Cara setting tv samsung ke digital

Cara Setting TV Samsung Ke Digital

Posted on
Cara setting tv samsung ke digital

Meskipun terbilang cukup mudah untuk dilakukan, namun nyatanya masih banyak yang belum mengetahui cara setting tv Samsung ke digital. Karena itu, di artikel ini admin akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mensetting program tv Samsung untuk mendapatkan siaran tv digital dengan mudah.

Ada banyak tv Samsung yang digunakan oleh orang, dari mulai tv layar tabung hingga tv led. Akan tetapi tidak semua tipe tv Samsung yang ada tersebut sudah mendukung siaran tv digital. Hanya tv Samsung led yang sudah dilengkapi dengan sistem DVB-T2 saja yang dapat dipakai untuk menerima sinyal tv digital.

Sementara itu, jenis tv Samsung lainnya yang tidak terdapat sistem DVB-T2 di programnya termasuk jenis layar tabung tidak akan bisa dipakai untuk mencari saluran tv digital. Karena itu diperlukan tambahan alat berupa set top box agar bisa menangkap channel tv digital.

Cara setting tv Samsung ke digital tanpa set top box

Di artikel ini admin akan menjelaskan dua cara setting tv samsung ke digital. Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan apabila tv Samsung di rumah Anda sudah mendukung siaran digital. Berikut ini adalah penjelasan cara settingnya :

Pos Terkait:  Apakah TV Polytron LED Sudah Digital

1. Cek spesifikasi tv Samsung Anda

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, agar bisa menerima siaran tv digital, tv Anda mesti sudah menggunakan sistem DVB-T2 di dalam program pencarian gelombangnya. Jika belum, maka tidak akan bisa digunakan untuk menerima saluran tv digital.

Silahkan Anda cek di artikel tentang daftar tv Samsung yang sudah digital untuk mengetahui apakah tv Samsung Anda sudah digital atau belum.

2. Pasang antena dengan benar

Sebelum melakukan setting tv samsung untuk mendapatkan channel siaran tv digital, ada baiknya untuk mengecek kondisi antena tv yang digunakan. Untuk hasil maksimal, sebaiknya anda memasang antena tv di luar ruangan.

Perhatikan pula konektor atau samsung kabel antena untuk memastikan masih terpasang dengan kuata dan benar.

3. Masuk ke menu setting

Untuk memulai setting tv samsung, silahkan Anda masuk ke menu Setting atau Pengaturan tv dengan cara menekan tombol Menu pada remote tv.

Di layar akan ditampilkan fitur dan menu utama yang ada pada tv Samsung Anda.

4. Masuk ke menu jaringan

Selanjutnya, gunakan tombol navigasi ke bawah pada remote tv untuk memilih menu Jaringan. Menu jaringan atau saluran biasanya dilambangkan dengan simbol antena parabola.

Pos Terkait:  Cara Scan Ulang TV Digital Polytron

Menu ini berisi pengaturan untuk mencari gelombang sinyal tv baik tv analog maupun tv digital.

5.Pilih mode pencarian

Langkah berikutnya adalah menekan tombol navigasi kanan pada remot tv untuk memilih mode Pencarian Otomatis.

Pilih mode pencarian gelombang

Meskipun tv Samsung memiliki mode pencarian sinyal tv, namun sebaiknya Anda memilih mode pencarian gelombang otomatis saja untuk memudahkan dalam memindai gelombang.

6. Mulai pencarian sinyal

Terdapat beberapa pilihan pencarian sinyal siaran tv, yaitu pencarian digital, analog dan digital & analog. Untuk mendapatkan dua jenis siaran, Anda bisa memilih jenis pencarian digital & analog.

Nantinya program akan memindai seluruh sinyal siaran tv baik siaran tv analog maupun saluran tv digital.

Tunggu hingga program selesai mencari siaran tv beberapa saat. Setelah pencarian selesai 100%, maka program secara otomatis akan menyimpan channel tv yang berhasil ditangkap dan akan keluar dari menu setting.

Cara setting tv Samsung ke digital dengan set top box

Jika tv Samsung Anda belum mendukung siaran digital, maka Anda harus membeli set top box yang berguna untuk menerima siaran tv digital. Berikut ini adalah cara pemasangannya :

  • Pasang antena dengan benar
  • Pasang konektor antena ke input antena set top box
  • Hubungkan output AV set top box ke input AV pada tv Anda menggunakan kabel RCA
  • Nyalakan tv Samsung dan set top box untuk memulai setting
  • Tekan tombol AV pada tv Samsung tabung atau tekan tombol Source pada tv Samsung led / lcd dan pilih AV
  • Tekan Menu pada set top box menggunakan remote set top box
  • Gunakan tombol navigasi remote set top box untuk memilih menu Pencarian
  • Masukan kode pos sesuai lokasi Anda
  • Pilih menu Cari Otomatis
  • Tunggu hingga proses pencaria sinyal tv digital selesai 100%
Pos Terkait:  10 Cara Agar Tv Jernih Dengan Antena Dalam

Tips agar bisa menerima banyak siaran tv digital

Agar bisa mendapatkan siaran tv digital secara maksimal, Anda dapat mencoba beberapa tips seperti di bawah ini :

Nah, demikian tadi penjelasan tengang bagaimana cara setting tv samsung ke digital dengan mudah. Jika Anda mengikuti tiap langkah diatas dengan benar, maka seharusnya Anda akan berhasil mensetting tv Samsung di rumah Anda agar menangkap siaran tv digital. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *