Arah Satelit Ninmedia Terbaru 2023 [UPDATE]

Posted on

Arah satelit Ninmedia terbaru 2022 adalah di sebelah timur pada koordinat 122° E. Saat pertama kali muncul, Ninmedia menggunakan satelit Chinasat 11 yang ada di posisi arah barat. Namun sejak beberapa bulan ini frekuensi transponder Ninmedia yang ada di satelit tersebut mengalami kendala. Sehingga banyak penonton setia Ninmedia yang kecewa karena sebagian siarannya hilang akibat kerusakan pada transponder Ninmedia tersebut.

Sejak sekitar bulan oktober 2020 Ninmedia mulai pindah satelit untuk menyebar luaskan siarannya. Secara bertahap channel channel yang sebelumnya hilang di Ninmedia kembali hadir bahkan lebih banyak dari sebelumnya. Dan perlu anda tahu kalau saat ini Ninmedia telah bersiaran lewat satelit Asiasat 9 ku band yang berbeda arah dengan satelit Chinasat 11.

arah satelit ninmedia

Jadi jika sebelumnya arah parabola anda mengarah ke Chinasat 11 yang ada di posisi arah sebelah barat, anda harus melakukan repointing arah parabola ke satelit Asiasat 9. Satelit Asiasat 9 berada di garis bujur 122° E yang berarti ada di sebelah timur.

Tracking arah satelit ninmedia

Karena posisi arah satelit Ninmedia yang berubah arah, dari sebelumnya di sebelah barat kini berganti di sebelah timur tentu akan sedikit membingungkan bagi anda yang belum terbiasa. Terutama ketika tracking satelit Ninmedia yang baru ini.

Pos Terkait:  Ini Frekuensi LNB Ninmedia Terbaru 2023

Sebenarnya tidak terlalu sulit juga menemukan posisi yang tepat dari satelit Ninmedia. Karena anda hanya memutar parabola kearah timur kemudian lakukan tracking seperti biasa. Hanya saja mungkin anda perlu merubah nama satelit dan posisi garis bujur Ninmedia yang baru pada settingan satelit di receiver. Namun sebenarnya jika anda tidak mengubahnya pun tidak berpengaruh apa apa.

Untuk mendapatkan siaran Ninmedia di satelit yang baru yang anda lakukan hanyalah repointing ulang arah parabola anda. Sehingga menghadap ke satelit Asiasat 9 tempat siaran Ninmedia berada.

Berikut ini saya berikan panduan untuk repointing arah antena parabola anda agar bisa mendapatkan frekuensi terbaru Ninmedia yang ada di satelit Asiasat 9.

Setting ulang pengaturan satelit

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah nama satelit dari sebelumnya satelit Chinasat 11 menjadi Asiasat 9. Ubah juga posisi garis bujur satelit yang terbaru. Untuk merubah nama satelit anda bisa masuk ke menu pengaturan daftar satelit. Lalu pilih satelit Chinasat 11 kemudian edit dengan menekan tombol warna pada remote.

Ubah nama dan parameter garis bujur menjadi seperti berikut :

  • Nama satelit : Asiasat 9
  • Longitude : 122.0 E
  • Jika sudah mengubah nama satelit anda bisa menyimpan. Selanjutnya anda masuk ke menu daftar transponder satelit Asiasat 9 yang baru anda buat. Ubah parameter data frekuensi transponder lama dengan data terbaru sebagai berikut :
  • Frekuensi Transponder : 12655
  • Polaritas : V
  • Symbol Rate : 45000
Pos Terkait:  [Update] Frekuensi Ninmedia Ku Band Terbaru 2023

Data frekuensi ninmedia terbaru

Frekuensi Transponder12415
PolaritasVertikal ( V )
Simbol Rate45000
Jenis FrekuensiKu Band
Frekuensi LNBUniversal
Frekuensi Transponder12655
PolaritasVertikal ( V )
Simbol Rate45000
Jenis FrekuensiKu Band
Frekuensi LNBUniversal
Cara setting ninmedia

Untuk pengaturan antena dan frekuensi lnb Ninmedia tidak perlu diubah lagi karena Ninmedia masih menggunakan frekuensi ku band sama seperti di satelit Chinasat 11.

Cara mencari arah NinMedia

Setelah selesai melakukan pengaturan pada receiver anda, selanjutnya kita bisa mengarahkan antena parabola mini kita ke satelit Asiasat 9 ku band. Berikut ini adalah langka langkah yang bisa anda lakukan :

  • Kendurkan baut penyetel sudut azimut dan sudut elevasi.
  • Putar antena sehingga menghadap ke arah timur. Gunakan kompas atau alat bantu lain agar parabola tepat mengarah ke timur.
  • Gerakan disk parabola dengan sangat perlahan ke atas untuk mencari sinyal dari satelit Asiasat 9 ku band.
  • Bila belum tertangkap coba putar sedikit disc ke utara secara perlahan sambil terus digerakkan untuk mencari kemiringan yang tepat ke arah satelit Ninmedia.
  • Jika sudah bisa mendapatkan sinyal, atur posisi antena agar bisa didapatkan kualitas sinyal yang maksimal.
  • Bila kualitas sinyal sudah bagus / maksimal, kencangkan kembali baut baut penyetel pada antena agar settingan antena tidak mudah berubah posisi.
  • Lakukan blind scan untuk mendapatkan daftar frekuensi transponder Ninmedia terbaru.
Pos Terkait:  Penyebab Ninmedia Tidak Ada Sinyal

Update terbaru !!

Saat ini salah satu transponder milik ninmedia sedang mengalami kendala teknis. Sehingga pelanggan ninmedia tidak dapat mengakses sebagian channel ninmedia yang berada pada transponder tersebut.

Transponder ninmedia yang mengalami gangguan tersebut adalah pada frekuensi 12415 V 45000. Hingga saat ini nampaknya ninmedia belum menemukan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Akhir kata

Demikian panduan untuk merubah arah satelit ninmedia terbaru. Tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri meskipun anda tidak masih pemula dan baru dalam dunia tracking satelit.

Kunci utama ketika sedang melakukan tracking sinyal satelit adalah menggerakkan disk dengan sangat perlahan. Karena sinyal satelit cukup sensitif terhadap perubahan arah disk. Pada beberapa daerah kadang posisi arah parabola tidak tepat ke timur, namun agak serong sedikit ke utara. Jadi jika anda kesulitan menangkap sinyal Ninmedia coba untuk merubah arah parabola agak serong ke utara. Semoga berhasil.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *