalan. Namun ternyata tidak selalu demikian, karena tidak jarang ditemui kendala pada kulkas dimana meskipun kompresor bunyi atau hidup akan tetapi suhu kulkas tidak dingin.

Apa penyebabnya ? Simak penjelasan berikut ini :

Beberapa penyebab kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

Dari pengalaman memperbaiki kulkas, kerusakan dengan ciri ciri kompresor hidup tapi suhu di dalam kulkas tidak dingin lebih sering disebabkan karena masalah pada freon. Misalnya saja aliran freon di dalam pipa kapiler terhambat atau bahkan bocor. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan proses pendinginan tidak akan berjalan dengan baik.

Pos Terkait:  Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Dingin

Selain akibat gas freon yang bocor, ada beberapa penyebab lain yang mungkin terjadi sehingga menyebabkan kulkas tidak dingin walaupun kompresor beroperasi dengan normal.

Kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

1. Isi kulkas terlalu banyak

Kulkas jenis atau merk apapun memiliki daya tampung maksimal yang bertujuan untuk memaksimalkan suhu dingin kulkas yang dapat dicapai. Namun terkadang, pengguna kulkas enggan memperhatikan kemampuan kulkas ini dalam menyimpan bahan makanan dan minuman.

Tidak jarang kita memasukkan terlalu banyak barang ke dalam kulkas sehingga mengakibatkan kulkas sarat dengan isi yang diluar kemampuannya atau overload.

Kondisi ini tentu saja dapat berpengaruh kepada proses pendinginan suhu di dalam kulkas. Kulkas akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai suhu dingin yang diinginkan, sehingga terkesan kulkas tidak dingin.

Sebaiknya anda mengisi kulkas sesuai dengan kemampuan daya tampung kulkas yang diizinkan agar kulkas dapat beroperasi dengan normal.

2. Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Kulkas di desain agar dapat mengisolasi ruangan didalam kulkas dari paparan suhu dari luar kulkas. Kulkas dibuat kedap udara sehingga proses pendinginan ruangan kulkas bisa berjalan maksimal.

Karena itu di bagian tepi pintu kulkas dilapisi dengan karet yang mengelilinginya. Karet ini berfungsi untuk memastikan agar pintu kulkas dapat menutup dengan rapat sehingga tidak ada aliran udara dari luar masuk ke dalam kulkas atau lemari es.

Baca Juga : Cara mudah memperbaiki kulkas mati total

Pos Terkait:  8 Ciri Kulkas Yang Bagus

Pintu kulkas yang bocor karena lapisan karet sudah aus atau karena tidak tertutup rapat dapat menyebabkan kulkas tidak dingin meskipun kompresor sudah hidup dalam waktu yang cukup lama.

Cek kondisi lapisan karet di sekeliling pintu kulkas untuk memastikan kulkas dapat tertutup dengan rapat.

3. Sering memasukkan bahan makanan panas

Suhu panas yang dikeluarkan oleh bahan makanan yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau kulkas pun dapat mempengaruhi proses pendinginan kulkas. Karena bahan makanan yang panas tersebut dapat menyerap suhu dingin yang ada di dalam kulkas.

Sebaiknya anda mengangin anginkan lebih dulu makanan yang masih panas di udara terbuka sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak mempengaruhi suhu dingin kulkas.

4. Lubang evaporator tertutup es

Pada kulkas 1 pintu kadang sering dijumpai bunga es yang muncul di freezer box. Jika bunga es yang muncul terlalu banyak dan tebal dapat menutupi lubang evaporator. Sehingga udara dingin evaporator tidak mengalir keluar.

Coba anda cairkan lebih dulu bunga es yang terbentuk pada freezer box dengan cara memutar knop pengatur suhu ke nilai yang lebih rendah. Atau anda dapat mematikan kulkas untuk sementara sampai bunga es di dalam freezer mencair seluruhnya.

Bunga es pada kulkas

5. Pipa evaporator bocor

Penyebab kulkas tidak dingin karena pipa evaporator bocor sering ditemukan pada kulkas 1 pintu. Biasanya hal ini terjadi karena pemilik kulkas mencoba menghilangkan bunga es pada freezer box menggunakan logam tertentu.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara Kerja Kompresor Kulkas

Penggunaan logam untuk membersihkan bunga es seringkali menimbulkan kebocoran pipa evaporator akibat tertusuk oleh logam tersebut. Akibatnya gas freon dapat keluar dan lama lama makin habis.

Kita dapat mencurigai ada kebocoran pada pipa evaporator jika tercium bau gas yang tidak enak di sekitar evaporator.

Baca Juga : Kompresor kulkas panas, normal tidak ya ?

6. Gas freon sudah habis

Umumnya gas freon dapat bertahan lama di dalam sistem pipa pendingin kulkas. Gas freon habis biasanya disebabkan karena adanya kebocoran pada pipa kapiler yang ada pada sistem pendingin.

Meskipun lubang kebocoran sangat kecil, namun lama lama dapat menyebabkan gas freon habis, sehingga meskipun kompresor kulkas hidup tapi suhu didalam kulkas tidak dingin maksimal.

Periksa seluruh jalur pipa kapiler baik yang ada pada evaporator maupun kondenser untuk menemukan lubang kebocoran.

7. Pipa tersumbat

Kalau saluran pipa pendingin pada kulkas mampet tentu saja akan sangat berpengaruh pada sirkulasi gas freon. Meskipun kompresor kulkas sudah hidup, namun gas freon di dalam pipa tidak mengalir sehingga dapat menyebabkan pendinginan kulkas terhambat atau kulkas tidak dingin sama sekali.

Penyumbatan pipa kapiler kulkas, biasanya disebabkan karena kotoran atau kerak yang makin lama makin menumpuk di saluran pipa pendingin.

Itulah beberapa penyebab kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin yang bisa saja terjadi pada kulkas anda. Anda harus memeriksa dan memperbaiki penyebab kerusakan kulkas tersebut. Karena jika terus dibiarkan maka dapat merusak kompresor kulkas. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *