Cara cek tv digital atau bukan

Cara Cek TV Digital Atau Bukan

Posted on
Cara cek tv digital atau bukan

Hingga saat ini masih banyak yang mencari cara cek tv digital atau bukan. Karena tidak jarang, meskipun tv sudah layar led namun ternyata belum bisa menerima siaran tv digital.

Agar Anda mengetahui apakah tv di rumah termasuk tv digital atau bukan, silahkan simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu tv digital ?

Meskipun istilah tv digital sudah sering kita dengar, namun masih banyak yang belum tahu apa itu tv digital. Tv digital adalah perangkat televisi yang bisa digunakan untuk menerima frekuensi siaran tv dalam format digital.

Terdapat banyak perbedaan antara tv digital dan tv analog seperti yang selama ini banyak dipakai oleh masyarakat. Perbedaan mencolok tv digital dengan tv analog adalah pada tampilan gambar dan suara yang jauh lebih jernih dan tajam.

Begini cara cek tv digital atau bukan

Banyak yang salah mengira kalau tv led atau lcd sudah pasti bisa dikatakan tv digital, sehingga bisa digunakan untuk menerima siaran digital. Namun, faktanya tidak semua jenis tv led sudah mendukung siaran digital.

Pos Terkait:  Daftar Harga TV Digital Samsung Terbaru

Hanya tv led yang sudah menggunakan teknologi DVB-T2 saja yang sudah mempu menerima dan mengolah frekuensi tv digital.

1. Cara cek tv digital lewat menu pencarian

Cara termudah untuk mengecek apakah tv di rumah Anda sudah digital atau belum adalah dengan melihat menu setting pencarian gelombangnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Setting tv dengan cara menekan tombol Menu pada remote tv
  • Arahkan ke menu Saluran atau Program untuk mencari gelombang
  • Cek pada pilihan menu pencarian gelombang apakah terdapat mode pilihan pencarian DTV atau tidak
  • Jika terdapat mode pencarian DTV (Digital Television), maka tv tersebut merupakan tv digital dan sudah bisa digunakan untuk menerima siaran tv digital tanpa set top box

2. Kunjungi situs kominfo

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengecek tv digital atau bukan adalah dengan mengunjungi situs kominfo. Berikut ini caranya :

3. Cek spesifikasi tv

Selain cara yang telah disebutkan diatas, cara cek tv digital atau bukan dapat dilakukan dengan melihat data spesifikasi dari tv Anda. Anda bisa mendapatkan informasi data spek tv melalui situs resmi merk tv yang Anda miliki.

Selain itu, bisa juga dilihat dari buku manual yang disertakan saat pembelian perangkat tv.

Jika pada data spesifikasi tv sudah menggunaan DVB-T2, berarti tv tersebut termasuk ke dalam perangkat tv digital dan bisa langsung digunakan untuk menangkap siaran tv digital tanpa perlu membeli set box.

Contoh tv digital DVB-T2

4. Lihat resolusi layar

Resolusi layar yang digunakan pada perangkat tv digital umumnya sudah mengusung format HD beresolusi 1080 x 720 piksel. Hal ini untuk mendukung tampilah siaran tv yang sudah menerapkan format HD pada gambar siarannya.

Namun demikian, ada juga beberapa tipe tv dari merk tertentu yang meskipun sudah menggunakan jenis layar led HD dengan resolusi akan tetapi bukan termasuk tv digital. Ini disebabkan karena belum mengusung teknologi DVB-T2 pada sistem pengolah frekuensinya.

Jadi, apabila tv Anda masih menggunakan layar tabung, maka sudah bisa dipastikan tv Anda belum mendukung siaran tv digital.

Cara beralih ke tv digital

Untuk beralih dari tv analog ke tv digital, caranya cukup mudah. Terlebih jika tv yang ada di rumah Anda sudah termasuk tv digital.

Jika tv Anda sudah mendukung siaran digital, Anda bisa langsung setting agar bisa mendapatkan siaran tv digital. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Tekan tombol Menu pada remote tv
  • Arahkan ke menu Saluran, Kanal atau Jaringan yang berlogo antena parabola
  • Pilih menu pencarian otomatis
  • Pilih mode pencarian DTV untuk memindai siaran tv digital di wilayah Anda
  • Tunggu hingga proses pencarian sinyal tv digital selesai 100%
  • Jika sudah selesai, secara otomatis program akan menyimpan channel atau siaran tv digital yang sudah ditangkap

Apabila tv Anda belum mendukung frekuensi siaran tv digital, maka Anda perlu membeli set top box atau STB yang berfungsi untuk menerima frekuensi tv digital.

Demikan tadi penjelasan tentang cara cek tv digital atau bukan agar Anda bisa mengetahui apakah tv di rumah Anda sudah mendukung siaran tv digital atau belum. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *