Ini Penjelasan Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

Posted on

Yuk, cari tahu kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak. Sama seperti produk peralatan elektronika lainnya, kulkas pun tidak luput dari kerusakan baik itu kerusakan ringan maupun berat. Bagi pengguna kulkas yang kurang begitu paham akan masalah elektronika tentu saja hal ini cukup menjengkelkan.

Kerusakan kulkas berupa gejala kadang bunyi kadang tidak sering dialami oleh banyak pengguna kulkas merk apapun. Umumnya ini disebabkan karena ada masalah pada sistem kompresor kulkas. Meskipun demikian tidak jarang juga ditemukan penyebab lainnya yang membuat kulkas tidak bunyi atau kadang sesekali bunyi.

Pada kulkas 2 pintu, selain kompresor terdapat beberapa komponen lain yang bergerak sehingga menimbulkan bunyi. Karena itu kita harus mengidentifikasi lebih dulu asal sumber bunyi tersebut. Sementara pada kulkas 1 pintu, biasanya sumber bunyi hanya berasal dari kompresor saja.

Kulkas bunyi kadang tidak itu adalah normal

Kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak

Dalam keadaan normal, kompresor kulkas tidak terus menerus bekerja. Namun sesekali kompresor akan berhenti beroperasi ketika suhu dingin di dalam kulkas yang diinginkan telah tercapai. Justru jika kompresor kulkas terus menerus berbunyi atau beroperasi itu menunjukkan kulkas dalam keadaan tidak normal.

Pos Terkait:  Penjelasan Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Kerja kompresor kulkas dikendalikan oleh thermostat pengatur suhu. Saat suhu di dalam kulkas meningkat, maka thermostat akan menghubungkan kompresor dengan sumber listrik. Sehingga kompresor kulkas mulai beroperasi untuk menghisap dan mengalirkan gas freon di dalam pipa pendingin.

Jika suhu dingin yang sudah tercapai sesuai dengan yang diatur pada knop pengatur suhu, maka thermostat akan memutus aliran listrik ke kompresor sehingga kompresor berhenti berputar.

Jadi jika kompresor kulkas kadang mengeluarkan bunyi kadang tidak itu adalah hal yang normal selama kulkas masih bisa dingin.

Baca Juga : Kenapa kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

Pada kulkas 2 pintu, terdapat kipas evaporator yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke freezer. Sehingga tidak jarang suara bunyi dari kulkas berasal dari suara putaran kipas evaporator ini.

Kerja kipas evaporator dikendalikan oleh switch door yang terpasang dekat pintu freezer. Dimana ketika pintu freezer dibuka maka kipas evaporator akan berhenti berputar. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat penggunaan energi listrik.

Sebaliknya ketika pintu freezer kulkas ditutup, kipas evaporator akan kembali berputar sehingga kadang menimbulkan bunyi kadang tidak.

Ini penyebab masalah bunyi pada kulkas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi kulkas kadang bunyi kadang tidak merupakan hal yang normal asalkan suhu kulkas tetap bisa dingin seperti biasa. Namun ada beberapa kerusakan kulkas yang ditandai dengan gejala berupa bunyi.

Pos Terkait:  Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

Berikut ini penjelasannya :

1. Kipas evaporator rusak

Pada kulkas 2 pintu dilengkapi dengan kipas evaporator yang berguna untuk meniup udara dingin agar dapat menyebar ke dalam kulkas secara merata. Letak kipas evaporator berada di dekat komponen evaporator yang ada di bagian belakang atas kulkas.

Karena berputar terus menerus dalam waktu yang lama, kadang kipas evaporator mengalami aus sehingga menimbulkan bunyi yang berisi. Jika kulkas anda mengeluarkan bunyi yang berisik, coba cari tahu apakah berasal dari kipas atau bukan.

Jika kondisi kipas evaporator sudah rusak maka sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan suara yang berisik.

2. Overload kulkas bermasalah

Overload kulkas berfungsi untuk mencegah kerusakan kompresor kulkas dari over heating atau panas berlebihan. Di dalam komponen overload terdapat sensor panas yang mendeteksi suhu kompresor. Jika suhu kompresor terlalu panas, maka overload akan memutus aliran arus listrik yang menuju ke kompresor.

Jika overload mengalami kendala, maka dapat menyebabkan kompresor beroperasi terus menerus. Hal ini tentu saja akan menimbulkan bunyi pada kulkas yang tidak berhenti berhenti.

Kadang kerusakan overload juga bisa menyebabkan kompresor kulkas bekerja tersendat sendat sehingga terkesan menghasilkan suara bunyi kadang tidak.

Pos Terkait:  8 Penyebab Kompresor Hidup Tapi Tidak Dingin

Baca Juga : Skema kulkas 1 pintu dan komponennya

3. Listrik rumah tidak stabil

Mungkin tidak anda sadari, terkadang aliran tegangan listrik di rumah kita tidak stabil. Kondisi listrik yang tidak stabil ini tidak jarang menyebabkan gangguan pada putaran kompresor kulkas. Kulkas kadang menimbulkan suara berdecit atau berdengung.

Solusi untuk mengatasi masalah tegangan listrik yang tidak stabil adalah dengan menggunakan stabilizer tegangan. Gunakan stabilizer tegangan yang memadai dengan daya yang lebih tinggi dari daya kulkas.

Stabilizer tegangan

4. Kompresor rusak

Untuk kulkas yang sudah berusia lama sering kali ditemukan kerusakan bunyi berisik pada kulkas karena disebabkan oleh kondisi kompresor kulkas yang sudah rusak. Kemungkinan komponen mekanis yang ada di dalam kompresor telah aus sehingga menimbulkan bunyi berisik pada kulkas.

Baca Juga : Begini cara kerja kompresor kulkas

Jika kompresor kulkas anda sering mengeluarkan bunyi berisik yang keras, mungkin sudah saatnya anda untuk menghubungi teknisi untuk memperbaikinya. Atau anda bisa mengganti kompresor kulkas dengan yang baru agar suaranya lebih halus.

Nah, demikian tadi penjelasan kenapa kulkas kadang bunyi kadang tidak yang kami sampaikan untuk anda. Jadi jika kulkas anda mengeluarkan bunyi, langkah awal yang perlu anda lakukan adalah mengidentifikasi sumber bunyi tersebut. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *