Cara mencari channel tv digital

Cara Mencari Channel TV Digital Yang Mudah

Posted on

Saat ini siaran tv digital sudah mulai dijalankan di banyak daerah di Indonesia. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang browsing cara mencari channel tv digital di internet. Terlebih di kota kota yang sudah mematikan siaran tv analognya.

Kabarnya, pemerintah secara bertahap akan mematikan siaran tv analog di seluruh Indonesia secara bertahap hingga 100%. Di harapkan, pada tahun 2023 ini, program peralihan tv analog ke tv digital dapat berjalan sukses.

jadi, buat Anda yang masih bisa menikmati siaran tv analog, mungkin sebaiknya mulai berpikir untuk beralih ke siaran tv digital. Banyak kelebihan yang dimiliki siaran tv digital dibandingkan dengan siaran tv analog, diantaranya adalah kualitas tampilan gambar dan suara yang jauh lebih jernih dan tajam.

Panduan cara mencari channel tv digital untuk pemula

Cara mencari channel tv digital

Saat ini channel tv digital sudah muali aktif di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di wilayah kota kota besar. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara mencari channel tv digital yang ada di daerah Anda :

Pos Terkait:  Cara Pasang Booster TV (Mudah Dan Cepat)

1. Cek apakah daerah Anda sudah tercover siaran tv digital

Sebelum mulai mencari siaran tv digital yang ada di daerah Anda, sebaiknya Anda cek dulu apakah di daerah Anda sudah ada siaran tv digital atau belum. Karena seperti diketahui, aktivasi siaran tv digital masih belum merata di semua wilayah.

Untuk mengecek jangkauan siaran tv digital yang ada di lokasi Anda, bisa menggunakan aplikasi Sinyal Tv Digital yang bisa Anda download di PlayStore.

Atau Anda bisa melakukan cara yang mudah, yaitu melihat tv tetangga Anda adakah yang sudah berhasil mendapatkan siaran tv digital. Jika ada, berati siaran tv digital sudah mencover daerah Anda.

2. Cek apakah tv Anda sudah mendukung siaran tv digital

Sistem siaran tv digital sangat berbeda dengan sistem siaran tv analog. Untuk mengakses siaran tv digital dibutuhkan sistem pengolah sinyal DVB-T2 yang sudah bisa mengenkripsi sinyal digital.

Karena itu, Anda perlu mengecek fitur yang ada di tv Anda, apakah sudah bisa menerima siaran tv digital atau belum. Anda bisa periksa pada menu pencarian gelombang yang ada pada tv Anda. Jika terdapat mode pencarian sinyal digital atau DTV maka tv Anda sudah bisa digunakan untuk menangkap sinyal siaran digital.

Pos Terkait:  Jawaban Singkat Ukuran TV 50 inch Berapa cm ?

Jika tv anda masih menggunakan layar tabung atau tv lcd / led model lama, biasanya belum bisa menerima frekuensi siaran tv digital. Untuk mengatasinya, Anda mesti menggunakan set top box atau STB yang bisa di beli di toko elektronika di daerah Anda.

3. Masuk ke menu pengaturan tv

Cara mencari channel tv digital di perangkat tv Anda bisa dilakukan melalui menu pengaturan atau setting. Namun sebelumnya Anda harus memastikan kalau tv Anda sudah mendukung siaran digital.

Tekan tombol Menu pada remote tv untuk masuk ke menu pengaturan utama. Setelah itu, arahkan pilihan pada sub menu Saluran atau Jaringan. Sub menu ini biasanya berlogo antena parabola.

4. Pilih mode Pencarian otomatis

Setelah masuk ke menu saluran atau jaringan, arahkan pilihan ke menu mode pencarian otomatis menggunakan tombol gulir yang ada di remote tv.

Pilih menu Pencarian atau Program Otomatis. Anda bisa memilih mode pencarian ATV (Analog TV) dan DTV (Digital TV) agar program bisa menerima semua channel siaran tv yang ada di lokasi Anda.

Masukan kode pos daerah Anda jika diminta oleh program.

5. Mulai proses pencarian channel tv digital

Proses scan ulang tv digital samsung

Selanjutnya program akan secara otomatis mencari channel tv digital yang menjangkau wilayah Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian gelombang selesai.

Pos Terkait:  10 Antena Tv Yang Bagus Untuk Daerah Pegunungan

Setelah berhasil mendapatkan semua sinyal siaran tv, program akan otomatis menyimpannya dan akan keluar dari menu pengaturan. Anda bisa menikmati channel siaran tv digital yang ada di kota Anda.

Tips mendapatkan banyak channel tv digital

Untuk mendapatkan channel tv digital yang banyak, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini :

Baca Juga : Cara pasang antena agar jernih

Nah, demikian tips cara mencari channel tv digital dengan mudah dan praktis. Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis tv digital berbagai merk. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *